3 Software Encode Film dengan Keunggulannya Masing-Masing

Share:
Seperti judul diatas, dalam artikel ini ane akan merekomendasikan 3 software untuk mengencode film atau lebih jelasnya yaitu software untuk kompres film. Tapi sebelum itu ane akan menjelaskan sedikit tentang apa itu encode film.

Penjelasan tentang Encode

Encode adalah suatu proses mengubah sekumpulan data dalam bentuk normal kedalam bentuk tertentu dan dapat digunakan dalam semua jenis data seperti teks, gambar, audio, video atau multimedia.

Jadi, Encode Film adalah mengubah film yang ukurannya besar menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas film tersebut. Tapi kalo dibilang tanpa mengurangi kualitas film sih Kayaknya gk mungkin, yang diperkecil disini adalah resolusi gambar dan framenya. Jadi paling tidak kualitas gambarnya berubah sedikit.

Dari penjelasan tersebut setidaknya kita tau sedikit tentang encode film. Oke, langsung aja inilah 3 software untuk mengencode film.

MeGUI

Blog yang membahas tentang dunia blogging, tips, news, softtware serta artikel menarik

MeGUI adalah software yang ane gunakan sekarang untuk encode film, memang awalnya ane gk bisa gunainnya karena untuk mendapatkan settingan yang pas sangat sulit. Tapi setlah ane belajar sedikit-sedikit akhirnya ane bisa. Dan ane malah  ketaginan makenya. Dan beberapa film yang ane koleksi adalah hasil encode film yang ane download dari ganool, YTS, dll. Inilah keunggulan dan kekurangannya dari software MeGUI.

Keunggulan(+)
  • Hasil film yang di encode lebih bagus dari software lainnya(asal kita tau settingan yang tepat),
  • Lengkap banget, banyak tambahan software-software lain yang mendukung(salah satunya mkv toolnix),
  • Support 10 bit encoding( bisa encode film-film yang memiliki file besar hingga 10-20 Giga tanpa crash),
  • Memiliki setting otomatis( bisa langsung encode tanpa setting ini itu),
  • Software ini banyak di gunakan encoder-encoder besar.
Kekurangan(-)
  • Terlalu banyak new tab,
  • Terlalu ribet, harus setting ini itu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan,
  • Waktu encode sedikit lebih lama jika dijalankan dengan aplikasi lain,
  • Saat melakukan proses encode, kinerja laptop atau PC sedikit terganngu(biasanya ane kalo lagi encode, membiarkannya sampai selesai, karena jika kita menjalankan aplikasi lain, proses encode akan semakin lama).
Jika kalian tertarik silakan Download MeGUI
https://sourceforge.net/projects/megui/
http://filehippo.com/download_megui/

Handbrake


Blog yang membahas tentang dunia blogging, tips, news, softtware serta artikel menarik


Sebelum menggunakan MeGUI, ane sempat menggunakan Handbrake. Untuk encoder-encoder pemula Handbrake adalah pilihan yang tepat untuk belajar mengencode film, karena settingannya yang mudah. Tapi jika kita tau beberapa settingan yang pas, hasilnya akan lebih bangus dari MeGUI dan sizenya-pun bisa sangat hemat. Inilah keunggulan dan kekurangan dari Handbrake.

Keunggulan(+)
  • Tidak perlu software tambahan,
  • Cocok untuk encode film dari Ganool(karena hanya memperkecil resolusi dan framenya),
  • Mudah dalam pengerjaannya,
  • Waktu mengencode lebih cepat.
Kekurangan(-)
  • Hasil encode filmnya kadang error,
  • Kurang bagus untuk encode anime.
Jika kalian tertarik silakan download Handbrake

Cyko

Blog yang membahas tentang dunia blogging, tips, news, softtware serta artikel menarik

Kalo untuk software yang satu ini sih, ane belum pernah coba. Tapi kalo ane lihat reviewnya, software yang satu ini cukup bagus dan banyak juga yang merekomendasikan software ini. Inilah keunggulan dan kekurangan Cyco.

Keunggulan(+)
  • Paling mudah untuk encoder-encoder pemula,
  • Jarang megalami error,
  • Hasil encode mampu bersaing dengan hasil encode dari MeGUI,
  • Merupakan software portable jadi tidak perlu diinstal,
  • Tidak mengganggu kinerja komputer,
  • Bagus untuk encode anime.
Kekurangan(-)
  • Kurang bebas berkreasi karena settingannya sedikit,
  • Sound bitrate terlalu kecil hanya sampai 99(normal untuk film biasanya 128 atau lebih).
Jika agan terarik silakan download Cyko

Mungkin itu saja pembahasan ane untuk artikel 3 Software Encode Film dengan Keunggulannya masing-masing. Untuk tutorialnya ane belum bisa buat, karena ane juga masih belajar untuk mendapatkan hasil encode yang bagus. Saran ane sih belajar di forum-forum seperti di IDFL, IDWS, atau kalo perlu di forum-forum luar. 

Ane minta maaf jika reviewnya kurang bagus dan bahasanya kurang dimengerti, intinya sih ane mau berbagi pengalaman tentang mengencode film.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat sedikit memberikan masukkan dan pembelajaran tentang mengencode film.

22 comments:

  1. wah ini artikel yang saya sedang cari, akhirnya nemu disini, thx. Tapi menurut kaka admin dr 3 app di atas rekomen mana?

    ReplyDelete
  2. buat android apa ya ,jarng pke pc

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. sama-sama gan, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  4. kalo menurut ane megui bagusan..

    ReplyDelete
  5. Wah bisa dicoba nih gan aplikasi :-D btw ini aplikasi ada virusnya kagak gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gk ada gan, soalnya dari awal anw pake aplikasi ini laptop ane aman-aman aja

      Delete
  6. mantap,tapi jarang pakai windows jadi nggak bisa nyoba.
    thanks infonya gan

    ReplyDelete
  7. pasti semua software ini butuh pembelajaran khusus untuk bisa menguasainya

    ReplyDelete
  8. ane cobain dulu gan satu satu software nya

    ReplyDelete
  9. ga ada min speknya min ?
    takut ngelag di pc ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg pasti semakin bagus laptop atau pc yang agan gunakan proses encode film semakin cepat, sebaliknya jika pc atau laptop yang agan gunakan kurang bagus proses encode akan semakin lama. Itu yang ane tau, semoga membantu ya gan

      Delete
  10. Replies
    1. blum pernah nyoba gan, ane juga udh lama gk encode film jadi kurang tau perkembangannya sekarang

      Delete
  11. agan kan bilang di atas lo cyko "Bagus untuk encode anime." jadi meGUI kurang bagus encoding anime?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ngebandingin softwarenya gan, tapi yang di encode. Jelasnya gini, megui bagus untuk encode film dan anime, cyko daripada encode film mending encode anime. Pahamkan. Tapi sekali lagi ya tergantung kesukaannya gan, entah itu megui, cyko, ataupun handbrake

      Delete