5 Oleh-oleh yang Wajib Dibeli Ketika Berkunjung ke Kota Makassar

Share:
Musim liburan akhir tahun merupakan waktu liburan yang tepat untuk berkunjung ke luar kota. Selain tidak mengeluarkan banyak biaya, tempat-tempat di penjuru Indonesia juga tidak kalah eksotis dari wisata luar negeri. Tidak hanya menikmati wisata alam, mencicipi kuliner menjadi salah satu agenda penting dalam liburan akhir tahun.

Tempat yang cocok untuk berlibur adalah kota yang memiliki banyak oleh-olehnya. Bukan Pulau Jawa bukan pula Pulau Sumatera, tetapi kita akan bergeser sedikit ke Indonesia Timur.

Salah satu kota di Indonesia yang memiliki oleh-oleh enak adalah Kota Makassar. Tidak afdol rasanya apabila berkunjung ke Kota Makassar tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga, tetangga, dan sanak saudara. Maka dari itu, sisihkan sedikit waktu dan uang anda untuk membeli dan membagikannya ketika pulang nanti.

Sebenarnya ada banyak oleh-oleh yang bisa dibeli ketika berkunjung ke Makassar, namun beberapa makanan berikut ini akan mewakili nikmatnya makanan dari Makassar.

1. Kue Kurma
kue kering kurma
image: menuresepkue.com

Apakah anda sudah pernah mencicipi kue kurma? Ternyata makanan yang satu ini banyak dijual ketika di bulan puasa. Tetapi bukan tidak mungkin anda bisa menemukan nya dengan mudah ketika di bulan biasa seperti ini.

Kue ini tidak mengandung kurma sama sekali, tetapi diberi nama kue kurma karena bentuknya yang menyerupai kurma. Bahan yang digunakan untuk membuat kue kurma ini adalah tepung terigu, telur, mentega, dan maizena.

Kemudian kue kurma ini diber baluran saus karamel sehingga sekilas warnanya hampir mirip dengan kurma. Setelah diberi balutan karamel, taburkan potongan kacang diatasnya, dan akan terlihat bahwa kue kurma ini lebih manis bentuknya.

2. Otak-Otak Ikan
otak otak ikan makassar
image: dimasprakoso.com

Sangat mudah untuk menemukan otak-otak ikan ini di Makassar, karena makanan khas makassar ini banyak dijual sebagai oleh-oleh khas. Anda bisa membelinya di pedagang dengan harga yang cukup murah, jadi cobalah untuk mencarinya.

Anda sebaiknya membeli otak-otak dalam keadaan mentah saja jika memang ingin dibawa sebagai
oleh-oleh. Lalu ketika sampai, anda tidak boleh lupa untuk segera memanggangnya agar tidak rusak, dan rasanya tetap nikmat.

3. Kerupuk Jintan
kerupuk jintan
image: tempatnongkrongasik.com

Kerupuk jintan sendiri merupakan makanan ringan dengan rasa khas yang tidak kalah enak dengan makanan khas lainnya. Anda yang berkunjung ke Makassar rasanya tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh kerupuk jintan ini.

Rasanya seperti kue kering, tetapi makanan ini teksturnya sangat renyah dan seperti kerupuk pada umumnya. Ada tambahan jintan hitam di dalam adonan kerupuk ini, sehingga rasanya jauh lebih gurih dan sedap, dan sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan.

4. Baruasa
baruasa
image: cookpad.com

Makanan yang satu ini terlihat dari bentuknya seperti biskuit bayi, tetapi itu hanya penampilan nya saja. Karena sebenarnya kue ini adalah kue kering yang bisa dikonsumsi berbagai usia, karena Baruasa ini disajikan sebagai pilihan oleh-oleh yang rasanya enak.

Harganya juga sangat terjangkau, jadi sangat cocok untuk dibeli dalam jumlah banyak dan dibagikan dengan keluarga di rumah. Kue ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan telur yang bau nya sangatlah harum dan nikmat rasanya.

5. Abon Raos
abon raos
image: idetraveling.com

Abon pastinya sudah banyak dijual dimana-mana, tetapi tahukah anda bahwa ternyata abon sendiri merupakan oleh-oleh yang wajib anda beli dari Makassar. Karena rasa dari abon raos sendiri sangatlah unik, karena terbuat dari daging sapi asli.

Rasanya sangat nendang dan enak, bahkan abon ini bisa digunakan sebagai bahan campuran kue atau roti. Tetapi ada juga yang makan abon ini dengan nasi putih yang masih hangat, karena rasanya memang lezat dijadikan lauk.

Tidak ada salahnya untuk membawakan keluarga di rumah abon raos ini. Harganya sangat terjangkau dan anda bisa membelinya di toko camilan khas Makassar.

Itulah informasi tentang 5 oleh-oleh khas Makassar yang wajib dibeli ketika berkunjung kesana. Bagaimana, apakah anda ingin membeli makanan di atas? Yuk coba mampir ke Makassar dulu.

No comments