LINK BUILDING: Backlink Berkualitas Tinggi

Share:
Backlink berkualitas tinggi merupakan satu dari tiga faktor yang menentukan peringkat dalam pencarian google.

Seorang pakar SEO bernama Neil Patel mengatakan ada tiga faktor penting dalam menentukan peringkat di pencarian google:

1. Link Building
2. On-Page Seo
3. Metrik Pengguna (User Experience)

Link Building adalah menanam backlink secara natural dari blog lain ke blog anda. Perlu diingat bahwa tidak semua backlink berkualitas. Hanya backlink natural saja yang dapat meningkatkan serta mendorong artikel menuju halaman pertama google.

On-Page Seo adalah melakukan optimasi pada halaman blog dan konten blog itu sendiri. Caranya dengan memperbaiki kecepatan loading blog dan membuat kata kunci relevan. Semakin relevan kata kunci blog dengan pencarian di google, semakin bagus pula peringkat di google.

Metrik Pengguna adalah data yang menampilkan jumlah pengguna yang berinteraksi dengan blog anda. Semakin banyak pengguna aktif dalam blog, semakin baik pula peringkat dalam pencarian google. Untuk melihat data tersebut, anda dapat memantaunya melalui Google Analytics. Adapun yang menjadi tolak ukur bagus tidaknya metrik pengguna adalah bounce rate dan session duration.
link building

Backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari website dengan skor tinggi. Skor tinggi yang dimaksud disini adalah website yang memiliki nilai berdasarkan domain authority, page authority, trust flow, citation flow, dan moz rank.

Tentu untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi tersebut bukanlah perkara mudah, bahkan untuk seorang pro sekalipun. Untuk itu saya harap artikel ini dapat sedikit membantu anda dalam menanam backlink. Tidak bermaksud untuk menggurui, hanya berbagi sedikit pengalaman. Karena pada dasarnya ilmu seo bukanlah ilmu pasti, sehingga mengharuskan kita untuk terus belajar dan memahaminya. Berikut cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi versi gangkutu.

1. Menulis Konten Luar Biasa
konten adalah raja

Dalam penjelasan saya mengenai link building, saya menyinggung tentang backlink secara natural. Maksudnya disini natural adalah tidak dipaksakan.

Singkatnya adalah kerelaan website lain menaruh tautan kita di konten yang dibuatnya.

Saya pernah melakukan ini pada konten saya yang berjudul 5 Hal yang Sering Orang Kaya Lakukan, Tapi Anda Tidak

Dalam artikel tersebut saya membahas bagaimana kebiasaan yang sering orang kaya lakukan, dan mungkin banyak yang luput dari pandangan orang biasa.

Salah satu poin didalamnya adalah "membeli barang bekas" dan dibawah poin tersebut saya menautkan sebuah link.

Jika anda klik link tersebut, maka akan membuka blog milik Bang Marikxon Manurung dan konten yang bersangkutan.

faktor seo

Jelas, jika membaca tulisan bergaris hitam tersebut, backlink yang didapatkan adalah backlink natural. Tanpa keterpaksaan dan dengan kerelaan si penulis (saya).

Lalu mengapa saya melakukan itu?

Menurut saya konten tersebut sangat relevan dengan yang saya buat, lengkap penjelasannya dan mampu menguatkan opini saya pada artikel yang saya tulis.

Jadi, salah satu strategi terbaik mendapatkan backlink berkualitas tinggi adalah dengan membuat konten luar biasa. Tidak hanya bagus dan berkualitas, juga membuat website lain ingin menautkannya.

2. Menjadi Penulis Tamu
penulis tamu

Ada banyak keuntungan dengan menjadi penulis tamu pada suatu website:

1. Menjalin hubungan baik dengan blogger atau penulis lain
2. Meningkatkan trafik blog
3. Mendapatkan backlink

Namun tidak sembarang website yang dapat anda pilih untuk tempat menanam backlink. Ada kriteria-kriteria tertentu agar backlink yang didapatkan berkualitas tinggi.

Kriteria pertama yang harus anda perhatikan adalah website tersebut memiliki niche yang sama dengan blog anda.

Skor website tersebut juga harus tinggi, untuk poin-poin berikut:

1. Alexa Rank
2. Moz Rank
3. Trust Flow (TF)
4. Citation Flow (CF)
5. Domain Authority (DA)

Untuk melakukan cek nilai skor poin-poin tersebut, anda dapat memanfaatkan tautan berikut:

1. Alexa Siteinfo (Alexa Rank)
2. Majestic Site Explorer (TF dan CF)
3. Moz Open Site Explorer (DA dan PA)

Catatan:

Perlu diingat bahwa nilai citation flow tinggi, tidak menentukan suatu website berkualitas. Tetapi jika nilai trust flow tinggi, berarti website tersebut dapat dikatakan berkualitas.

Suatu website dapat dikatakan cukup bagus apabila nilai DA dan PA tidak dibawah angka 30 dan nilai TF dan CF tidak dibawah 20.

3. Menulis di Authority Site (Situs Otoritas)
situs otoritas

Authority site adalah website berkualitas tinggi yang tulisannya banyak diakui para pakar di bidangnya. Situs otoritas banyak disukai pengunjung karena berisikan konten sangat bagus dan bermanfaat, sehingga konten tersebut banyak dibagikan ke sosial media.

Situs otoritas memberikan informasi yang terpercaya dan menyertakan tautan-tautan ke situs lain yang terpercaya juga. Nah, disini peluangnya, apabila anda dapat menulis pada situs tersebut dan menanam backlink, kemungkinan besar konten anda akan melonjak naik di pencarian google.

Sejauh ini situs otoritas yang saya tau dan saya rekomendasikan untuk anda adalah dua website berikut:

1. Hipwee

2. Medium

Kesimpulan

Meningkatkan peringkat dan menjadi nomor satu di google memang bukan perkara mudah. Membutuhkan waktu dan tenaga untuk belajar dan memahami terhadap algoritma yang terus berubah.

Walaupun demikian, strategi utama yang dapat anda lakukan adalah dengan menulis. Membuat konten luar biasa yang berisikan kata kunci relevan dengan apa yang mereka (pengunjung) cari.

Riset dan kumpulkan banyak info penting, lalu buatlah konten yang mereka butuhkan dan dapat memecahkan masalah yang mereka alami. Buat mereka takjub dengan artikel anda, sehingga mereka tidak ragu untuk menautkannya dan membagikannya.

Lakukan semua hal tersebut secara bertahap dan lihat perubahan pada ranking dan trafik blog anda.

6 comments:

  1. haloo min, saya nemu artikel anda di viva, boleh sedikit bagi pengalamannya donk, saya juga mau nulis di viva.
    bls ya min, kasih tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga gan, terima kasih sudah berkunjung
      Jika agan mau blog agan masuk di viva, agan bisa baca artikel saya berjudul "Cara Submit Artikel Blog di Vivalog", atau lewat link berikut ini
      https://gangkutu.blogspot.com/2016/09/cara-submit-artikel-blog-di-viva-log.html

      Atau jika ingin bertanya lebih banyak agan bisa hubungi saya via email, emal saya tercantum dibawah blog

      Delete
  2. Sangat menarik sekali, semakin memperjelas cara-car untuk mendapatkan backlink. tambah lagi updatenya bos.. terima kasih. https://ask-movers.com

    ReplyDelete
  3. I am definitely enjoying your website. You definitely have some great insight and great stories. buy web 2.0 backlinks

    ReplyDelete