4 Adab yang Tidak Boleh Disepelekan

Share:
Adab menurut arti bahasa adalah kesopanan, tingkah laku yang pantas, tingkah laku yang baik, kehalusan budi dan tata susila. Dalam islam adab merupakan sesuatu yang terpuji berupa ucapan dan perbuatan atau yang terkenal dengan sebutan Al-Akhlaq Al-Karimah. Dalam Islam, masalah adab dan akhlak mendapat perhatian serius yang tidak didapatkan pada tatanan manapun.

Banyak sekali adab-adab dalam islam yang harus kita pelajari. Yang mana adab-adab tersebut akan membantu kita dalam banyak hal. Namun kini, adab-adab tersebut mulai dilupakan dan ditinggalkan bahkan disepelekan. Berikut adalah 4 Adab yang Tidak Boleh Disepelekan

Adab Makan dan Minum

Dalam hadits riwayat Muslim disebutkan, bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: "Jangan kalian minum sambil berdiri, apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan," lantas seorang sahabat yang bernama Qotadah bertanya, "Bagaimana dengan makan?". Beliau menjawab, "Itu lebih buruk lagi". (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Mungkin kita berpikir, makan dan minum sambil berdiri menyalahi aturan agama dan etika. Tapi lebih buruk dari itu, makan dan minum sambil berdiri dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Menurut dr. Andri Setiawan Secara, tubuh kita memiliki jaringan penyaring yang dapat membuka dan menutup, maka kebiasaan makan dan minum sambil berdiri sangatlah riskan dan bisa berakibat fatal untuk kesehatan ginjal. Dan ternyata, jika kebiasaan buruk ini sering terjadi dapat mengakibatkan pelakunya pingsan atau mati mendadak.

Baca Juga: Gentong Sebagai Kesadaran Manusia Bahwa Dirinya Tak Sendiri

Adab Istinja dan Buang Hajat

Istinja’ adalah menghilangkan sesuatu yang keluar dari dubur dan qubul dengan menggunakan air yang suci lagi mensucikan atau batu yang suci dan benda-benda lain yang menempati kedudukan air dan batu. Dalam melakukan istinja kita tidak diperbolehkan berdiri. Karena jika kita melakukannya dengan cara berdiri, maka cipratan air kencing akan terkena pada pada kaki kita. Dan didalam hadist mengatakan hati-hati dengan cipratan air kencing, terutama jika kencing berdiri. Banyak orang yang disiksa di dalam kubur, karena tidak hati-hati ketika istinja dan tidak sempurna ketika berwudhu.( HR Bukhari, Muslim, Ibnu Majah).

Adab Tidur

Rasulullah selalu menganjurkan untuk tidak tidur terlalu malam setelah sholat isya kecuali dalam keadaan darurat seperti untuk mengulang (muroja’ah) ilmu atau adanya tamu atau menemani keluarga. Karena jika kita tidur terlalu malam akan menyebabkan konsentrasi berkurang, dan dapat mengganggu kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan gangguan kesehatan lainnya. Parahnya lagi, kekurangan tidur atau tidur terlalu malam akan menyebabkan kematian. Menurut peneliti Inggris, Whitehall, mereka yang tidur kurang dari 5 –  7 jam sehari, akan mengalami risiko kematian yang meningkat akibat berbagai faktor, dan mengalami risiko kematian dua kali lebih besar akibat penyakit kardiovaskuler.

Adab Berpakain

Didalam ajaran Isalam, berpakaian tidak hanya sekedar kain penutup badan, tidak hanya sekedar mode atau trend yang mengikuti perkembangan zaman. Islam mengajarkan tata cara atau adab berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama, baik secara moral, indah dipandang dan nyaman digunakan. Tidak terlalu ketat dan transparan adalah salah satu adab berapakain. Namun, hal itu sudah tidak dipedulikan lagi. Banyak orang yang memperlihatkan lekukan tubuhnya. Bukan tanpa alasan, pakaian ketat dilarang. Selain dari segi kesopanan, pakaian ketat juga mengakibatkan gangguan pada kesehatan seperti ancaman jamur, paresthesia (kesemutan, rasa panas seperti terbakar, dan sejenisnya), kemandulan, bahkan kanker.

Baca Juga: 10 Jepretan Terbaik Raymond Barlow di Taman Nasional Ranthambore India

Itulah 4 Adab yang Tidak Boleh Disepelekan. Tapi sebaiknya semua adab-adab dalam islam kita pelajari dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena banyak sekali manfaat dari adab-adab tersebut.

1 comment:

  1. perilaku itu paling penting .
    jadi kita harus bisa menjaga adab kita
    supaya menjadi manusia yang adil dan beradab .
    eeeaak jiwa pancasila gitu





    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete