Mengenal Jenis-jenis dan Urutan Kualitas Film

Share:
Sebagian besar penikmat film harusnya tau jenis-jenis dan urutan kualitas film dari yang terendah hingga yang terbagus. Apalagi yang sering download film di situs-situs download film seperti ganool, shaanig atau yang lainnya. Mungkin beberapa dari kita sudah mengetahui kualitas film seperti DVDRip, WEB DL, dan BRRip/BDRip. Namun jenis-jenis lainnya, kita masih belum terlalu tau, karena kita jarang mendownloadnya atau melihatnya. Maka dari itu ane akan memberikan penjelasan tentang Jenis-jenis dan Urutan Kualitas Film dari yang Terburuk hingga yang Terbaik. Berikut ulasannya

CAM(Handycam/Camcorder)

Kualitas dari format CAM adalah kualitas terburuk dari yang terburuk. Mengapa ane bilang begitu? Karena kualitas film dari format ini didapat dari rekaman langsung di bioskop. Bagus tidaknya hasil rekaman tergantung yang rekam. Jika jarak perekam bagus, gambar dan suara yang akan didapat juga bagus, jika jarak perekam terlalu jauh atau terlalu dekat, gambar bisa terlalu besar atau terlalu kecil dan suara yang didapatkan bisa cempreng atau bahkan gak kedengeran. Saran dari ane sih, jangan download film yang berformat CAM, kecuali kalo agan udah penasaran banget sama filmnya.

TS(Telesync)

Tidak berbeda jauh dengan kulitas CAM, kualitas TS memiliki gambar yang sama buruknya. Yang membedakan TS dengan CAM adalah kualitas suaranya, TS sudah memiliki kualitas suara yang cukup bagus. Karena kualitas dari suara TS adalah timpahan dari rekaman suara yang ditaruh didekat sumber suara. Yang kemudian digabungkan dengan hasil rekaman gmbarnya.

TC(Telecine)

Film dengan kualitas Telecine didapat dari hasil duplikat dari pita projektor film ke format digital menggunakan alat tertentu. Gambar dan suaranya tergolong cukup bagus. Namun film dengan format ini sudah jarang ditemukan lantaran alatnya tergolong mahal dan sulit ditemukan.

WP(Workprint)

WP adalah video yang dibuat dari film yang belum jadi. Selain banyak bagian film yang hilang, videonya juga terkadang memiliki watermark. Dan untuk mendapatkan subtitlenya pun sangat sulit, karena para pembuat subtitle males membuatnya. Film dengan format ini juga sudah jarang ditemukan.

Scr(Screener)

Biasanya Scr dibuat dengan tujuan promosi, tim dari distributor film mendistribusikan ke toko-toko rental, tv, ataupun media. Dan film dengan kualitas Scr didapat dari rekaman kaset dalam format VHS. Saran ane, kalo ada film dengan kualitas ini, jangan didownload dulu, lebih baik bersabar sedikit. Karena film dengan kualitas Scr rada ngeselin, kadang di menit tertentu ada kalimat yang bersifat promosi pada film tersebut, parahnya lagi itu bisa sepanjang film dan tulisannya agak gede.

DVD-Scr(DVD-Screener)

DVD-Scr memiliki kualitas yang lebih bagus dari Scr. Biasanya film dengan kualitas ini dijual bajakan dalam bentuk SVCD atau XviD. Sama halnya dengan Scr, film denga kualitas DVD-Scr kadang memiliki kalimat promosi. Tapi jika kita beruntung kita bisa mendapatkan film ini tanpa kalimat tersebut. Karena jika rippernya bagus, kalimat tersebut dapat dihilangkan.

VHSRip

Kualitas film ini didapat dari hasil copy dari kaset VHS. Namun, kualitas ini sudah jarang ditemukan lantaran kaset VHS yang sulit ditemukan sekarang ini. Biasanya video yang menggunakan kualitas VHS adalah rekaman TV dan video-video olahraga.

PPV&VOD

PPV(Pay Per View) dan VOD(Video On Demand) merupakan film yang bersumber atau didapatkan dari merekam film di hotel, TV kabel ataupun yang lainnya yang bersifat berbayar. Gambar dan suaranya tergolong cukup bagus, karena direkam menggunakan alat digital.

XviD

Sama dengan kualitas PPV dan VOD, kualitas XviD tergolong cukup bagus. XviD adalah dari DVD asli film tersebur, yang mana filmnya di encode ulang oleh encoder-encoder film. Film dengan kualitas XviD banyak ditemui di grup-grup fansub. Salah satunya adalah anime dan TV Series. Untuk kualitas ini menurut ane sudah layak untuk didownload dan dinikmati.

Baca Juga:
Situs Download Film dengan Encoder-Encoder Film Terbaik
3 Software Encode Film dengan Keunggulannya Masing-Masing

R5
R5 adalah kualitas film yang setara DVD, R5 dimaksuhkan untuk daerah tertentu. Yang masuk dalam wilayah R5 (Region 5) adalah negara India, Afrika, Mongolia, Korea Utara, dan negara bekas Uni Soviet seperti Ukraina dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya lihat daftar berikut ini
Daftar Region Code DVD

  • R1 Amerika Serikat, Kanada
  • R2 Eropa, termasuk Yunanni, Perancis, Turki, Mesir, Jepang dan Afrika Selatan
  • R3 Korea, Thailand, Indonesia, dan Vietnam
  • R4 Australia, Selandia Baru, Meksiko, Karibia, dan Amerika Selatan
  • R5 India, Afrika, dan negara bekas Uni Soviet 
  • R6 Republik Rakyat Cina

DVDRip

DVDRip adalah film yang didapatkan dari salinan DVD aslinya yang sudah rilis secara resmi. Kualitas ini menyamai DVD aslinya, biasanya informasi region dan proteksi copy sudah dihilangkan oleh si Ripper. Karena langsung dicopy dari sumber aslinya, jadi kualitas DVDRip tergolong kualitas yang bagus dan sudah layak untuk ddidownload. Kualitas ini didistribusikan dalam bentuk SVCD & DVD (dijualin tukang bajak) atau XviD.

TVRip

Kualias TVRip didapatkan dari merekam TV menggunakan peralatan recording seperti Betacam, VHS, DVR, atau alat perekam lainnya. Untuk bagus tidaknya kualitas film ini, ditentukan berdasarkan pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Jika format high definition, maka kualitas film akan sangat baik.

HDTV/HDTVRip (High Definition TV)

HDTV biasanya diencoding menjadi resolusi 640x352 (360p) dan 960x528 (540p) oleh para encoder. Dan biasanya kualitas HDTV adalah TV Series, untuk film sepertinya jarang.

WEBRip/WEB-DL

WEBRip adalah versi hasil salinan dari sebuah Website dengan kualitas bagus.

WEB-DL bersumber dari iTunes Store atau Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas bagus. Di versi WEB-DL juga tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV. Ukuran file dengan kualitas WEB-DL lebih besar dari HDTV karena menggunakan DD 5.1. Dan gambarnya pun lebih jernih dari HDTV.

mHD (Mini/Micro HD)

Mini/Micro HD adalah kualitas yang setara dengan Blu-Ray, namun ukurannya diperkecil. Biasanya encoder-encoder mengencode film dari kualitas Blu-Ray yang kemudian diperkecil ukurannya menjadi lebih hemat. Gambar dan suaranya bagus serta cocok untuk para penikmat film dengan kuota terbatas.

BRRip/BDRip(Blu-Ray)

BRRip/BDRip adalah kualitas yang sangat bagus, nonton film dengan kualitas ini menurut ane berasa seperti nonton film langsung di bioskop. Perbedaan BRRip dan BDRip adalah BRRip diambil langsung dari sumber Blu-Ray disk yang sudah di Rip (bukan sumber langsung dari Blu-Ray nya), jadi jika sumber RIP yang diambil memiliki error atau AR (aspect ratio) yang buruk, maka hasilnya BRRip juga akan buruk. Berbeda dengan BDRip, karena rip langsung dari sumbernya, masalah-masalah seperti AR tidak akan ada.

Baca Juga:
Konsumsi Satu Timun Setiap Hari agar Pipi Tirus
10 Kisah Sukses Berkat Usaha di Bidang Kuliner

Itulah jenis-jenis kualitas film dari yang terburuk hingga yang terbaik. Saran ane kalo mau download film lebih baik dari yang kualitas DVDRip dan seterusnya. Karena jika kualitas yang dibawah DVDRip belum layak untuk ditonton.

Mungkin itu saja pembahas dari ane menganai jenis dan urutan kualitas film. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu agan-agan penikmat film. Jika masih ada pertanyaan atau ada tambahan sialakan tulis di kolom komentar dibawah. Dan jika artikel ini bermanfaat, luangkanlah waktu sedikit untuk share artikel ini.
Terima Kasih

19 comments:

  1. Sering nih ane nonton CAM, kalau gak sempat nonton di bioskop dan gak sabar nunggu download versi yang brip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh gan pasti kurang puas nontonnya, saran ane sih minimal itu DVDRip aje, kalo gak nunggu yang Blu-Ray biar joss nontonnya

      Delete
  2. Bermanfaat infonya gan. Ane sekarang jadi tau perbedaanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, semoga dapat memberikan informasi yang berkualitas ya artikelnya

      Delete
  3. Thanks bermanfaat banget infonya gan😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, terima kasih juga kunjunagnnya

      Delete
  4. ane pernah liat ada kualitas SD itu kira kira masuk kategori mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan emang ada, cuman gk ane tambahin karena emang jarang ditemui kualiatas sd itu sendiri, yang ane tau tentang kualitas sd itu resolusinya 640 x 480 dan semua stasiun TV di Indonesia pake kualitas SD kalo gk salah seperti itu gan

      Delete
  5. thx., gan
    bermanfaat nih kalo mau donlot pilem

    ReplyDelete
  6. ternyata bnyak juga ya, pdahal cuma beberapa yng ane prnah liat

    ReplyDelete
  7. blueray emang paling manteb dah kualitasnya udah paling jernih

    ReplyDelete
  8. banyak juga yaa jenis jenis nya
    ada beberapa yang aku baru tau setelah membaca loh ..




    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete