5 Hal yang Dapat Mengatasi Rasa Rendah Diri

Share:
Penyebab rasa rendah diri sangatlah beragam. Umumnya rasa rendah diri terjadi ketika usia belia yang kurang menyenangkan. Pengalaman buruk yang diperoleh dalam pergaulan dengan teman sebaya adalah hal yang mungkin terjadi. Namun tidak menutup kemungkinan rasa rendah diri itu muncul karena kelalainan orang tua terhadap anaknya.

Umumnya anak-anak cenderung sensitif dengan perkataan yang ia dengar. Dan biasanya itu menyangkut masalah fisik. Misalnya terlalu pendek, terlalu gemuk, atau hal lainnya yang menyangkut perasaan batinnya terganggu.

Penyakit batin lebih sulit disembuhkan daripada penyakit fisik. Dan rasa rendah diri adalah salah satunya. Setiap orang dapat mengalami rasa rendah diri. Dan jika seseorang telah merasa rendah diri. Orang tersebut akan menarik diri dari lingkugan sekitar.

Mereka akan tetap berada di zona nyamannya dan sulit untuk mengembangkan diri lantaran rasa rendah diri tersebut. Perasaan tersebut lambat laun dapat membunuhnya, memang bukan secara fisik tapi karakter pribadinya akan hancur.

Biasaya orang yang mengalami rasa rendah diri, karena ia terlalu mendegarkan kata orang lain dan tidak percaya pada dirinya. Ia akan selalu merasa terpojok dan terasingkan. Dan orang yang rendah diri sulit akan pergaulan serta tak dapat membaur dengan orang lain.

Dan yang paling parah adalah semua potensi yang ada pada diriya akan tertutup dan tak akan berkembang sampai ia bisa mengatasi masalahnya tersebut.

Jika Anda sudah mengalami rasa rendah diri, berusahalah untuk keluar dari hal tersebut. Dan cobalah untuk melakukanlah hal-hal berikut agar rasa rendah diri Anda dapat teratasi. Berikut adalah 5 Hal yang Dapat Mengatasi Rasa Rendah Diri.

Lakukan Hal-Hal Kecil yang Memunculkan Keberanian

Anda dapat memuculkan rasa percaya diri dengan melakukan hal kecil. Jika Anda seorang pelajar, beranilah untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan guru walaupun Anda tidak yakin jawabannya benar. Karena hal itu akan memunculkan sedikit rasa percaya diri Anda.

Hal lain yang dapat memunculkan rasa keberanian adalah dengan membiasakan mengobrol dengan orang yang lebih dewasa. Hilangkanlah rasa canggung dan coba untuk membuat lelucon-lelucon kecil. Karena hal tersebut membantu Anda dalam berkomunikasi dan membantu Anda dalam pergaulan.

Menghargai Diri Sendiri

Salah satu penyebab Anda merasa rendah diri adalah cara Anda yang salah dalam menghargai diri Anda. Anda terlalu mendengarkan orang lain dan berpikir semua yang dikatakannya (perkataan negatif) terhadap Anda adalah benar. Dan akan mengingat perkataan tersebut dalam kurun waktu yang lama. Memang biasanya jika perkataan tersebuy menyayat hati akan sangat sulit untuk dilupakan. Tapi, berusahalah untuk tidak terlalu memikirkan itu karena akan berdampak buruk bagi Anda.

Jangan dengarkan kata orang lain dan percayalah Anda tidak seperti yang dikatakan mereka. Dengan begitu, mereka tidak akan dapat menjatuhkan Anda. Dan untuk mengatasi rendah diri, mulailah dengan menghargai diri sendiri dengan sepantasnya. Karena jika bukan diri kita sendiri, siapa lagi yang akan menghargai kita.

Keluar Dari Zona Nyaman

Biasanya orang yang merasa rendah diri akan sangat senang dengan zona nyamannya. Ia akan sulit melakukan hal-hal baru yang dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dan mungkin ia akan berprinsip bahwa "hidup itu seperti air mengalir saja". Padahal jika kita telaah hidup seperti air akan berdampak buruk bagi kita. Kenapa? Karena air mengalir dari gunung dan akan berhenti mengalir jika sudah dilaut. Artinya hidup Anda akan berujung ditempat yang paling rendah. Maka berusahalah keluar dari zona nyama Anda dan lakukanlah hal-hal baru.

Bersyukur atas Keadaan 

Janganlah selalu melihat keatas, cobalah untuk melihat kebawah dengan begitu kita akan bersyukur dan tidak akan merasa rendah diri. Jika kita lihat sekeliling kita, ada orang yang penampilanya tidak semenarik kita, wajahya tidak setampan ataupun secantik kita. Tetapi mereka begitu percaya diri. Mereka tidak mementingkan cibiran orang lain terhadap mereka. Akhirnya mereka sukses dengan apa yang mereka yakini pada diri masing-masing. Jadi, sudah sepatutnya kita bersyukur dengan keadaan kita sekarang. Dengan begitu suatu tujuan akan lebih mudah dicapai. Karena tidak ada halangan untuk kita mengembangkan potensi yang kita miliki. Dan janganlah kita sekali-kali membanding-bandingkan dengan orang lain. Karena itu hanya akan memunculkan kembali rasa rendah diri kita.

Menutupi Kekurangan dengan Kelebihan

Biasanya orang yang rendah diri terlalu berfokus pada kekurangan yang ia miliki. Kelebihan yang ia miliki tertutup oleh rasa rendah diri yang mereka miliki. Jika kita memerhatikan orang disekeliling kita yang memiliki keberhasilan, bukan berarti orang tersebut tidak memiliki kekurangan. Melainkan mereka orang-orang yang berhasil menutupi kekurangan mereka dengan kelebihan yang dimiliki.

Baca Juga:
10 Kisah Sukses Berkat Usaha di Bidang Kuliner
Linda Ikeji, Dari Aktifis Menjadi Penulis Berpenghasilan Sadis

Memang penyakit batin sangat sulit terobati. Tapi bukan berarti tidak bisa diobati. Kita harus bisa keluar dari keterpurukan tersebut dan mulailah kembangkan potensi yang kita miliki. Dengan begitu, kita dapat meraih kesuksesan yang sangat luar biasa.

Mungkin ane cukupkan artikel ini, semoga artikel ini dapat bermafaat bagi teman-teman semua. Dan jangan lupa untuk share artikel ini dan like fanspage Gangkutu agar teman-teman bisa mendapatkan artikel terbaru dari Gangkutu.
Terima Kasih.

3 comments:

  1. semoga kita selalu bisa menjadikan diri ini lebih semangat dan percaya diri.
    nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, dan kita juga harus berusaha serta kerja keras

      Delete
  2. hahha kemaren ane sempat gitu loh
    gara gara dibilang gemuk
    tapi sekarang ane dah percaya diri




    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete