6 Penemuan Kuno dari Siberia Ini Akan Membuat Anda Melongo

Share:
Setiap negara pasti memiliki cerita sejarah yang berbeda-beda. Penemuan-penemuan kuno ataupun budaya dan kesenian memberikan gambaran kepada suatu bangsa tentang sejarah negaranya. Selain itu, latar belakang yang sama membuat bangsanya menjadi satu kesatuan yang utuh dan membentuk ciri khas dari negara tersebut.

Tak terkecuali Indonesia, penemuan kuno seperti candi-candi dan prasasti menggambarkan bagaimana kehidupan dahulu. Bahasa yang beragam juga memberikan ciri khas Indonesia sebagai salah satu negara dengan bahasa daerah terbanyak.

Dan perlu anda ketahui, tidak hanya Indonesia, Siberia juga ternyata memiliki penemuan-penemuan kuno yang mungkin dapat membuat anda melongo. Bukan tanpa alasan, sebagai pemilik wilayah terluas di Rusia, Siberia pasti menyimpan banyak cerita sejarah didalamnya.

Lalu penemuan-penemuan seperti apakah itu? Berikut ulasannya.

1. Kerangka Manusia yang Sedang Menari
mikhail skeleton
image: http://www.ibtimes.co.uk/

Terdapat sebuah penemuan unik yang jarang ditemukan di daerah Krai Primorsky, Rusia. Penemuan tersebut adalah sebuah kerangka manusia yang tampak sedang menari. Para arkeolog menemukan makamnya pada tahun 2017 dan menamai kerangka manusia itu dengan sebutan Mikhail.

Diperkirakan Mikhail dikubur di makam tersebut dengan keadaan kaki dan tangan yang terikat serta lutut yang terbuka, sehingga membentuk postur tubuh yang aneh layaknya sedang menari. Itulah alasan mengapa dikatakan sebagai kerangka manusia yang sedang menari.

2. Lubang Raksasa Misteruis di Daerah Tundra
lubang raksasa misterius di siberia
 image: https://www.atlasobscura.com/

Lubang raksasa yang ditemukan di Yamal, Rusia Utara merupakan salah satu kawah misterius yang pernah ditemukan. Kawah tersebut ditemukan di suatu tempat yang disebut Tundra Arktik, Siberia. Tundra merupakan suatu daerah yang pertumbuhan pohonnya terhambat akibat rendahnya suhu lingkungan. Tundra juga biasa disebut sebagai daerah tanpa pohon.

Sempat banyak isu mengenai timbulnya kawah tersebut, seperti pendaratan alien ataupun ujicoba peluru nuklir. Akhirnya kini misteri tersebut dapat terpecahkan setelah peneliti menemukan gas metana yang terdapat didalam lubang raksasa tersebut. Para ahli mengatakan didalam tanah terdapat air yang membeku atau es, karena adanya masa gas metana yang terperangkat didalam es tersebut mengakibatkan ledakan yang akhirnya membentuk lubang raksasa
.
3. Petroglif Kara-Turug
peninggalan kuno petroglif kara-turug
image: http://mongolschinaandthesilkroad.blogspot.co.id/

Di perbatasan antara Rusia dan Mongolia ditemukan Petroglif Kara-Turug yang menakjubkan. Petroglif adalah gambar yang dibuat dengan mengukir di permukaan batu. Benda tersebut berisikan rahasia besar tentang Siberia kuno. Ada lebih dari 500 petroglif yang berumur antara 4000 tahun sampai berumur sekitar akhir abad pertama masehi.

Semua petroglif yang terdapat di gunung dus-dag, Tuva itu mencakup berbagai peradaban yang berbeda-beda. Karena setiap manusia yang tinggal disana membuat ukiran batu (petroglif) sebagai tanda kehadiran mereka dan menandakan bahwa mereka pernah tinggal di wilayah tersebut.

Kehidupan manusia disana tidak menetap, melainkan berpindah-pindah. Setiap manusia yang baru datang ketempat itu tidak merusak peninggalan sebelumnya. Hal itulah yang menyebabkan terdapat banyak sekali pertoglif dengan umur yang berbeda-beda. Berkat itu pula gambaran kehidupan peradaban yang berturut-turut dapat terlihat lewat petroglif tersebut.

4. Pecahan Pesawat UFO
penemuan aneh fragmen UFO
image: http://www.telegraph.co.uk/

Pada tahun 2012 salah satu penduduk desa Otradnesnky menemukan benda aneh ketika sedang berjalah di hutan. Dengan bentuknya yang lebih besar dari mobil dan terbuat dari logam, akhirnya penduduk memindahkan benda aneh tersebut dari hutan.

Karena inspektur setempat tidak dapat mengindentifikasi benda tersebut akhirnya mereka memutuskan untuk memanggil pihak yang berwenang di Moskow. Berita yang mulai tersebar tentang benda aneh itu memulai isu-isu mengenai tentang keberadaan UFO. Banyak yang mengatakan benda tersebut adalah "Fragmen UFO" atau pecahan dari pesawat UFO.

Karena isu yang simpang siur tersebut, Badan antariksa Rusia Roscosmos memeriksa bagian dari benda aneh itu. Mereka menyatakan bahwa itu bukan teknologi ruang angkasa atau radioaktif.

5. Keluarga Lykov
cerita sejarah keluarga lykov
image: https://www.smithsonianmag.com/

Sebuah penjelajahan udara pada tahun 1978 dilakukan untuk menyisir sebuah area perbatasan Mongolia yang konon katanya belum pernah ada orang yang menginjakkan kakinya disana. Namun ternyata penjelajahan tersebut membuahkan hasil yaitu dengan ditemukannya sebuah keluarga.

Diketahui bahwa mereka adalah Keluarga Lykov yang belum ditemukan selama lebih dari 40 tahun. Sebagian besar anggota keluarga tersebut ternyata belum pernah melihat manusia lain yang mengakibatkan keadaan yang menegangkan ketika para ahli geologi memasuki kabin atau tempat tinggal mereka. Tetapi setelah berhasil menenangkan mereka akhirnya kisah mereka dapat terpublis dan diketahui masyarakat luas.

6. Pulau Misterius dengan Reruntuhan Bangunan Kuno
reruntuhan bangunan por bajin
image: http://www.disclose.tv/

Sebuah pulau mistierius ditemukan di tengah danau wilayah Tuva, Siberia. Pulau tersebut merupakan salah satu teka-teki terbesar yang belum terpecahkan di Siberia. Pulau yang ditemukan pada tahun 1891 ini memiliki luas yaitu 3,5 hektar yang dikelilingi dengan dinding persegi panjang setinggi 10 meter atau 33 kaki.

Yang menjadi misteri pulau yang disebut Por Bajin itu adalah alasan pembangunannya. Karena Tuva merupakan wilayah yang jauh dari jalur perdagangan. Selain itu, struktur bangunan dan arsitektur dari reruntuhan bangunan pada pulau tersebut mencerminkan budaya tionghoa atau lebih tepatnya menyerupai arsitektur dari Dinasti Tang.

Baca Juga: 7 Ketakutan Pada Makanan Ini Adalah Jenis Fobia

Itulah beberapa penemuan kuno yang hanya dapat anda lihat di Siberia.

2 comments:

  1. itu lubangnya ditengh-tengahnya kayak ada genangan air ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, di kawah misterius itu ada genangan airnya

      Delete