Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Share:
Gusi merupakan salah satu bagian penting didalam mulut. Selain merawat kesehatan gigi, kita juga perlu memberi perhatian lebih pada kesehatan gusi. Karena jika gusi tidak sehat, dapat menyebabkan bengkak pada gusi.

Memang gusi bengkak bukanlah penyakit yang berbahaya. Tapi bagi penderitanya, penyakit ini cukup menggangu. Gusi yang bengkak sangatlah menyiksa dan tentunya membuat penderitanya tidak nyaman dengan kondisi tersebut.

Penyebab utama terjadinya gusi bengkak adalah karena kurangnya menjaga kebersihan mulut. Selain itu, penumpukan plak pada gigi juga berpengaruh pada kesehatan gigi.

Disarankan pula untuk tidak menggunakan kawat gigi atau behel yang terlalu rapat. Karena itu dapat memberikan tekanan pada gusi yang membuat gusi menjadi tidak sehat.

Mengatasi gusi bengkak dengan obat kumur yang mengandung alkohol sangatlah tidak dianjurkan. Karena itu dapat menyebabkan iritasi pada gusi. Lebih baik konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, mangga, anggur, lemon, dan pepaya.

Yang pasti untuk mencegah pembengkakan pada gusi adalah dengan rajin menggosok gigi setiap hari entah itu bangun tidur, sebelum makan, dan sebelum tidur. Kalau perlu periksalah ke dokter setiap enam bulan sekali untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi.

Ada berbagai pengobatan alami untuk mengatasi gusi bengkak. Namun, banyak dari pengobatan tersebut hanya dapat meredakan rasa sakitnya saja. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memilih pengobatan yang efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Berikut adalah beberapa Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami.

Berkumur dengan Air Garam

Air garam adalah salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan bengkak pada gusi. Di dalam air garam terdapat zat antiseptik yang baik untuk mengatasi penyakit tersebut.

Anda dapat berkumur dengan air garam 2-3 kali sehari, yang dilanjutkan dengan berkumur menggunakan air bersih. Lakukan ini secara teratur agar penyembuhan terjadi secara cepat.

Daun Sirih dan Kunyit

Ambil sepuluh helai daun sirih, kunyit dan garam secukupnya. Masukkan bahan-bahan tersebut kedalam 2-3 gelas air. Rebus air tersebut sampai mendidih dilanjutkan dengan menyaring airnya.

Sari yag didapat dari penyaringan tersebut dapat digunakan sebagai obat dengan cara berkumur ataupun memiumnya.

Lada Hitam dan Minyak Cengkeh

Kedua bahan ini merupakan bahan tradisional yang dipercaya mampu mengatasi bengkak pada gusi.

Caranya gampang yaitu dengan merendam sedikit lada pada minyak cengkeh. Setelah itu oleskan minyak cengkeh pada daerah gusi yang terjadi pembengkakan. Minyak tersebut dapat mengurangi rasa nyeri pada gusi.

Memijat Gusi 

Cara ini mungkin jarang dilakukan oleh banyak orang. Tapi cara ini cukup efektif dalam meyembuhkan bengkak pada gusi.

Cara adalah dengan memutar jari telunjuk di daerah gusi yang bengkak, jangan pijat langsung di gusi, tetapi pijat di pipi.

Baking Soda

Berkumur dengan baking soda mampu mengurangai rasa sakit yang ditimbulkan dari pembengkakan pada gusi. Dengan baking soda, bakteri yang menyebabkan gusi bengkak tidak akan tersebar. Selain itu, baking soda juga dapat menetralisir asam dalam mulut.

Baca Juga:
7 Cara Meniruskan Pipi Tembem Secara Alami
Minum Kopi Secukupnya agar Hidup Lebih Lama

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi gusi bengkak. Jika cara-cara diatas masih tetap tidak membuahkan hasil. Disarankan untuk anda segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

No comments