Cara Mengubah URL Post yang Sudah di Terbitkan

Share:
URL posr merupakan salah satu penyebab peningkatan ataupun penurunan SERP blog seseorang. Beberapa artikel page one di google, pasti menerapkan SEO dalam bentuk url. Penerapannya dengan cara menaruh kata kunci pada url. Namun ini tidak sepenuhnya efektif dalam penerapan SEO. Karena biasanya hanya blog yang disayang google saja yang dapat menerapkannya. Ini dikarenakan apabila blog yang belum disukai google menerapkannya, maka akan kalah bersaing dengan blog besar lainnya. Sehingga blog tersebut bukannya muncul di page one, tetapi malah mental entah kemanana.

Salah satu artikel di blog ane yang berjudul "Konsumsi Timun Setiap Hari agar Pipi Tirus" adalah contoh post yang mengalami kesalahan URL. Sempat tidak sadar dengan kesalahan tersebut, ane akhirnya mengetahui berkat kecurigaan di mesin pencari. Dengan kata kunci yang lengkap, ane tetap tidak bisa menemukan artikel tersebut.

Mulanya ane tidak terlalu khawatir akan artikel tersebut. Berkat Vivalog, artikel tersebut menjadi salah satu artikel penyumbang pembaca terbanyak di blog ane.


Baca Juga:
Cara Submit Artikel Blog di Viva Log

Namun setelah ane perhatikan, jumlah view yang tertara pada kotak kecil diatas, tidak mengalami perubahan sedikitpun. Baca sana baca sini, ternyata letak kesalahan bukan pada artikel melainkan pada URL artikel tersebut.

"http://gangkutu.blogspot.co.id/2016/07/konsunsi-satu-timun-setiap-hari-akan-membuat-pipi-anda-tirus.html"

Kata yang berwarna biru adalah akar masalahnya, tulisan yang seharusnya adalah "Konsumsi", karena kurang ketelitian berubah menjadi "konsunsi".

Setelah ane menemukan akar masalahnya, barulah ane mengubah dan membenarkannya. Sialnya, setelah ane mengubah URL-nya, artikel tersebut belum terindeks google. Dan masih dengan judul serta URL yang sebelumnya.


Alhasil setelah ane membuka artikel tersebut, link mengarah pada laman error. Jadi, maksud ane disini adalah agar teman-teman blogger lebih teliti terhadap permalink atau URL post. Tetapi, jika sudah terlanjur diterbitkan seperti artikel ane, maka sepenuhnya keputusan ada ditangan kalian. Ingin mengubahnya atau tetap dengan URL yang salah. Karena kedua pilihan tersebut memiliki efek positif dan negatif SEO terhadap artikel yang kalian buat.

Dan jika kalian memilih untuk mengubahnya, ikuti tutorial berikut ini.

Cara Mengubah URL Post yang Sudah di Terbitkan

Buka blog agan, lalu pilih menu Pos,

Kemudian pilih artikel yang ingin agan ganti URL-nya (Permalink),


Setelah itu centang dan klik Kembali Ke Draf,

Lalu pilih Edit pada artikel yang ingin agan ganti permalinknya,


Pilih Tautan Permanen dan ubahlah URL-nya sesuai dengan yang agan inginkan,

Terakhir klik Selesai dan Terbitkan artikel agan kembali.


Itulah cara mengganti permalink artikel yang terlajur agan publish. Ada baiknya buatlah permalink yang mengandung kata kunci dengan artikel tersebut. Tidak perlu terlalu panjang, buatlah yang pendek dan mengandung kata kunci yang tertarget.

Baca Juga:
Cara Mengetahui Seberapa Unik Artikel yang Kita Tulis
Cara Mencegah Pencurian Artikel di Blog

Jika masih ada pertanyaan menyangkut artikel ini, silakan agan tanyakan lewat kolom komentar. Dan jangan lupa bantu blog ini berkembang dengan share artikelnya dan like fanspagenya.
Terima kasih.

4 comments:

  1. Thanks infonya. Ditunggu kunjungan baliknya gan www.fandinet.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, oke pasti ane kunjungi blog agan

      Delete
  2. oh gtu gqn jadi gak harus Cape2 buat artikel ulang,
    salam www.rsilucky.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tinggal ubah aja urlnya dengan cara tersebut

      Delete