5 Fakta Unik Tentang Tanaman, Mereka Bisa Mencium Bau?

Share:
Semua makhluk hidup pada dasarnya memiliki sifat alamiah yaitu tumbuh dan berkembang. Untuk manusia dan hewan, kita tau dan dapat menyadari kapan mereka tumbuh dan berkembang.

Misalnya pada manusia, saat berkembang kita menjadi lebih pintar dan menjadi lebih dewasa. Mengerti bagaimana cara bertahan hidup dan melakukan aktifitas sosial dengan manusia lainnya.

Pada hewan kita bisa mengamati dari cara mereka mencari makan dan berkembang biak. Itu semua dapat kita simpulkan sebagai sifat dasar mereka dalam berkembang.

Namun bagaimana dengan tumbuhan? Sebagian besar kita hanya tau bagaimana meraka dapat tumbuh, tetapi tidak saat berkembang. Karena memang tumbuhan memiliki kehidupan yang tidak kita sadari sepenuhnya.Walaupun kita dapat dikatakan hidup berdampingan, banyak hal yang tidak kita ketahui tentang mereka.

Lalu apa saja hal-hal tersebut? Berikut fakta unik tentang tumbuhan yang belum anda ketahui.

Mengetahui Jam Berapa Sekarang
ritme sarkadian tanaman

Apakan anda mengetahui ritme sirkadian? Ritme sirkadian merupakan jam biologis tubuh pada manusia. Ritme tersebut merupakan siklus 24 jam atau siklus pagi dan malam yang mempengaruhi sistem fungsional manusia.

Ritme sirkadian juga dimiliki oleh setiap tumbuhan yang hidup. Mereka tau kapan akan terbit matahari dan kapan matahari tenggelam. Sehingga mereka dapat bersiap-siap secara bilogis ketika waktu-waktu tertentu tiba.

Berkomunikasi Menggunakan Akar
akar pohon

Sebagian orang hanya mengetahui bahwa akar tanaman berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari dalam tanah.

Diluar kemampuan itu, ternyata tanaman dapat menggunakan akarnya sebagai alat berkomunikasi.

Suzanne Simard dari University of British Columbia pertama kali menemukan bukti ini pada tahun 1997 dan juga percaya bahwa pohon yang lebih besar mentransfer nutrisi ke anakan yang lebih kecil untuk membantu mereka bertahan hidup. Tidak hanya itu, tetapi mereka juga dapat merusak tanaman yang tidak diinginkan dengan menyebarkan bahan kimia beracun melalui jamur.

Hal tersebut menandakan bahwa mereka dapat mengirim pesan satu sama lain dan dapat menyebarkan malware (layaknya manusia dalam menggunakan internet dan dunia maya).

Mereka Dapat Mencium Bau

Indera penciuman yang tajam biasanya dimiliki oleh beberapa jenis hewan tertentu seperti anjing dan hiu.

Namun tidak hanya hewan, ternyata tumbuhan juga memiliki indera penciuman yang cukup tajam.

Mereka menjadikan indera penciuman sebagai salah satu mekanisme dalam bertahan hidup. Mereka tau kapan buah mereka matang, ketika tanaman sekitarnya ditebang, atau ketika tanaman lain disekitarnya dimakan oleh serangga.

Dapat Membuat Hutan Hanya dengan Satu Pohon
hutan

Pada umumnya hutan terbentuk atas banyak pohon yang berada didalamnya.

Namun ditemukan sebuah hutan yang hanya terdiri dari satu pohon saja. Hutan yang hanya terbentuk dari satu pohon tersebut terletak di Kota Natal, Brasil. Ditanam pada tahun 1888 oleh nelayan setempat pohon tersebut tumbuh sampai mencakup luas sekitar 7.500 meter dan keliling sekitar 500 meter.

Memiliki Kafein Layaknya Kopi
kafein bunga

Beberapa tanaman yang memiliki nektar untuk lebah ternyata memiliki kandungan kafein didalamnya. Ternyata terdapat 55% kandungan kafein dalam nektar yang dihasilkan oleh tanaman berbunga.

Itulah 5 hal yang mungkin tidak anda ketahui tentang tanaman. Memiliki sifat layaknya manusia dan hewan serta memiliki fakta unik yang bahkan sedikit mencengangkan.

No comments