7 Makanan Tradisional yang Paling Enak Asal Pulau Jawa

Share:
Jawa merupakan pulau yang memiliki makanan khas dengan rasa yang umumnya manis. Walaupun demikian, tidak jarang pula makanan pedas, asin, dan asam juga menghiasi ragam kuliner khas pulau terluas ke-13 di dunia itu.

Bagi anda yang sedang berada di Jawa, sudah seharusnya tidak melewatkan makanan khas tradisionalnya dari daerah masing-masing. Karena selain cocok di lidah, rasanya yang nikmat membuat ketagihan ketika memakannya.

Namun bagi anda yang berada di luar Pulau Jawa mungkin bingung kuliner apa yang wajib di coba, apabila berkunjung ke pulau tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencicipi rekomendasi kuliner tradisional yang paling popular khas Jawa berikut ini.

1. Rujak Cingur
rujak cingur
image: pegipegi.com

Makanan khas Jawa yang pertama paling popular adalah Rujak Cingur, anda wajib mencoba makanan yang satu ini. Rujak cingur sendiri terbuat dari potongan buah yang diberi cingur (mulut sapi), sayur-sayuran, tahu, bumbu rujak cingur yang terdiri dari sabe, petis, gula merah, bawang putih dan lainnya.

2. Lontong Balap
lontong balap
image: theboxsceneproject.org

Dilihat dari namanya saja sudah unik, Lontong Balap. Sebenarnya kenapa sih diberi nama lontong balap? Ternyata dulunya pedagang yang menjual makanan ini jalannya lebih kencang dari pada umumnya, karena itulah diberi nama lontong balap.

Lontong balap sendiri terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, kecap, lenthok, bawang goreng dan siraman kuah khasnya. Rasanya asin, manis dan gurih bercampur jadi satu sehingga membuat makanan yang satu ini nikmat dimakan saat hangat.

3. Tahu Tek
tahu tek
image: travelingyuk.com

Mungkin ada yang masih belum pernah mendengar makanan khas yang bernama tahu tek, makanan ini memang cukup jarang ditemukan. Tetapi ketika anda di Surabaya, tahu tek akan lebih banyak ditemukan dari pada makanan lain yang ada di Jawa timur.

Tahu tek sendiri biasanya terdiri dari tahu goreng, lontong, tauge, kerupuk, timun, telur, kentang goreng dan bumbu tahu tek. Bumbunya sendiri hampir mirip dengan rujak, yaitu terdiri dari bawang putih, petis, kecap, kacang goreng dan cabai yang membuat rasanya nikmat.

4. Nasi Pecel
nasi pecel
image: ngalam.co

Tidak lengkap rasanya jika anda belum mencoba nasi pecel ketika sedang berada di Jawa, karena nasi pecel sendiri rasanya unik. Bumbu kacangnya dibalut dengan nasi dan sayuran dengan tambahan peyek yang akan membuat rasanya begitu kaya.

5. Lumpia Semarang
lumpia
image: craftlog.com

Lumpia merupakan gorengan yang rasanya begitu nikmat, apalagi di dalam nya ada daging ayam, telur, sayuran, udang dan lainnya. Anda bisa memakan lumpia ini dengan cabe hijau segar, membuat rasanya gurih bercampur dengan rasa pedas.

Lumpia sangat nikmat ketika dimakan saat masih hangat, apalagi jika dicocol dengan saus sambal ataupun saus tomat.

6. Tahu Petis
tahu petis
image: wanitaindonesia.co.id

Ketika anda ke Jawa, pastikan anda sudah menikmati yang namanya tahu petis. Karena saus petis yang terdiri dari kuah rebusan udang dan ikan dimasak hingga kental menciptakan petis yang enak sekali rasanya.

Tahu petis ini memang enak, apalagi ada rasa manis, asin dan gurih yang bercampur jadi satu. Tahunya sendiri memang digoreng dan asin nya pas sehingga di lidah akan membuat anda ingin mencobanya lagi.

7. Nasi Gandul
nasi gundul
image: frontoneinnsemarang.com

Nasi gandul merupakan makanan khas pati Jawa Tengah yang popular di kalangan masyarakat Indonesia. Nasi gandul ini terdiri dari nasi putih, telur, daging sapi dan kuah santan yang diberi bumbu kuning sehingga membuat rasanya begitu menarik.

Nasi gandul ini akan semakin nikmat ketika dinikmati dengan kerupuk yang renyah, jadi jangan lupa untuk mencoba makanan khas Indonesia ini. Nasi gandul akan membuat anda ingin makan dan makan lagi dan mungkin akan membuat ketagihan.

Itulah makanan-makanan tradisional khas Pulau Jawa yang akan membuat liburan semakin terasa sempurna, karena berhasil mencicipi nikmatnya kuliner manis Indonesia.

No comments