Pokemon Go, Versi Modern dari Tamagotchi yang Meledak di Tahun 90-an

Share:
Demam Pokemon Go sudah tidak terbendung lagi perkembangannya di Indonesia. Bukan hanya gamers yang memainkannya, tetapi game ini juga sudah merambah hingga ke berbagai kalangan. Tua, muda, pria, wanita semua menyukai permainan ini. Bahkan, para PNS pun ikut memainkannya. Sampai-sampai Ibu Rismaharini melarang para PNS tersebut memainkan Pokemon Go.

Sebenarnya pokemon sendiri bukanlah game yang baru, game ini sudah terbilang cukup lama. Namun yang membedakan dari game pokemon lain adalah kita dituntut menjadi penggerak game tersebut. Dengan menggunakan GPS para pemain Pokemon Go akan mencari pokemon ke berbagai tempat. Bahkan ketempat yang tak wajar sekalipun. Itu dilakukan hanya untuk mendapatkan pokemon yang mereka inginkan.

Jika kita mengingat kembali ke era 90-an. Mungkin kita akan menyamakan Pokemon Go dengan Tamagotchi. Yang kala itu Tamagotchi sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia, sama seperti Pokemon Go yang sangat popular di tahun ini. Kedua game ini memang tidak berbeda jauh, bahkan terbilang sama. Mengapa demikian? Mari kita bahas ulasannya. Tapi sebelum itu, mari kita ingat kembali Tamagotchi. Game yang pernah sukses di era 90-an sebagai game konsol terbaik.

Tamagochi, Game yang Meledak di Tahun 90-an

Blog yang membahas tentang dunia blogging, tips, news, softtware serta artikel menarik

Tamagochi diluncurkan oleh perusahan permainan Jepang, Bandai, pada tanggal 23 November tahun 1996 di Jepang. Tamagotchi masuk ke Indonesia sekitar tahun 1997. Pada kala itu siapa yang tidak tau Tamagotchi, permainan berbasis game konsol ini menjadi sangat popular dikalangan anak-anak.

Dengan fitur gamenya yang sederhana dan ukurannya yang kecil, membuat game ini menjadi idaman anak-anak dikala itu. Permainannya pun sangat mudah, kita akan memilih hewan yang ingin kita pelihara seperti ayam, sapi, burung, atau hewan lainnya.

Kemudian kita akan mendapatkan telur, telur tersebut akan menetas dan kita dituntut untuk merawatnya hingga dewasa. Memberi makan, membersihkan kotoran, mengajaknya main serta menjaganya untuk tetap hidup adalah keutamaan dalam game ini. Dan yang menarik adalah pada game ini tidak memiliki pause, jadi kita harus melihatnya terus agar hewan tersebut tidak mati.

Demam Pokemon Go di Indonesia


Blog yang membahas tentang dunia blogging, tips, news, softtware serta artikel menarik

Jika kita melihat situs-situs berita, TV, ataupun media cetak pasti kita akan menemukan banyak berita dari game ini. Dari cara bermain, cara mendownload, cara mendapatkan pokemon semua berita tersebut sangat mudah kita dapatkan. Bahkan berita orang meninggal karena game ini sudah pernah kita dengar. Di Indonesia saja sudah terdapat beberapa korban, namun tidak sampai meninggal. Mungkin yang paling parah adalah jatuh dari motor saat bermain Pokemon Go. Memang semua berita yang menyangkut Pokemon Go pasti akan meledak entah itu positf ataupun negatif. Bagaimana tidak, sejak 6 Juli lalu, Pokemon Go sudah mencapai 10 juta pengguna. Tentu sesuatu yang sangat fantastis untuk sebuah produk yang baru diluncurkan. Di Indonesia sendiri game ini sudah memiliki banyak penggemar, walaupun belum resmi dirilis.

Baca Juga: 6 Pokemon ini adalah Legenda di Dunia Nyata

Lalu apa yang menyamakan Pokemon Go dengan Tamagotchi


Blog yang membahas tentang dunia blogging, tips, news, softtware serta artikel menarik

Game Pokemon Go membuat anak 90-an bernostalgia akan serunya Tamagotchi dikala itu. Mungkin dari segi teknologi memang sangat jauh, tapi dari segi permainan kedua game ini memilki sensasi yang sama. Dan cara bermainnya pun terbilang sama. Jika Tamagotchi kita menetaskan telur, kemudian kita merawatnya hingga dewasa. Pada Pokemon Go juga kita akan mendapatkan telur yang akan menetas jika kita telah berjalan sesuai jarak yang ditentukan.

Tamagotchi pertama kali diluncurkan di Jepang . Dan Pokemon Go juga pertama kali melakukan masa percobaan di Jepang.

Bagaimana menurut kalian. Apakah Pokemon Go membuat kalian bernostalgia akan serunya Tamagotchi ditanuh 90-an?

Dan apa menurut kalian Pokemon Go, Versi Modern dari Tamagotchi yang Meledak di Tahun 90-an.

Baca Juga: 4 Adab yang Tidak Boleh Disepelekan

2 comments: