Benarkah Tes Kehamilan pada Pria Dapat Mendeteksi Kanker Testis?

Share:
Testpack atau alat tes kehamilan merupakan hal yang lumrah digunakan wanita untuk mengetahui apakah ia hamil atau tidak.

Apabila sampel yang berupa urine menunjukan hasil positif, berarti wanita tersebut positif hamil.

Saat hamil, wanita mulai memproduksi hormon chorionic gonadotropin atau hcg, dimana keberadaan hormon tersebutlah yang membuat testpack menunjukan hasil positif.

Pada wanita, hormon hCG diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim.

Bagi wanita, mungkin itulah hal paling membanggakan bagi dirinya. Namun bagaimana jika ada pria yang mendapati dirinya positif saat memakai tes kehamilan tersebut. Mengingat bahwa seorang pria tidak akan pernah bisa hamil. Anda tau betapa terkejutnya ia mendapati hasil tersebut. Tapi cerita inilah yang mengawali bagaimana terjadinya alat tes kehamilan (testpack) mendeteksi kanker testis.

Iseng Menggunakan Alat Tes Kehamilan, Seorang Pria Kaget Melihat Hasil Positif

Tidak ada yang tau mengapa pria tersebut bisa menggunakan testpack yang tidak sengaja ia temukan. Hanya saja keanehan muncul saat ia mulai melihat hasil dari alat tersebut. Karena testpack yang ia gunakan menunjukan hasil positif, sontak saja ia bercerita kepada temannya. Lantas seorang temannya yang mendengar cerita tersebut membuat sebuah guyonan dengan meme.
tes kehamilan pada pria
image: http://www.snopes.com/

Dengan nama akun 'CappnPoopdeck', temannya itu mengupload gambarnya ke situs reddit. Awalnya memang gambat tersebut dimaksudkan sebagai guyonan. Namun ada salah satu pengguna lain yang berkomentar dan menyarankan untuk memeriksakannya ke dokter karena berbahaya terserang kanker testis.

Tidak lama kemudian akun bernama 'CappnPoopdeck' kembali membuat post yang dimaksudkan untuk memberi tau kepada redditor (pengguna situs reddit), bahwa temannya telah mengunjungi dokter dan menemukan tumor kecil di testis kanannya. Tak lupa pula ia mengucapkan terima kasih atas saran yang bermanfaat sehingga temannya bisa diobati sesegera mungkin.

Benarkah Tes Kehamilan pada Pria Dapat Mendeteksi Kanker Testis?

Dikutip dari todayifoundout.com pelepasan hCG, tidak semua dikarenakan seorang pria terserang kanker testis. Pada umumnya hCG dilepas karena tumor yang terdapat pada beberapa organ seperti ovarium, paru-paru, perut dan testis.

Sebenarnya hasil negatif saat pria menggunakan alat tes kehamilan juga tidak menutup kemungkinan pria tersebut bebas dari kanker testis. Ini dikarenakan ada beberapa jenis kanker testis yang tidak meningkatkan kadar hCG.

Jadi kesimpulannya adalah, apabila anda seorang pria yang mendapati hasil positif saat menggunakan testpack, segeralah pergi kedokter untuk mencari tau apakah anda benar menderita kanker testis atau tidak.

sumber referensi:
http://www.todayifoundout.com/index.php/2015/11/can-a-man-test-positive-on-a-pregnancy-test/
http://www.snopes.com/medical/disease/pregnancytest.asp

image: http://metro.co.uk/

No comments