5 Tips Memilih Produk untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Share:
Bisnis online menjadi populer belakangan ini, pasalnya dengan modal yang kecil anda dapat memperoleh keuntungan yang besar.

Setiap lapisan masyarakat kini telah memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Saat ini bisnis online sudah banyak di lirik dan telah banyak menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian orang. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk  melakukan promosi.

Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Namun beberapa orang masih enggan berjualan online karena mereka mengalami kebingungan dalam memilih produk sehingga takut merugi. Agar bisnis online yang anda lakukan menguntungkan, anda perlu memperhatikan tips memilih produk berikut ini.

1. Tidak Ada di Pasar Offline
pasar online

Dalam bisnis online, keunikan produk juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Tidak semua produk online dijual secara offline, misalkan sesuatu yang unik seperti pakaian, aksesoris, maupun gadget yang langka. Hal tersebut tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi toko online anda karena memang mereka tidak mempunyai pilihan lain selain membeli secara online.

2. Sesuaikan dengan Pergaulan dan Minat Anda di Dunia Maya
belanja online

Menjual produk anda kepada rekan pastinya akan lebih mudah daripada menjual kepada orang lain yang belum mengenal anda. Untuk itu, anda dapat memilih produk sesuai passion dan pergaulan anda. Selain proses promosi yang lebih efisien, anda tentunya akan lebih mengerti produk secara detail. Pelanggan anda pun juga tidak akan berfikir dua kali untuk bertanya tentang produk yang anda jual. Dalam melakukan bisnis online, anda dapat memanfaatkan komunitas anda dengan cara menyediakan barang-barang kebutuhan mereka.

3. Produk dengan Turn Over Rendah
memilih produk bisnis

Ada kalanya penjualan anda mengalami traffic yang rendah, stok barang anda banyak yang belum terjual. Padahal seperti yang kita tahu, beberapa produk makanan bahkan produk kecantikan memiliki masa penggunaannya sendiri. Untuk itu anda harus mempertimbangkan hal tersebut dalam memilih produk. Jangan ragu memberikan diskon untuk produk-produk yang sudah mendekati habisnya masa berlaku. Jangan sampai bisnis online anda harusnya mendatangkan keuntungan, tapi buntung karena anda keras kepala.

4. Produk dengan Banyak Aksesoris
aksesoris dagang

Banyak perusahaan barat yang memainkan aksesoris sebagai fasilitas penjualan produk dalam menjalankan bisnis online. Misalnya anda menjual hand phone dengan harga lebih tinggi dengan fasilitas temper glass dan silikon pelindung. Beberapa pelanggan menyukai hal ini karena mereka tidak perlu susah payah dalam mencari aksesoris untuk menambah fungsi barang tersebut. Anda tentunya juga dapat memainkan harga aksesoris yang dijual sendiri, sehingga pelanggan akan tertarik. Buy one get one accessories free, mungkin itu salah satu yang membuat toko anda laris.

5. Berbobot Ringan
bisnis online menguntungkan

Salah satu permasalahan bisnis online adalah biaya pengiriman. Anda harus mempertimbangkan harga jual produk dengan biaya kirimnya. Pastinya pelanggan akan lebih tertarik jika total biaya pada toko online anda lebih kecil daripada biaya total mereka jika membeli secara online. Coba jual produk ringan, sehingga konsumen akan memaksimalkan satu kilo pengiriman dengan membeli banyak barang sekaligus.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda dalam memilih produk yang tepat untuk menjadikan bisnis online anda menguntungkan. Jika anda ingin berbisnis dengan cara yang menyenangkan maka anda bisa memulainya dengan menjual hal yang anda senangi. Selain lebih menyenangkan tentu anda bisa selalu update mengenai hal tersebut sehingga bisnis online anda tidak ketinggalan dari yang lain. Anda juga harus menetapkan strategi pemasaran yang baik sehingga usaha anda dapat berkembang.

No comments