5 Perusahaan Ini Asal-Usulnya Mengejutkan

Share:
Orientasi sebuah perusahaan adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dengan keuntungan yang besar, sebuah perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya. Berbagai cara dilakukan untuk perkembangan perusahaan tersebut, barang ataupun jasa selalu ada pembaruan demi memuaskan konsumen. Dengan begitu, bukan hanya perusahaan, orang-orang yang ada didalamnya pun ikut menikmati hasil dari keuntungan tersebut.

Namun, untuk mendapatkan itu semua bukanlah perkara mudah. Banyak pula perusahaan yang terpaksa gulang tikar di tahun keduanya. Beberapa perusahaan juga harus menyerah di tahun kelima karena kalah bersaing dengan perusahaan lain. Perusahaan-perusahaan besar yang berdiri sekarang pun pasti pernah mengalaminya, tetapi berkat kerja keras dan kinerja yang baik, perusahaan tersebut dapat bertahan dan bersaing.

Semua perusahaan besar ataupun kecil, pasti memiliki alasan untuk berdiri. Keinginan untuk memberikan sebuah produk terbaik kepada konsumen mungkin menjadi alasan utama mengapa perusahaan tersebut didirikan. Dengan produk yang diciptakan, membuat perusahaan tersebut membantu perkembangan dunia. Sama halnya dengan perusahan berikut, perusahaan-perusahaan ini terkenal karena produk yang diciptakan. Namun sebelum produk yang diciptakan seterkenal sekarang, tahukah kamu produk pertama yang mereka ciptakan. Berikut adalah perusahaan-perusahaan yang produk awalnya tidak nyambung dengan produk yang diciptakan sekarang.

Suzuki

Seperti yang kita tau, Suzuki merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi motor terbaik di dunia. Namun ternyata sebelum memproduksi motor, produk pertama yang dihasilkan suzuki adalah mesin tenun.

Pada tahun 1909, Michio Suzuki mendirikan sebuah perusahaan bernama Suzuki Loom Works. Dan pada tahun 1920 berganti nama menjadi Suzuki Loom Manufacturing Company. Seiring dengan berjalannya waktu suzuki berhasil membuat mobil prototipe pertamanya pada tahun 1937 dan berhasil merilis mobil tersebut 4 tahun kemudian.

Pada tahun 1951, Suzuki diambang kebangkrutan lantaran harga mesin tenun jatuh. Tetapi, setahun kemudian suzuki berhasil memproduksi sepeda motor yang ternyata sangat sukses. Dengan bantuan pemerintah Jepang, suzuki mampu memproduksi lebih banyak sepeda motor. Hal inilah yang menjadi awal dari berdirinya Suzuki Motor Corporation. Perusahaan tersebut tepisah dari perusahaan sebelumnya yaitu Suzuki Loom Manufacturing Company pada tahun 1954.

Nintendo

Siapa yang tidak mengetahui nintendo, berkat perusahaan tersebut, masyarakat dunia dapat terhibur dengan game-game yang seru. Tetapi ternyata sebelum menjadi distributor game konsol pertama di dunia, nintendo sempat membuat permainan kartu sebagai produk pertamanya.

Nintendo didirikan pada tahun 1889 dan dikenal dengan nama Nintendo Koppai. Dengan produk pertama yang dihasilkan adalah permainan kartu. Nintendo berhasil memikat para mafia Jepang seperti Yakuza untuk menggunakan kartu tersebut dalam perjudian. Keberhasilan tersebut membuat nintendo mencoba untuk mengembangkan bisnisnya. Mereka sempat membuat perusahaan taksi, memproduksi beras instan, dan membuat mesin penyedot debu. Namun ternyata itu semua tidak berhasil.

Ketika permainan kartu tersebut mulai ditinggalkan karena kejenuhan, nintendo mulai diambang kebangkrutan. Nintendo hanya bertahan dengan satu produk permainan yaitu Ultra Hand. Setelah itu, nintendo mulai berminat dengan game setelah pada tahun 1983 berhasil menjadi distrbutor game konsol pertama di dunia. Dengan nama Famicom, nintendo berhasil mendistribusikan ke beberapa negara seperti Cina, Vietnam, Singapura, Timur Tengah, dan Hongkong. Tidak lama kemudian Famicom berubah namanya menjadi Nintendo Entertainment System.

Nokia

Perusahaan selajutnya adalah Nokia, seperti yang kita ketahui nokia adalah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Sempat merajai pasar telpon seluler dunia, kini nokia harus berusaha mengejar ketertinggalan produknya. Terlepas dari itu, tahukah kamu produk pertama yang dibuat perusahaan nokia.

Pada tahun 1865 Insinyur Fredrik Idestam membuka sebuah pabrik kertas di Tammerkoski Rapids, Finlandia. Enam tahun kemudian, ia membuka cabang di tepi sungai Nokianvirta Finlandia dan menamainya Nokia Ab.

Seiring dengan berjalannya waktu, nokia mulai mengembangkan bisnisnya dengan membentuk Nokia Corporation yang berfokus pada produksi kertas toilet, ban mobil, sepatu karet, sepeda, dan kompuetr.

Nokia mulai membuat ponsel pada tahun 1979, dengan bermitra bersama Salora, nokia berhasil membuat telepon mobile pertamanya yang diberi nama Mobira Oy. Dan pada tahun 1987, Nokia Corporation berhasil meluncurkan ponsel pertama di dunia dengan nama Mobira Cityman 900. Sampai sekarang nokia masih memproduksi ponsel dan mulai bangkit untuk bersaing.

Peugeot

Peugeot adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang transportasi. Produk yang dikeluarkan dari perusahaan tersebut adalah mobil dan sepeda. Tapi tahukah kamu bahwa perusahaan tersebut besar berkat produk awal yang mereka ciptakan.

Pada tahun 1810, Jean bersaudara mengubah sebuah pabrik pembuatan terigu menjadi pabrik pengolahan baja. Produk awal yang mereka ciptakan adalah gergaji, penggilingan kopi, dan penggilingan lada. Dari produk awal tersebut perusahaan peugeot mulai mencoba untuk berkembang dengan memproduksi bingkai payung, roda, sepeda, dan baru kemudian kendaraan.

Peugeot berhasil membuat sepeda pada tahun 1882 dengan nama Le Grand Bi. Dan pada tahun 1889 perusahaan tersebut berhasil membuat mobil. Setelah keberhasilan tersebut, perusahaan peugeot mulai memecah perusahaan menjadi dua divisi. Yang satu terfokuskan pada pembuatan alat dan yang satu lagi pada pembuatan sepeda dan mobil. Pada abad 20-an akhirnya perusahaan tersebut memilih untuk bergabung dan memfokuskan produk mereka pada pembuatan mobil dan sepeda.

Hasbro Inc.

Hasbro merupakan perusahaan pembuatan mainan terbesar kedua didunia setelah Mattel Inc. Sebelum memproduksi mainan, produk awal yang diciptakan perusahaan tersebut adalah kotak pensil.

Pada tahun 1923, keluarga Hassenfled mendirikan sebuah perusahaan kecil yang diberi nama Hassenfled Brother Incorporated. Mereka menggunakan sisa-sisa penjualan kain sebagai bahan untuk membuat kotak pensil. Dan menjualnya bersamaan dengan pensil yang mereka dapatkan dari pemasok.

Pada tahun 1930, mereka mulai mengalami masa-masa sulit lantaran pemasok pensil mulai membuat kotak pensilnya sendiri dan dijual dengan harga yang lebih rendah. Tidak ingin kalah bersaing, Hassenfled bersaudara mencoba untuk membuat pensil dan mainan yang mereka anggap sebagai perlengkapan sekolah.

Produk mainan tersebut membuat perusahaan Hasbro terpecah menjadi dua divisi. Yang satu terfokuskan pada pembuatan pensil dan yang satu pada pembuatan mainan. Sempat terjadi konflik kecil diantara kedua divisi tersebut karena dana yang didapatkan divisi mainan selalu lebih besar dari divisi pensil, yang lebih banyak menghasilkan keuntungan. Hasbro terus berusaha mengembangkan bisnisnya dengan memproduksi peralatan memasak, tetapi gagal dan tidak menguntungkan. Akhirnya hasbro memutuskan menjual divisi pensil dan fokus pada produk mainan.

Baca Juga:
Foto Langka Ini Diambil Sehari Sebelum Kapal Titanic Berlayar
Inilah Transformasi 5 Aktor Asia Sebelum dan Sesudah Sixpack

Itulah perusahaan-perusahaan besar yang produk awalnya berbeda dengan produk yang terkenal sekarang. Terlepas dari itu perusahaan tersebut adalah contoh perusahaan yang ingin maju dan berkembang. Selain menginginkan keuntungan perusahaan tersebut juga menginginkan kepuasan pelanggan sehingga selalu ada pembaruan terhadap produk yang mereka ciptakan.

No comments