Cara Membuat Akun Paypal Untuk Transaksi via Online yang Cepat dan Aman

Share:
Paypal merupakan rekening virtual yang dapat kita gunakan untuk transaksi via online. Dengan adanya akun paypal, jual-beli secara online dapat dilakukan dengan cepat dan aman. Kelebihannya dari bank-bank lokal adalah transaksinya yang dapat dilakukan dari berbagai macam negara. Maka dari itu, penting untuk memiliki akun paypal, guna penjualan dalam lingkup yang luas.

Manfaat Memiliki Akun Paypal

Menggunakan paypal akan sangat menguntungkan bagi penjual dan pembeli. Untuk anda para pelaku bisnis online, dalam pemasaran dan penjualan, pembeli akan memilih menggunakan paypal sebagai sarana pembayaran. Selain karena sangat aman, paypal sudah banyak digunakan masyarakat untuk membeli barang dalam jangkauan yang cukup jauh.

Banyak pula situs jual beli online (eCommerce) seperti eBay yang mengharuskan setiap membernya untuk memiliki akun paypal. Karena memang banyak situs eCommerce menjadikan paypal sebagai alat pembayaran utama mereka.

Transaksi Jual Beli Lebih Cepat dan Aman

Beberapa contoh transaksi menggunakan paypal adalah membeli barang via online, membeli ebook (buku elektronik), membeli lisense software, dan masih banyak lagi.

Bagi para penjual dan pembeli via online, keamanan uang akan sangat terjamin apabila terjadi penipuan. Ini dikarenakan, setiap pembayaran akan selalu tercatat pada akun paypal.

Apabila pembeli mendapat komplain bahwa uang yang dikirim belum diterima penjual. Maka catatan pembayaran akan digunakan sebagai bukti tersebut. Begitu juga sebaliknya apabila penjual mendapat komplain atas barang yang tidak sesuai kesepakatan, maka pembeli akan menerima pengembalian uang. Artinya kedua belah pihak, baik penjualan maupun pembel terjamin keamanannya.

Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Mendaftar

Karena beberapa penjelasan diataslah, saya merekomendasikan para pelaku bisnis online ataupun pembeli untuk menggunakan paypal sebagai alat pembayaran. Untuk mendaftar atau membuat akun paypal beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah umur anda minimal 18 tahun dan memiliki akun email yang aktif.

Jika anda belum memiliki email, lihat artikel saya yang sebelumnya. Anda bisa memilih membuat email di google mail (Gmail) atau membuat email di yahoo mail. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, tapi saran saya buatlah email dari kedua situs tersebut.

Setelah berhasil membuat akun email, silakan buatlah bank internet anda sendiri dengan mendaftar ke paypal.

Cara Membuat Akun Paypal

1. Buka situs paypal melalui link berikut https://www.paypal.com/, pilih tombol Daftar Sekarang untuk membuat akun baru.
daftar paypal

2. Karena anda ingin bertransaksi dan melakukan penjualan, pastinya anda sebagai penerima uang. Maka dari itu, pilihlah tombol Memulai pada kotak yang bertuliskan Menerima pembayaran menggunakan Paypal.
membuat akun paypal

3. Kemudian anda akan diminta untuk memasukan alamat email yang aktif. Setelah itu, akan muncul halaman baru yang berisikan form-form untuk mengisi data rekening anda. Masukan kata sandi, informasi usaha anda (nama anda dan nama usaha), nomor telpon, alamat, dan jenis mata uang. Apabila semua sudah terisi dan anda juga sudah memilih jenis mata uang, silakan cetak kolom kecil dan klik Setuju dan Lanjutkan.
transaksi online cepat dan aman

4. Selanjutnya akan masuk ke halaman yang berisi form tentang produk yang anda jual atau bisnis yang anda jalankan. Isi semua form tersebut dan klik Lanjutkan. Dan masukan nomor KTP anda, lalu Kirim.
memudahkan penjualan produk

5. Setelah itu, buka email anda untuk konfirmasi pendaftaran, klik tombol Ya ini adalah email saya, kemudian akan muncul halaman baru untuk masuk akun anda.
memulai bisnis online

7. Sampai disini anda telah berhasil membuat akun paypal. Untuk memulai bisnis, anda dapat melakukan konfigurasi sesuai kebutuhan anda.

8. Jika tidak, anda bisa melihat langsung rekapitulasi keuangan anda dengan menuju ke Ringkasan, letak tombolnya berada pada pojok kiri atas dekat logo paypal.
memulai bisnis online

Itulah tuttorial membuat akun paypal untuk alat pembayaran anda dalam berbisnis. Dalam penggunaannya, aturlah sesuai dengan kebutuhan anda demi mudahnya transaksi.

Mulai dari sekarang bersiaplan untuk berjualan, karena alat pembayaran dan penerimaan uang anda sudah siap untuk digunakan. Membuat akun paypal memang menjadi cara untuk memulai bisnis online. Langkah selanjutnya anda harus mulai mendaftarkan diri anda di situs jual beli online. Beberapa situs yang saya sarankan untuk anda jadikan tempat berpromosi adalah forum jual beli. Selain itu daftarkan pula diri anda ke OLX, Tokopedia, dan Bukalapak untuk meningkatkan penjualan anda dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Untuk tutorialnya (mendaftar di forum dan situs jual beli online) akan saya lanjutkan pada artikel selanjutkan.

Catatan : Artikel ini adalah murni buatan admin gangkutu, watermark pada gambar karena sebelumnya admin ingin menerbitkannya di blog lain. Terima Kasih.

4 comments:

  1. Mantapp nih memang penting memiliki akun paypal di era yang seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, terlebih orang yang mau menjalankan bisnis online

      Delete
  2. Terimakasih gan,sekarang ane jadi lebih paham tentang transaksi dari paypal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, senang artikel ini dapat membantu

      Delete