7 Makanan Aneh Ini Adalah Kuliner Asli Indonesia

Share:
Sebagai warga negara Indonesia, kita patutlah bangga terhadap Tanah Air tercinta ini. Bagaimana tidak, kekayaan alam serta budayanya telah menarik banyak turis asing untuk berkunjung ke negara ini.

Destinasi wisata yang sangat indah menjadi sasaran utama para turis yang berkunjung ke Indonesia. Bali dengan pantai-pantainya, Raja Ampat dengan alam bawah laut yang amat luar biasa, Yogyakarta dengan candi-candi dan kebudayaannya, serta masih banyak lagi daerah dengan kekayaannya masing-masing.

Indonesia juga adalah tempat yang tepat untuk para pecinta kuliner berburu makanan lezat. Di Indonesia terdapat makanan-makanan yang unik dan lezat disetiap daerah yang berbeda. Bahkan beberapa kulier asli Indonesia telah mendunia dan menjadi makanan terenak di dunia. Beberapa diantaranya adalah nasi goreng, sate, dan rendang.

Namun ada juga beberapa kuliner di Indoesia yang tergolong kedalam makanan yang aneh, bahkan menjijikan. Contohnya saja di Sulawesi Utara yang menjadikan tikus sebagai salah satu kulinernya. Tikus yang untuk sebagian orang adalah hewan yang menjijikan. Namun disana tikus menjadi salah satu kuliner lezat.

Tidak hanya itu, di Sulawesi Utara dan daerah-daerah lain di Indonesia juga masih banyak menyimpan kuliner-kuliner aneh dan unik yang perlu anda ketahui. Berikut adalah 7 Kuliner Asli Indonesia yang Paling Aneh

Sup Kelelawar

Tidak perlu ke Asia Timur untuk mengonsumsi kuliner ini. Karena sup kelelawar merupakan salah satu kuliner yang paling aneh dan unik asli Indonesia. Kuliner ini berasal dari Sulawesi Utara tepatnya di daerah Manado. Masyarakat Manado adalah masyarakat yang gemar mengonsumsi kelelawar. Biasanya kelelawar diolah dengan cara dibakar, dibumbui dengan santan, bumbu rica-rica, atau dijadikan sup.

Mungkin untuk sebagian orang mengonsumsi kuliner unik ini, adalah sesuatu yang menjijikan. Namun banyak pecintanya kuliner yang bukan asli orang Manado, menyukai bahkan menjadikannya sebagai salah satu kuliner yang patut dicoba saat berkunjug ke Manado.

Kelelawar dianggap memiliki cita rasa yang lezat jika dipadukan dengan rempah-rempah. Rasa daging kelelawar yang dijadikan sup tidak jauh berbeda dengan rasa daging sapi. Daging kelelawar juga dipercaya memiliki banyak manfaat.

Di Manado, kelelawar bukanlah hewan yang menyeramkan. Ini dikarenakan kelelawar merupakan hewan yang mengonsumsi buah-buahan, bukan darah atau hewan lain.

Cukup mudah menemukan kuliner ini di Manado. Selain sudah banyak yang menjualnya, kelelawar juga di jual dipasar-pasar tradisional disana.

Sate Kuda

Makanan khas yang biasa di konsumsi masyarakat Sumbawa ini merupakan salah satu kuliner khas di Indonesia. Tidak hanyak di Sumbawa, kini daging kuda sudah banyak dijual di daerah lain. Dan salah satu olahan paling enak dari daging kuda adalah sate kuda.

Konon daging kuda dipercaya memiliki banyak khasiat terutama dalam meningkatkan vitalitas pria. Selain itu, daging kuda juga dapat menyembuhkan asma dan diabetes.

Sate kuda ini tidak berbeda jauh dari sate-sate lainnya yang terbuat dari daging ayam ataupun sapi. Sajiannya pun sama, yakni dicelupkan dengan larutan kecap yang dilengkapi dengan berbagai macam lalapan. Yang membedakan hanya cita rasa saja, daging kuda memiliiki cita rasa yang lebih manis dari daging-daging lainnya.

Botok Tawon

Botok sendiri merupakan makanan khas yang terbuat dari parutan kelapa dengan bumbu-bumbu khas Indonesia yang dimasak dengan cara dikukus. Namun terkadang botok diberi tambahan petai cina, ikan teri, atau potongan tempe. Ditangan masyarakat jawa botok disulap menjadi makanan yang ekstrim, unik, dan aneh. Makanan tersebut adalah botok tawon yang sangat mudah kita jumpai di tanah jawa.

Mendengar makanan dengan bahan dasar tawon merupakan hal yang cukup aneh. Sebagian orang bahkan menganggapnya mengerikan. Jangankan untuk memakannya, saat ada tawon yang mendekat beberapa orang pun menghindari.

Botok Tawon merupakan makanan yang terbuat dari sarang tawon yang didalamnya masih terdapat larva atau tolo. Kuliner ini bisa diperoleh saat berwisata kebeberapa daerah di Jawa Timur atau Jawa Tengah.

Selain rasanya yang lezat, kuliner unik ini juga memiliki banyak manfaat. Yaitu, mengatasi diare pada anak, menurunkan demam, meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita, serta mengatasi kista pada wanita.

Belalang Goreng

Kuliner khas Yogyakarta ini merupakan makanan ringan yang sangat lezat. Makanan yang terbuat dari belalang ini memang sedikit ekstrim. Namun, kuliner ini sangat diminati wisatawan asing dan dalam negeri karena enak, renyah, dan bergizi.

Didalam belalang terdapat kandungan protein yang cukup tinggi. Akan tetapi, buat orang-orang yang tidak suka serangga, tetap saja kuliner seperti ini akan sulit dikonsumsi.

Belalang adalah hewan yang hidup musiman. Hewan ini akan sangat mudah dijumpai ketika musim penghujan. Karena disaat itu, populasi belalang akan meingkat pesat.

Untuk mendapatkan belalang biasanya warga menangkapnya dengan cara memancingnya. Tetapi anda tidak perlu repot-repot. Belalang goreng sudah banyak yang memproduksinya. Bahkan disepanjang jalan kota Wonosari banyak toko oleh-oleh yang menjual kuliner unik tersebut.

Belalang goreng sangat enak dikonsumsi dengan nasi putih atau nasi tiwul ditambah dengan sambal serta lalapan. Selain itu, belalang goreng juga bisa dijadikan cemilan.

Tikus Panggang

Jangankan untuk mencicipinya, membanyangkannya saja pasti sudah membuat kita merasa jijik. Bagaimana tidak, kuliner ini berbahan dasar tikus yang kemudian dibakar dan disajikan. Kuliner yang satu menjadi kuliner terunik bersama sup kelelawar di Manado.

Selain di Indonesia, dibeberapa negara seperti Thailand, Nigeria, dan India menjadikan tikus sebagai salah satu kuliner lezat di negaranya.

Manado memang terkenal dengan kuliner-kulinernya yang ektsrim. Selain kelelawar dan tikus, Manado juga menjual kuliner ekstrim lainnya, yaitu daging ular, biawak, dan kucing.

Tikus yang biasa disantap masyarakat Manado bukanlah tikus sembarangan, tikus yang biasa dikonsumsi masyarakat Manado adalah tikus hutan berekor putih.

Masyarakat Manado hanya mau membeli tikus yang ekornya masih utuh dan ekornya berwarna putih. Karena tikus jenis ini hanya memakan tumbuh-tumbuhan.

Sebelum dimasak, tikus dibersihkan dahulu dengan cara dibakar dan dikeluarkan sebagian isi perutnya. Agar rasanya lebih nikmat, biasanya masyarakat Manado mengolahnya menjadi sate atau dengan tambahan kuah santan kental layaknya olahan daging lainnya.

Rujak Cingur

Kuliner ini merupakan makanan khas yang berasal dari Suarabaya. Sesuai dengan namanya, rujak cingur memiliki satu bahan dasar yang sedikit aneh di telinga masyarakat luar Surabaya. Bahan tersebut adalah mulut sapi atau masyarakat setempat menyebutnya cingur.

Selain irisan moncong sapi yang direbus, rujak cingur biasanya terdiri dari beberapa jenis buah seperti timun, bangkoang, mangga muda, kedondong, nanas, dan kemudian lontong, tahu, tempe, serta sayur-sayuran seperti kecambah, kacang panjang, dan kangkung. Yang dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari petis udang, gula aren, cabai, kacang tanah, bawang goreng dan irisan pisang kelutuk. Kuliner ini sangat mudah dijumpai di daerah Jawa Timur terutama Surabaya.

Ulat Sagu

Di Papua dan NTB menjadikan ulat sagu sebagai makanan khasnya. Biasanya ulat sagu tersebut dikonsumsi mentah-mentah oleh masyarakat setempat.

Untuk masyarakat luar Papua dan NTB, mendengar namanya saja sudah membuat geli apalagi jika dikonsumsi mentah-mentah. Pasti banyak orang yang memilih untuk tidak mencicipinya. Makanan khas suku kamboro ini dipercaya mengandung vitamin tinggi seperti protein, asam amino dan tidak memiliki kolesterol.

Ulat ini merupakan larva dari kumbang merah. Untuk rasanya, ulat sagu memiliki rasa yang gurih luar dan lembut didalamnya.Tak heran jika ulat ini begitu digemari masyarakat papua.

Cara mendapatkan ulat ini dengan cara menebang pohon sagu. Kemudian batangnya dibiarkan membusuk, dan dengan sendirinya ulat sagu akan mengisi batang tersebut. Setelah itu, pohon yang membusuk tadi dibelah untuk mengambil ulat tersebut.

Ulat tersebut dapat dikonsumsi mentah-mentah atau dibakar menjadi sate. Selain itu, ulat tersebut juga dapat direbus dan disajikan dengan sambal.

Baca Juga:
Jenis-jenis Vaksin dan Manfaat Imunisasi Bagi Bayi
5 Hal yang Dapat Mengatasi Rasa Rendah Diri

Itulah kuliner-kuliner khas Indonesia yang aneh dan ekstrim. Jika anda tertarik ,anda dapat mencici kuliner-kuliner tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan teman-teman tentang kuliner aneh yang ada di Indonesia

2 comments:

  1. Rujak cingur, belalang krispi, sate kuda memang sdh gak asing. Tp kalau botok tawon, sup kelelawar nah kan itu yang bikin gimana mau makan (udah kabur duluan sebelum makan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya gan, terlalu ekstrim kuliner tersebut

      Delete