Cara Mencegah Pencurian Artikel di Blog

Share:
Sebagai seorang blogger, kita pasti akan sangat marah apabila artikel yang kita tulis dicuri atau dicopas oleh blogger lain yang tidak bertanggung jawab. Tanpa bertanya, apalagi tanpa mencantumkan link sumber, mereka dengan mudahnya menyalin artikel tersebut untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Padahal untuk menulis artikel yang berkualitas serta orisinil bukanlah hal mudah yang dapat dikerjakan.

Padahal mencuri artikel atau copy paste adalah tidakan yang membodohi diri sendiri. Karena jika kita mencuri artikel orang lain, itu menandakan bahwa kita adalah orang yang malas dan tidak tau apa-apa. Padahal tujuan kita awal ngeblog adalah menulis, berbagi pengetahuan, informasi serta mencerdaskan diri sendiri dan pembaca.

Mungkin alasan melakukan tindakan tersebut adalah karena mulai merasa bosan ngeblog, banyak kerjaan didunia nyata, atau alasan yang lainnya. Jika berpikiran seperti itu, saran ane berhenti aja ngeblog. Kenapa? Karena jika semangat ngeblog hilang, pasti ngeblognya setengah-setengan dan asal-asalan.

Sebenarnya cukup mudah mengatasi atau mencegah pencurian konten blog. Karena google sendiri sudah menyediakan tempat pelaporan artikel curian. Yang mana jika pelaku ketahuan melakukan pencurian artikel, artikel yang dicuri tersebut akan dihapus oleh google dan lebih parahnya lagi, blog milik pencuri konten tersebut akan dihapus oleh google dan tidak akan muncul di mesin pencari seperti google, bing, yahoo atau mesin pencari lainnya.

Jenis-jenis Pencurian Artikel

Menurut ane, ada 3 jenis pencurian artikel yang harus kita waspadai, yaitu sebagai berikut

Pencurian Konten atau Artikel dengan Copy Paste

Cara ini adalah cara yang sangat umum dilakukan, untuk itu kita harus waspada. Biasanya para pencuri konten mengunjungi blog yang memiliki banyak artikel yang viral dan unik. Setelah itu pencuri tersebut akan mempublis artikel yang menurutnya menarik dan mendatangkan banyak pengunjung di blog miliknya, sehingga blognya mendapatkan pengunjung yang banyak dari konten viral tersebut.

Dan cara mencegahnya, silakan agan cari sendiri di google dengan keyword "Cara Agar Artikel Tidak Bisa Di Copy Paste". Karena kebetulan ane sendiri belum membuat artikel tersebut.

Cara tersebut sebenarnya hanya untuk meminimalisir pencurian konten. Karena jika pencuri konten tersebut mengerti pemrograman css dan javascript, kemungkinan artikel tersebut masih dapat dicuri.

Pencurian Konten atau Artikel  lewat RSS Feeds Blog

RSS Feeds merupakan sebuah umpan web yang dapat diterima oleh pembaca yang sudah berlangganan pada web tertentu. Singkatnya RSS Feeds seperti berlangganan koran atau majalah, yang membedakan adalah RSS Feeds tidak membutuhkan biaya atau gratis dan setiap artikel yang ditulis oleh suatu blog, maka para pembaca yang berlangganan blog tersebut secara otomatis akan mendapatkan artikel tersebut.

Biasanya para penulis blog menggunakan FeedBurner sebagai umpan webnya. Selain lebih cepat terindeks google. Tampilan yang sederhana dan bersih membuat nyaman para pembaca. Sebenarnya masih ada ayanan lain sejenis FeedBurner yang tidak kalah bagus dan memilki tampilan yang lebih menarik. Dan biasanya digunakan sebagai alternatif FeedBurner, Berikut adalah layanan alternatif RSS Feeds sealin FeedBurner.


Mungkin bagi para pembaca, layanan ini sangatlah bermanfaat. Karena dengan layanan ini, para pembaca dapat mengikuti artikel artikel terbaru dari blog langganannya. Namun bagi para penulis layanan ini memiliki dampak posituf dan negatif. Keuntungan RSS Feeds bagi para penulis adalah agar semua mesin pencari dapat dengan cepat mengindeks artikel tersebut. Dan dampak negatif bagi para penulis blog yang menggunakan layanan ini adalah dapat berujung pencurian artikel.

Dan untuk mencegahnya, kita dapat mengatasinya dengan cara berikut
Menyingkat RSS Feeds
Masuk ke blogger
Pilih Setelan, klik Lainnya. Setelah itu pilih opsi Singkat, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini
Dengan pengaturan seperti diatas maka para pencuri konten hanya akan mendapat sedikit artikel. Namun dengan itu juga, mesin pencari akan sedikit lama mengindeks artikel yang kita miliki.
Mematikan RSS Feeds
Ganti opsi menjadi Tak Satupun
Mematikan RSS Feeds, bukan sepenuhnya mematikan layanan ini. Maksudnya adalah mematikan umpan blog dan yang tercantum dalam RSS Feeds milik kita hanya komentar blog saja sedangkan artikelnya tidak. Mesin pencari masih dapat mengindeks artikel kita, namun akan sedikit memakan waktu, bahkan lebih lama dari menyingkatnya.

Pencurian Artikel oleh Auto Blog

Sebenarnya pencurian artikel oleh auto blog ini berhubungan dengan pencurian artikel lewat RSS Feeds, karena keduanya saling berhubungan.
Auto Blog adalah teknik mencuri artikel melalui RSS Feeds. Pasti setiap blog memiliki layanan FeedBurner sebagai media pemasaran blog serta artikel didalamnya. Nah, layanan tersebut digunakan oleh para pencuri artikel melaui Auto Blog.

Biasanya mereka menggunakan plugin tertentu untuk mendapatkan umpan blog dari blog lain ke blog miliknya. Jadi saat kita menerbitkan artikel yang kita tulis, tidak berselang lama pencuri tersebut akan memiliki artikel yang kita tulis dan dia dapat langsung menerbitkannya juga.

Auto Blog atau Blog AGC (Auto Generated Content) biasanya diciptakan hanya sebagai pencipta backlink. Yang mana blog tersebut akan mengarah kepada blog miliknya yang lain yang sudah terpasang iklan adsense. Dengan begitu ia akan mendapatkan keuntungan tanpa harus bersusah payah menulis artikel.

Dan cara untuk mengatasi adalah dengan mengatur FeedBurner milik Agan. Berikut adalah caranya
Masuk pada FeedBurner
Pilih Blog, disini ane mencontohkan dengan blog ane sendiri yaitu Gang Kutu
Kemudian pilih Optimize, klik Summary Burner, 
Selanjutnya atur jumlah kata atau karakter dan buatlah deskripsi yang mengandung ajakan agar para pembaca ingin mengunjungi blog kita, lihat gambar dibawah ini
Setelah itu Agan masuk ke pengaturan blogger,
Pilih Setelan, Klik Lainnya, kemudian pilih Singkat, terakhir masukkan FeedBurner yang telah Agan buat tadi
Cara inilah yang menurut ane paling ampuh, karena jika para pencuri artikel yang menggunakan plugin khusus untuk mencuri artikel milik kita, mereka hanya akan mempromosikan blog milik kita, dan itu akan sangat menungtungkan bagi kita.

Sebenarnya ane sendiri belum menggunakan itu. Karena blog ane masih tergolong baru, dan saat sedang membuat artikel ini blog ane belum ada 2 bulan. Jadi blog ane masih memerlukan indeks yang cepat dari google.

Jika kita benar-benar seorang blogger, ane yakin pencurian artikel ini tidak akan terjadi. Karena kita tau sendiri sulitnya menulis artikel yang berkualitas dan orisinil. Dan sudah sepatutnya sebagai seorang penulis kita harus bisa menghargai karya tulis seseorang dengan tidak menduplikatnya.

Baca Juga:
Linda Ikeji, Dari Aktifis Menjadi Penulis Berpenghasilan Sadis
Cara Cepat dan Mudah Melewati Internet Positif
Konsumsi Satu Timun Setiap Hari agar Pipi Tirus

Mungkin itu saja untuk artikel Cara Mencegah Pencurian Artikel Di Blog. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sobat blogger yang mengalami masalah pencurian artikel atau konten.
Jika masih ada pertanyaan, sialakan komen dibawah ini. Ane akan membantu sebisa ane. Dan jika artikel ini bermanfaat, luangkanlah waktu sedikit untuk berbagi artikel ini di sosial media milik agan-agan.
Terima Kasih

Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/RSShttps://id.wikipedia.org/wiki/RSS
http://juragancipir.com/pengertian-rss-feeds-cara-mencegah-pencurian-artikel/

28 comments:

  1. Replies
    1. iya gan, emang perlu agar blog kita selalu aman dari pencurian konten

      Delete
  2. wah makasi artikelnya yg bermanfaat gan,wajib diterapin nih

    ReplyDelete
  3. nah ini yang ane cari. makasih untuk tutorial nya gan.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. iya gan, kalo ane masih make yang penuh, soalnya ane sendiri masih butuh indeks cepat dari google

      Delete
  5. keren gan, jadi artikel kita bisa aman ya...
    tapi memang sih, kalau ngerasain capeknya bikin konten yang sudah menyita waktu pikiran sampai kadang lupa makan. kurang etis kalau masih ada yang nyuri artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju gan, semoga artikel kita selalu aman ya

      Delete
  6. mantap, kadang suka kesel aja, udah cape" mikir eh di copas_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh gan, tapi untungnya artikel ane belum pernah ada yang copas

      Delete
  7. Thanks gan klo gini kan enak ga di copas orang ane dh cape cape nulis di copas orang memang *** bener tuh org -,- klo ada begini yahh aman dah postingan.COPAS sih boleh asalkan kasih SUMBER

    ReplyDelete
    Replies
    1. agaknya curhat ya gan, tapi emang gan ngeselin banget orang copas. Kalo menurut ane sih, tetep jangan copas mendinga dijadiin sumber referensi

      Delete
  8. ijin coba gan, semoga berhasil hehe

    ReplyDelete
  9. Ijin nyoba ya gan buat blog ane, Nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan gan, semoga pencurian artikel tidak terjadi di blog agan

      Delete
  10. Ini dia gan yang ane cari cari.. nice post

    ReplyDelete
  11. nice gan, kujungi balik : sendbroadcast.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan, oke nanti ane kunjungi balik blognya

      Delete
  12. Perlu diterapin ini. sayang banget kl sudah cape" tulis eh dicuri artikelnya

    ReplyDelete
  13. kalo ketauan copas, laporan google DMCA aja gan hehehe

    ReplyDelete