5 Daftar Tempat Wisata Edukasi di Jogja Bikin Wawasan Tambah Luas

Share:
Seperti yang kita tahu, Jogja adalah kota pelajar sekaligus gudangnya wisata edukasi yang sangat diminati. Anda bisa berkunjung ke berbagai wisata edukasi di Jogja sambil mengajak keluarga ataupun teman mengenal berbagai macam hal baru yang mengasyikkan.

Tentu saja ini akan menjadi pengalaman penting dalam mengisi waktu liburan bersama orang terdekat. Karena selain momen penting bersama mereka, mengenal tempat-tempat baru akan bermanfaat bagi wawasan, khususnya daerah Yogyakarta.

Agar tidak kebingungan dalam mencari referensi, silahkan simak beberapa tempat wisata edukasi di Jogja berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Jogja

1. Taman Pintar
taman pintar
image: wisatajogja.net

Di pusat Kota Jogja terdapat tempat wisata edukasi dan rekreasi yang cukup popular dikalangan masyarakat Yogyakarta yaitu Taman Pintar. Tempat ini menyediakan berbagai wahana dan merupakan pusat sains yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Setiap zona yang ada di sana menawarkan konsep yang berbeda antara lain adalah ilmu pengetahuan modern, sejarah, antariksa, kebencanaan dan lain sebagainya. Dengan berbagai perangkat yang ada, anda bisa belajar sambil bermain di tempat tersebut.

2. Museum Anak Kolong Tangga
museum anak kolong tangga
image: 2jogja.com

Berjalan ke arah utara dari kawasan taman pintar anda dapat berkunjung ke Museum Anak Kolong Tangga yang berada di lantai dua gedung taman budaya. Di sini terdapat banyak mainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan dan tergeser oleh mainan modern.

Anda bisa memperkenalkan mainan tradisional sebagai alternatif untuk menghindari keluarga, khususnya anak-anak dari penggunaan gadget.

3. Keraton Yogyakarta
keraton jogja
image: garasijogja.com

Masih di kawasan pusat Kota Jogja juga, berkunjunglah ke Keraton Yogyakarta untuk mengenal berbagai macam peninggalan budaya di dalamnya.

Selain itu, terdapat pula pergelaran tari yang sangat memukau, pusaka, music gamelan. Dengan dikenalkan dengan kebudayaan sedini mungkin, diharapkan anak-anak dan remaja dapat lebih mencintai kebudayaan dan terus termotivasi untuk melestarikannya.

4. Museum Gunung Merapi
museum gunung merapi
image: bonvoyagejogja.com

Di bagian Jogja sebelah utara, tepatnya di dekat gunung merapi anda juga bisa mengunjungi wisata edukasi Museum Gunung Merapi. Di tempat wisata itu anda dapat mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan bencana alam.

Jangan khawatir akan merasa bosan, karena di sini akan ada penjelasan yang disajikan melalui film pendek, visual, maket dan juga ruangan simulasi.

5. Monument Jogja Kembali
monument jogja kembali
image: jogjarentalmotor.com

Monument Jogja Kembali yang lebih kita kenal sebagai Monjali berada di ring road utara Jogja. Tempat ini sebagai wisata edukasi bidang sejarah dimana terdapat benda-benda peninggalan jaman perjuangan, relief dan diorama para pejuang.

Diharapkan para pengunjung akan meniru semangat para pahlawan negara Indonesia dalam membela tanah air dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang bermanfaat.

Manfaat Berkunjung ke Tempat Wisata Edukasi

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan berkunjung ke tempat wisata edukasi. Apabila anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Karena wisata edukasi sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang anak agar mereka tau banyak hal yang bisa membuat wawasannya bertambah.

Beberapa manfaat dari wisata edukasi adalah sebagai berikut ini.

1. Memperluas wawasan dan semakin menyempurnakan pelajaran yang sudah didapat dari bangku sekolah.

2. Membangun rasa nasionalisme dan cinta tanah air dengan melihat perjuangan para pahlawan.

3. Mengenal berbagai macam alat peraga dan bisa mencobanya dengan langsung. Dengan praktek langsung anak dapat lebih mudah menangkap informasi yang diberikan.

4. Mengenal berbagai macam warisan budaya dan semakin bangga menjadi warga negara Indonesia.

Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari wisata edukasi, jadi jangan tunda lagi untuk mengajak keluarga mengisi liburan dengan mengunjung tempat wisata edukasi yang disenangi.

Ada banyak sekali wisata edukasi di Jogja lainnya yang tak kalah menarik, pastikan tempat paling menarik untuk membuat semua merasa senang.

No comments