5 Sumber Ide Menulis Konten Blog yang Bisa Anda Temukan di Dalam Diri Sendiri

Share:
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan para penulis lepas dan blogger adalah terlalu cepat bosan dan kurangnya memahami topik penulisan.

Munculnya rasa bosan terhadap aktivitas blogging bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari kesibukan sehari-hari seperti mencari uang, berhubungan dengan manusia lain, sampai menemukan hal baru yang lebih menyenangkan.

Ketidakpahaman penulis terhadap topik konten yang dipilih juga menjadi penghambat dalam proses pembuatan konten.

Kedua hal tersebut, bosan dan salah pilih niche menyebabkan hilang nya motivasi dalam menulis sehingga akan berdampak pada sulitnya menemukan ide menulis.

Ide menulis konten menjadi penting bagi para blogger terhadap cepat lambat nya perkembangan sebuah blog.

Apabila ide terus muncul, penulis tidak perlu takut akan kehabisan bahan dalam pembuatan konten berkualitas. Blog akan berkembang pesat dengan ribuan pengunjung interaktif yang rajin berkomentar.

Sebaliknya, kehabisan ide menulis menyebabkan blog akan terbengkalai dan sepi pengunjung.

Mendapatkan ide menulis bisa dibilang mudah. Karena ide menulis bisa ditemukan dari mana saja.

Walaupun demikian, masih banyak pula yang mengalami kesulitan dalam mencari ide menulis.

Padahal, banyak cara yang bisa dilakukan blogger dan penulis lepas untuk menemukan inspirasi menulis. Mulai dari menonton televisi, blogwalking, trending topik, baca buku, baca komentar, dan masih banyak lagi.

Namun konten berkualitas sebenarnya tidak akan datang dari itu semua, melainkan dari anda penulis nya.

Diri anda tau apa yang banyak orang butuhkan.

Diri anda tau apa yang patut dibagikan.

Maka dari itu, tidak perlu susah payah mencari ide tersebut kemana-mana, mulailah dapatkan ide menulis dari dalam diri anda.

Mulailah gali dan temukan ide menarik dalam diri anda. Buka peluang tercipta nya sebuah karya berkualitas, sebuah tulisan berkualitas, sebuah konten berbobot, dan sebuah artikel bermanfaat bagi masyarakat luas.

Bingung? Tidak perlu bingung.

Dari sinilah ide-ide menulis ditemukan.

1. Ide menulis berasal dari Pengalaman
Ide menulis berasal dari Pengalaman

Saat anda mengatakan anda adalah seorang penulis, jangan ragu untuk bilang anda adalah seorang pebisnis.

Karena seorang penulis berada di “bisnis pengalaman”.

Dalam sebuah tulisan, pengalaman adalah yang paling mahal. Ibarat sebuah makanan, pengalaman adalah bumbu nya. Menentukan berkualitas atau tidak  tulisan tersebut.

Banyak orang mengatakan pengalaman adalah guru terbaik untuk diri sendiri. Alangkah baiknya pengalaman anda juga bisa menjadi guru untuk orang lain.

Contohnya:

Pekerjaan anda adalah tukang ledeng, anda berpengalaman atas pemasangan pipa wastafel. Maka buatlah sebuah judul dari ide menulis tersebut.

“Cara memasang pipa wastafel tanpa harus memanggil tukang ledeng”.

Tentu pembaca dan pengunjung akan memilih konten buatan anda daripada konten orang lain. Alasannya tentu, lebih menarik dan terpercaya.

Jadi, jangan ragu untuk membagikan pengalaman anda pada orang lain dan jadikan pengalaman anda sebagai ide menulis konten berkualitas.

2. Ide menulis berasal dari Isi Hati
Ide menulis berasal dari Isi Hati

Berbicara tentang isi hati, berbicara tentang keresahaan.

Keresahan ditimbulkan akibat beberapa hal yang menganggu.

Terganggu ketika anda melihat, mencium, mendengar, dan merasakan, apapun bisa anda jadikan untuk bahan dalam menuls.

Misalnya anda resah tentang marak nya narkoba pada anak. Ide yang akan muncul bisa berupa banyak hal.

Contohnya:

“Cara menjauhkan anak dari narkoba”.

“Cara memperingati anak tentang bahaya narkoba”.

Dari contoh judul diatas, pasti semua sepakat dengan anda bahwa para orang tua takut anak nya mengenal narkoba.

Jadi, buatlah diri anda menjadi lebih kritis terhadap lingkungan dengan keresahan yang anda miliki. Dengan begitu, anda akan mendapatkan banyak ide untuk dijadikan tulisan yang memberikan manfaat dan solusi terhadap masalah anda sendiri dan orang lain.

3. Ide menulis berasal dari Emosi
Ide menulis berasal dari Emosi

Mengapa saya mengatakan emosi adalah sumber ide menulis. Alasan pertama karena orang membaca untuk merasakan dan kedua untuk belajar.

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktanya setiap orang membaca untuk pergi dan membawa manfaat. Tetapi ada yang lebih penting dari itu, yaitu perasaan. Bahagia, marah, cinta, ingatan, frustasi, sedih, dan rasa lainnya yang ada dalam diri.

Contohnya anda memiliki pasangan, entah itu suami, istri, atau pacar. Lalu apa yang anda rasakan, misalnya bahagia. Maka ide yang muncul akan seperti ini:

“Cara sederhana membahagiakan pasangan”.

Ide tersebut mengembangkan sebuah konten yang bermanfaat. Apa yang pembaca dapatkan apabila melihat contoh judul tersebut.

Ya betul. Kebahagian bersama pasangan.

Jadi, bagaimanapun keadaan emosi anda sekarang, bisa anda jadikan sebuah ide penulisan. Jangan ragu untuk mengutarakan emosi pada sebuah tulisan. Karena tulisan berperasaan akan sangat mudah dirasakan.

4. Hobi sebagai sumber ide menulis
Ide menulis berasal dari Hobi

Hobi adalah sumber terbaik dalam menulis konten. Semua hal yang anda sukai akan sangat berkualitas ketika anda membagikannya, termasuk sebuah artikel.

Ketika seseorang menyukai sesuatu, pasti dia akan mendalami, memahami, dan mengerjakannya.
Banyak blogger menjadikan sebuah hobi sebagai bahan dalam pembuatan konten.

Alasannya tentu, artikel tidak akan sulit dibuat karena dia memahaminya dan tidak akan ada rasa bosan dalam menulis karena dia menyukainya.

Maka dari itu, ciptakanlah sebuah ide-ide cemerlang dari hobi yang anda miliki sekarang.

5. Imajinasi bukan sumber terbaik mencari ide menulis untuk blogger dan penulis lepas.
Ide menulis berasal dari Imajinasi

Imajinasi berarti mengembangkan sebuah ide menjadi lebih luas. Hal yang bersifat sederhana mampu dijadikan lebih bernilai dengan imajinasi.

Namun para blogger dituntut untuk memberikan sebuah konten yang masuk akal bukan dengan persepsi-persepsi.

Oleh karena itu, imajinasi kurang diperuntukan untuk para blogger dan penulis lepas. Imajinasi lebih dianjurkan untuk para pembuat cerpen dan penulis skenario.

Walaupun demikian, tidak menutup kemungkin bagi anda untuk menemukan ide dengan cara berimajinasi.

Mengapa demikian? Karena wilayah imajinasi berada pada dunia ide, bukan pada fakta objektif.

Jadi tidak salah rasanya untuk mencari ide penulisan dari imajinasi, dengan catatan imajinasi harus ditempatkan dibawah kendali daya rasional.

Kesimpulan

Pengalaman, isi hati, emosi, hobi, dan imajinasi adalah bagian dari dalam diri anda yang sudah sewajarnya anda kembangkan. Menjadikannya tidak hanya sebagai guru, keresahan, perasaan, kegiatan, dan persepsi, melainkan sebuah hal yang lebih dari itu. Sebuah konten bermakna yang muncul dari ide-ide mengesankan. Ide yang bersumber dari dalam diri anda.

No comments