Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Ribet

Share:
Dewasa ini penggunaan internet semakin meluas pada setiap bidang kehidupan, kemudahan yang didapatkan dari pemanfaatan internet menjadi alasannya. Termasuk memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis yang sedang ditekuni. Dengan bantuan internet, entah itu usaha pakaian atau usaha kuliner bisa dilakukan di rumah sekalipun.

Melakukan bisnis online menjadi salah satu ketertarikan tersendiri, pasalnya kita dapat menawarkan barang maupun jasa kepada setiap orang di berbagai tempat hanya dengan berada didepan perangkat elektronik. Biaya promosi dapat ditekan dengan memanfaatkan media sosial, market place, ataupun website untuk menawarkan barang.

bisnis online

Beberapa penjual online bahkan tidak memiliki barang secara real, mereka mengandalkan sistem pinjam barang untuk promosi atau dropship. Keuntungan melakukan bisnis secara online dapat berlipat ganda. Banyak pula bisnis online yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal.

Jika anda tertarik dan ingin memulai bisnis online, silakan simak beberapa tips berikut.

1. Fokus Pada Satu Kategori
niche dagang

Jangan menjadi serakah, kira-kira itulah kata-kata yang tepat untuk memulai bisnis online. Melakukan usaha ini tidak bisa dilakukan dengan instan, diperlukan kepercayaan dari pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan layanan yang baik.

Tentu saja hal ini akan sulit dilakukan jika anda terlalu serakah mengambil berbagai jenis produk secara bersamaan. Fokuslah hanya pada satu produk, gali potensi pasar secara maksimal setelah itu tentukan produk yang cocok diperjual belikan pada salah satu pasar.

Misalnya calon pembeli adalah mereka yang usia antara 17-30 tahun, lakukan promosi hanya pada masyarakat dengan kriteria tersebut sehingga lebih efisien. Terus analisa perkembangan penjualan produk dan tingkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

2. Pilih Supplier Dengan Cermat
memilih supplier

Ada dua pilihan dalam online shopping untuk mendapatkan supplier, yaitu dengan sistem dropshipper atau sistem reseller.

Bisnis online dengan sistem dropshipper tidak membutuhkan banyak modal, pasalnya anda menawarkan produk dari supplier pada pelanggan, setelah itu produk akan dikirimkan oleh supplier pada pelanggan. Harga yang diberikan pada pelanggan sesuai dengan yang ditawarkan sehingga anda dapat menentukan sendiri berapa keuntungan pada setiap pembelian.

Sistem reseller pada bisnis online juga populer, dengan mengambil beberapa barang dari supplier dengan cara membelinya dengan harga yang murah. Kemudian tawarkan barang tersebut pada pelanggan. Keuntungan dari sistem ini adalah proses pengiriman dan ketersediaan barang lebih terjamin.

3. Jangan Pelit Informasi
contact person

Tips lainnya dalam bisnis online adalah memberikan kontak dengan jelas kepada pelanggan. Hal ini akan menghubungkan pelanggan dengan anda ketika mereka tertarik dengan produk anda.

Untuk itu, anda dapat memanfaatkan online chatting, instant messenger, media sosial, atau aplikasi khusus lainnya. Buat list building untuk mengategorikan pelanggan yang tertarik dengan produk sehingga memudahkan dalam menawarkan produk yang baru pada mereka.

4. Mulai Melakukan Promosi
promosi media sosial

Traffic adalah suatu hal yang paling penting dari melakukan bisnis online. Calon pelanggan adalah salah satu dari mereka yang melihat promosi atau iklan. Ada jenis pelanggan yang membeli bukan karena butuh, melainkan karena tertarik dengan promosi yang dilakukan.

Untuk itu, promosi adalah ujung tombak dari usaha online. Anda dapat melakukan promosi diberbagai tempat, seperti market place, media sosial bahkan pada website pribadi.

Sekarang anda telah siap untuk memulai bisnis online seperti yang sudah direncanakan. Ulet dan pantang menyerah merupakan salah satu syarat tidak tertulis untuk melakukan hal tersebut.

Berikan layanan terbaik untuk pembeli bahkan orang yang hanya ingin tahu mengenai produk tersebut. Dengan memberikan pelayanan yang baik bisa membuat mereka menjadi pelanggan tetap. Jika mereka sudah menjadi pelanggan tetap, maka usaha anda telah berhasil dan bisa lebih fokus untuk mengembangkannya.

No comments