6 Soto Paling Enak Khas Indonesia Yang Wajib Dicoba

Share:
Indonesia merupakan negara dengan jutaan kuliner yang unik dan enak tentunya. Dengan banyaknya suku dan budaya yang berbeda-beda, menyebabkan kuliner tiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari daging, sayuran, bahkan dengan bahan baku makanan aneh sekalipun bisa disulap menjadi makanan lezat. Bumbu yang disediakanpun bermacam-macam, pedas, manis, asem, bukan masalah bagi para koki pencinta kuliner Indonesia.

Kuliner di Indonesia memang banyak sekali, ada rendang, sate, bakso hingga soto yang rasanya begitu menggugah selera. Anda yang berada di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama-nama makanan yang sudah disebutkan diatas.

Salah satu makanan yang popular di Indonesia adalah Soto, nah soto sendiri ternyata memiliki kekayaan rasa yang luar biasa banyak. Hampir setiap Kota yang ada di Indonesia memiliki makanan khas soto yang berbeda tentunya.

Cara penyajian nya berbeda, rasanya berbeda hingga komponen yang digunakan untuk membuat soto tersebut juga beda. Yuk coba kita intip soto-soto paling enak khas Indonesia yang wajib dicoba terlebih dahulu berikut ini.

1. Soto Medan
soto medan
image: cookpad.com

Soto dari Medan tentu memiliki rasa yang sangat kuat di lidah, anda bisa merasakan bagaimana rasa kentang perkedel yang ada di dalamnya. Bumbu jintan untuk penyedap selera juga membuat anda ketagihan untuk makan soto khas Medan ini.

Soto Medan memang dilengkapi dengan emping, kentang, tomat, telur hingga bawang merah goreng yang pastinya enak dilidah. Cobalah untuk merasakan soto Medan ketika pergi ke Kota Medan atau mungkin di daerah anda ada resto Medan yang jual soto.

2. Soto Betawi
soto betawi
image: selerasa.com

Soto Betawi adalah Soto khas Indonesia yang berasal dari Betawi, kalau sebelumnya soto medan punya rasa yang khas karena jintan nya. Soto Betawi juga rasanya khas karena kuah santan dan susunya yang gurih ketika dimakan.

Soto Betawi ini dilengkapi dengan irisan daging yang empuk, paru yang digoreng dengan garing dan renyah. Lalu ada tambahan sambal, emping hingga acar timun yang membuat kuah nya memiliki aroma pala, cengkih, dan kapulaga yang semerbak harumnya.

3. Soto Lamongan
soto lamongan
image: citarasaindonesia.co.id

Soto yang paling dikenal saat ini adalah Soto Lamongan yang satu-satunya Soto yang menggunakan bumbu Koya dan tetap nikmat meskipun tanpa santan. Soto Lamongan ini biasanya menggunakan ayam kampung karena daging ayam kampung bisa membuat kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak berbau.

Rasanya nikmat sekali makan soto lamongan ini, apalagi ketika musim dingin dan sedang hujan, pastinya menghangatkan tenggorokan. Tambahan telur, bawang gorengnya juga membuatnya lebih nikmat untuk disantap.

4. Soto Banjar
soto banjar
image: cookpad.com

Anda mungkin yang ada di Kalimantan sudah sering mendengar atau menikmati Soto Asal Banjar ini, rasanya pasti enak karena bumbunya mantap. Ada rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala hingga cengkeh yang membuat aroma dan rasanya enak.

Bahan utama yang digunakan adalah daging ayam dengan tambahan ketupat, perkedel dan telur yang membuat tampilannya juga cantik. Apalagi saat dilahap, rasanya sangat enak dengan tambahan lontong yang akan membuat kuahnya teresap.

5. Soto Padang
soto padang
image: citarasaindonesia.co.id

Soto Padang adalah Soto racikan minang yang harumnya semerbak, ada tambahan bihun yang dibanjiri dengan kaldu sapi yang nikmat. Apalagi irisan daging sapi yang digoreng, cuka asam manis hingga rempah-rempah nya membuat rasanya tak terkalahkan.

Daun jeruk, serai, jahe dan daun bawang menjadi rempah pilihan yang membuat rasa soto dari Padang ini khas sekali. Masakan dari padang memang selalu unggul rasanya, cobalah untuk mencoba rasa soto Padang ketika berkunjung ke Padang.

6. Soto Madura
soto madura
image: sajiansedap.grid.id

Pernah makan soto Madura? Ternyata soto madura agak beda, karena ia menggunakan babat, usus, dan paru sapi di dalamnya. Untuk menyempurnakan rasa gurihnya itu, ia menambahkan bihun, irisan kol, toge, ayam, hingga telur rebus di dalamnya.

Itulah soto-soto paling enak khas indonesia yang wajib anda coba versi saya, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas Negeri sendiri bukan. Jadi tunggu apalagi, cari makanannya dan rasakan kenikmatannya.

Apakah daerah tempat tinggal anda termasuk didalamnya?

Karena kita memiliki makanan favorit masing-masing, termasuk soto. Jadi tidak ada salahnya bagi anda merekomendasikan soto enak khas daerah anda. Silakan berkomentar.
Salam pencinta kuliner Indonesia.

No comments