Cara Melindungi Konten Blog dengan Memasang DMCA

Share:
Cara Melindungi Konten Blog dengan Memasang DMCA - DMCA (Digital Millenium Copyright Act) merupakan salah satu layanan yang dapat meminimalisir tindakan duplikat konten. DMCA sendiri adalah perlindungan terhadap suatu karya atau perlindungan hak cipta pada suatu blog. Singkatnya DMCA ini dapat melindungi konten agar tidak di copy paste.

Dengan adanya DMCA pada blog kita akan membuat blog kita terlihat lebih profesional karena menandakan artikel yang ada di blog kita adalah hasil jerih payah kita dalam menulis konten yang berkualitas dan orisinil. Dan juga menandakan semua tulisan kita mengandung hak cipta. Maka penting bagi setiap pemilik blog memsangnya di blognya masing-masing.

Dalam artikel ini, ane akan membahas 2 topik yang menyangkut masalah duplikat konten dan DMCA, yaitu
  • Manfaat DMCA bagi Blog dan,
  • Cara Mendaftar DMCA dan Memasangnya di Blog
Berikut pembahasannya, silakan dicermati baik-baik.

Manfaat DMCA bagi Blog

Banyak manfaat yang kita dapat, jika blog yang kita miliki kita daftarkan ke DMCA, seperti yang ane jelaskan diatas tadi, blog kita akan terlihat lebih profersional dan dapat meminimalisir duplikat konten. Yang mana duplikat konten sendiri adalah tindakan copy paste sebagian atau seluruh artikel. Mungkin jika hanya sebagian konten yang di copy paste itu tidak dianggap duplikat konten. Namun jika keseluruhan, maka itu akan dianggap duplikat konten. Jadi jika agan salah satu yang melakukan copy paste sebagian artikel (maksimal 1 paragraf), lebih baik cantumkan link sumber sebagai sumber referensi agan, karena itu bentuk terima kasih agan kepada pemilik konten.

Untuk website atau situs-situs yang memilik reputasi, mungkin tidak akan berpengaruh apabila kontennya di copy paste, karena biasanya website-website tersebut sudah memiliki pengunjung setianya sendiri. Namun bagi kita para newbie, duplikat konten ini akan sangat berpengaruh. Karena duplikat konten memiliki efek buruk bagi korbannya. Jika artikel yang kita tulis lama ter-indeks google, tapi blogger yang copy paste artikel kita cepat ter-indeks google, maka kerugian pertama kita adalah pengunjung kita akan berkurang. Bayangkan, kita yang sudah menulis atikel susah-susah hanya mendapat pengunjung ratusan saja perhari, sedangkan pencuri konten tersebut mendapatkan ribuan pengunjung perharinya, itu pasti akan sangat mengesalkan bagi kita.

Kerugian lainnya adalah pengunjung bisa mengira bahwa kitalah yang mencuri artikel tersebut, karena mereka sudah membacanya di blog pencuri konten tersebut. Nah, dengan kita mendaftarkan blog kita ke DMCA, maka masalah duplikat konten dapat teratasi.

Cara Mendaftar DMCA dan Memasangnya di Blog

Buka situs DMCA,
Isi form Register, isi semua form yang tersedia, form Company dapat dikosongkan, jika sudah klik Submit,

Setelah itu agan akan langsung menerima pesan Email dari pihak DMCA, kemudian klik link yang mengarah pada halaman login,
Silakan agan login dengan alamat email yan tadi agan daftarkan dan password yang diberikan pihak DMCA,

Selanjutnya akan muncul halaman baru, pilih My Protection Badges, klik Add Badges to your site

Pilih DMCA Badges yang sesuai dengan tampilan blog agan, kemudian copy embed codenya.

Setelah itu pilih Add to Blogger atau bisa langsung agan pastekan pada widget blog agan.

Sebenarnya dalam artikel ini ane mau menambahkan satu topik pembahasan lagi yaitu Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke DMCA, tapi menurut ane lebih baik untuk artikel berikutnya saja agar artikel ini terlihat lebih rapi.

Baca Juga:
Cara Mencegah Pencurian Artikel di Blog
Linda Ikeji, Dari Aktifis Menjadi Penulis Berpenghasilan Sadis

Itulah 2 topik pembahasan ane pada artikel kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi agan-agan semua. Jika masih ada pertanyaan tentang artikel ini silakan bertanya pada kolom komentar dibawah ini. Dan jangan lupa, luangkanlah waktu sedikit untuk share artikel ini.
Terima Kasih.

15 comments: