Minum Kopi Secukupnya agar Hidup Lebih Lama

Share:
Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer didunia. Minuman lezat ini biasanya disajikan dipagi hari atau dimalam hari sebagai penghangat tubuh dan penyegar mata. Namun minuman lezat ini mulai menjadi gaya hidup bagi masyarakat moderen. Memang mengonsumsi kopi itu baik bagi kesehatan. Tapi jika kopi dikonsumsi secara berlebihan, bukan khasiat yang didapat tapi malah penyakit yang akan bersarang ditubuh.

Kopi kaya akan kafein dan antioksidan serta kandungan lainnya seperti magnesium, niacin, mangan, vitamin B2, vitamin B5, dan kalium.

Banyak sekali manfaat yang akan didapat jika Anda mengonsumsi kopi. Salah satu manfaat paling baik adalah, dengan mengonsumsi kopi dapat memperpanjang hidup Anda. Namun untuk mendapatkan manfaat ini Anda harus berpegang teguh pada kopi hitam dan maksimal hanya boleh mengonsumsi 3-4 cangkir perhari. Jika Anda dapat menahan dan tidak lebih dari itu, maka manfaat tersebut akan Anda dapat. Tapi jika tidak, maka bersiaplah terhadap efek negatifnya.

Untuk lebih jelasnya, 4 fakta berikut akan memperjelas bahwa minum kopi secukupnya akan membuat hidup Anda lebih lama. Namun sebelum itu kita bahas terlebih dahulu bahaya mengonsumsi kopi berlebihan. Berikut ulasannya.

Bahaya Minum Kopi berlebihan

Didalam kopi terdapat kafein, yang jika dikomsumsi berlebihan akan meiliki efek samping pada tubuh. Efek samping tersebut seperti
  • gugup
  • insomnia
  • gelisah
  • pemarah
  • tremor pada otot
  • detak jantung tidak teratur
Lebih parahnya lagi penyakit-penyakit akan sangat mudah menyerang. Lagi-lagi kafein yang dikomsumsi secara berlebihan adalah penyebabnya. Penyakit yang akan menyerang jika kita mengonsumsi kopi berlebihan adalah sebagai berikut
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol
  • Penyakit jantung
  • Gangguan pencernaan
  • Kesuburan Wanita

Tips Penting:
Jangan minum kopi tepat sebelum tidur
Jangan biarkan anak minum kopi, karea itu dapat menyebabkan mengompol
Jangan asal dalam membeli kopi, pastikan kopi yang Anda beli bukan berkualitas buruk
Asupan kopi berlebihan dapat membuat insomia dan kegelisahan

Baca Juga:

Setelah kita mengetahui bahaya mengonsumsi kopi berlebihan, sekarang barulah masuk pada pembahasan inti yaitu manfaat-manfaat kopi bagi kesehatan.

1. Bagaimana Kopi Membuat Hidup Anda Lebih Lama

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak. Yang mana fungsi dari antioksidan itu sendiri adalah sebagai pelindung dari radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit yang menyerang.

Pada tahun 2015, sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association menyimpulkan bahwa peminum kopi biasa (orang yang minum kurang dari lima cangkir kopi dalam sehari) memiliki risiko lebih rendah dari kematian dini, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit saraf.

Selain itu studi yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine menemukan bahwa tingkat kematian yang tinggi bukan disebabkan karena mengonsumsi kopi, melainkan gaya hidup seseorang yang buruk.

2. Kopi Membantu Anda Melawan Kanker

Alasan mengapa kopi dapat menurunkan risiko kanker adalah karena kandungan antioksidan didalamnya.

Salah satunya adalah kanker prostat. Kopi berperan penting dalam mencegah kanker prostat lantaran senyawa biologis aktif, seperti kafein dan fenolik asam. Yang mana hal tersebut mempegaruhi metabolisme glukosa dan hormon seks meningkat.

Kafein didalam kopi juga bermanfaat ubtuk mencegah kaker kulit. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Cancer Prevention pada tahun 2014, menunjukan bahwa kafein pada kopi adalah alasan penurunan 43 persen risiko karsioma sel basal (kanker kulit) pada peminum kopi.

3. Kopi Melindungi Jatung Anda

Konsumsi kopi secukupya yaitu 3 sampai 4 cangkir sehari, dapat membuat jantung Anda lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang terdapat didalam kopi.

Sebuah analisis pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseasesmelaporkan bahwa dengan minum kopi yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Selain itu sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Epidemiology and Community Health pada tahun 2011 menemukan bahwa kopi, teh hijau, dan teh hitam mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita Jepang.

4. Kopi Membantu Anda Mencegah Diabetes

Antioksidan didalam kopi dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain antioksidan, kafein didalam kopi juga berpengaruh pada peningkatan sensitivitas insulin. Yang mana sensivitas insulin merupakan kemampuan hormon insulin untuk merespon perubahan kadar gula darah dengan merilis hormon insulin dan mengembalikan kadar gula darah dalam kondisi normal. Hal ini sama halnya dengan Anda berpuasa, Jadi, minum kopi memiliki manfaat yang sama denga berpuasa yaitu meningkatkan hormon insulin.

Pada tahun 2013 sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menganalisis bahwa asupan berkafein dan non kafein terhadap perkembangan diabetes tipe 2 pada 74.749, menunjukan bahwa minuman berkafein menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 4 persen dan minuman non kafein sebanyak 7 persen.

Baca Juga:
Linda Ikeji, Dari Aktifis Menjadi Penulis Berpenghasilan Sadis
Konsumsi Satu Timun Setiap Hari agar Pipi Tirus

Ingatlah semua yang berlebihan itu tidak baik. Makanan sehat pun jika dikonsumsi berlebihan pasti akan memiliki efek buruk kedepannya. Jadi, bagi Anda yang mengonsumsi kopi tetaplah berpegang teguh pada jumlah cangkir yang sudah ditetapkan yaitu 3-4 cangkir saja perhari.

Sumber referensi:
http://www.top10homeremedies.com/news-facts/drinking-coffee-helps-live-longer-benefits.html/

8 comments:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat. Enaknya mah kalo waktu malam + hujan di temani oleh secangkir kopi yang hangat. Nikmatnya berasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, suhu tubuh bisa terjaga tetap hangat

      Delete
  2. jadi pengen ngopi dibogor ni cuaca dingin enak hehehe

    ReplyDelete
  3. Makasih gan, berkat artikel ini saya menjadi lebih tau lagi soal kopi

    ReplyDelete
  4. artikelnya benar-benar bermanfaat. apalagi saya suka dengan kopi. saya kira hanya yang negatif negatifnya aja tentangkopi ternyata ada sisi positifnya juga.
    ayo minum kopi....

    ReplyDelete
  5. yang saya tau kopi itu hitam, hitam itu pahit, pahit itu kehidupan saya.

    ReplyDelete
  6. ngopi rutin, 2 gelas sehari, tiap jam 6 sore (lewat2 dikit)... thx infox.

    ReplyDelete