7 Monumen Paling Unik dan Aneh yang Pernah Dibuat di Dunia

Share:
Monumen adalah suatu bangunan atau patung yang dibuat untuk mengenang suatu peristiwa atau sejarah yang dianggap penting disuatu negara ataupun daerah tertentu. Di Indonesia sendiri kita mengenal banyak monumen-monumen bersejarah yang tersebar di berbagai daerah dengan ceritanya masing-masing. Misalnya saja Monumen Nasional atau Monas, Monas dibangun sebagai wujud perjuangan Indonesia. Monas dibangun pada tahun 1961 atas perintah Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

Fungsi lain dari monumen adalah sebagai upaya memperindah suatu kota atau tempat tertentu. Taman Apsari yang terletak di Kota Surbaya merupakan salah satunya. Di taman tersebut terdapat Monumen Gubernur Suryo serta bangun bersejarah lainnya seperti Arca Jokodolog. Ini menunjukkan bahwa taman yang berisikan monumen-monumen bersejarah didalamnya, tidak hanya memperindah suatu tempat, tetapi juga sebagai sarana edukasi masyarakat.

Baca Juga: 7 Film Terbaik yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2016

Monumen tidak hanya dalam bentuk bangunan dan patung. Makam, kuil, tempat keagamaan, pilar, nisan, monolit, dan obelisk masih merupakan bagian-bagian atau jenis-jenis monumen. Beberapa monumen pasti memiliki nilai seni, keindahan, dan sejarah didalamnya. Namun ada beberapa monumen yang selain memiliki nilai keindahan juga memiliki keunikan tersendiri, bahkan tergolong aneh. Lalu dimana sajakah letak monumen tersebut dan seperti apa bentuknya? Berikut adalah 7 Monumen Paling Unik dan Aneh yang Pernah Dibuat di Dunia.

Baca Juga: 10 Kisah Sukses Berkat Usaha di Bidang Kuliner

7. Fountain of Virtues

Kehadiran air mancur disebuah kota atau tempat akan menjadikan tempat tersebut menjadi lebih indah. Selain bisa dijadikan sebuah icon/landmark, air mancur juga dapat mendatangkan pengunjung dan memunculkan sebuah potensi wisata yang menguntungkan. Di Indonesia sendiri sudah banyak taman-taman air mancur yang dibuat untuk mendatangkan pengunjung. Misalnya saja Taman Air Mancur Sri Baduga di Purwakarta, taman tersebut merupakan salah satu taman air mancur terbesar di Asia Tengara.

Seperti halnya yang kita tau, air mancur adalah aliran air yang menyebar secara diagonal dari sebuah sumber. Lalu bagaimana jika air yang mengalir berasal dari suatu tempat atau sumber yang tergolong intim. Inilah yang terjadi pada sebuah monumen yang bernama Fountain of Virtues.

Fountain of Virtues adalah sebuah air mancur yang terletak di Nuremberg, Jerman. Yang membuatnya unik dan juga aneh adalah airnya keluar dari payudara patung tersebut. Masing-masing patung tersebut melambangkan berbagai hal seperti harapan, kesetian, kesabaran, kebaikan hati, keberanian dan kesederhaan. Namun untuk alasan mengapa air keluar dari tempat tersebut, mungkin hanya pembuatnya saja yang tau.

6. Carhenge

Banyak dari kita pasti sudah mengenal monumen yang bernama Stonehenge. Bagaimana tidak, monumen tersebut sering muncul di layar komputer ataupun laptop kita. Stonehenge adalah monumen yang berbentuk batu dengan ukuran yang besar dan diposisikan dalam bentuk melingkar. Monumen tersebut sangat unik karena bentuk dan ukurannya. Tapi ada monumen yang mungkin lebih unik dari Stonehenge. Posisi dan ukurannya pun hampir sama, tetapi yang membedakan adalah bentuknya, monumen tersebut adalah Carhenge. Jika Stonehenge berbentuk batu, maka Carhenge terbuat dari mobil-mobil bekas.

Carhenge dibangun oleh Jim Reinders untuk memperingati ayahnya. Carhenge terletak di dekat kota Alliance, Nebraska, di wilayah High Plains Amerika Serikat. Yang mana wilayah tersebut dulunya pernah ditinggali oleh ayahnya. Dalam membuat Carhenge, Jim Reinders terinspirasi oleh Stonehenge. Ia mempelajari struktur Stonehenge dari segi bentuk, ukuran, dan proporsinya.

Carhenge terdiri dari 39 mobil yang diatur dalam bentuk sebuah lingkaran berdiameter 95 kaki (29 meter). Mobil-mobil tersebut berasal dari Amerika yang ditutupi dengan cat semprot berwarna abu-abu. Keunikkan dari Carhenge telah menarik banyak perhatian dunia, seperti produksi film, TV, serta pengunjung yang berjumlah sekitar 80.000 pengunjung per tahun dari seluruh dunia.

5. The Headington Shark

The Headington Shark memiliki tinggi 25 kaki atau sekitar 8 meter. Seperti namanya, monumen tersebut berbentuk hiu yang terletak disebuah rumah di New High Street, Headington, Oxford, Inggris.

Monumen tersebut diletakkan diatas rumah pada 9 Agustus 1986 tepatnya setelah 41 tahun peristiwa pemboman di Nagasaki. Maksud atau arti dari monumen tersebut adalah sebagai pernyataan tentang kehancuran yang disebabkan oleh senjata nuklir.

Banyak pengujung yang datang ke New High Street untuk melihat monumen tersebut setiap tahunnya, apalagi saat melakukan perayaan pada tanggal 9 Agustus. Bahkan ada yang menyewa rumah tersebut sebulan lamanya. Biasanya pemilik rumah memberikan sajian-sajian berupa kue atau cemilan dan minuman kepada pengunjung. Terkadang saat ada pertanyaan dari pengunjung mengenai maksud atau makna dari bangun tersebut, pemilik rumah tidak keberatan untuk menjawabnya.

Sempat ada upaya yang dilakuan oleh beberapa pihak untuk menyingkirkan bangun tersebut, tetapi upaya tersebut berhasil digagalkan pemilik rumah dengan mengajukan banding pada negara.

4. Brownnosers

Brownnosers adalah sebuah monumen yang diciptakan oleh seniman asal Ceko bernama David Cerny. David Cerny sendiri dikenal sebagai seniman yang sangat luar biasa. Banyak sekali karyanya yang sangat unik dan tidak masuk akal. Misalnya saja patung Pissing Man yang terletak di Museum Kafka dan Embryo di Praha, yang mungkin orang awan tidak akan mengerti arti seni dari kedua patung tersebut.

Brownnosers terletak di luar Galeri Futura di kota Praha, Republik Ceko. Monumen tersebut berbentuk dua patung yang sedang membungkuk dengan posisi bersandar dan menghadap ke dinding. Terdapat sebuah tangga yang mengarah pada lubang bokong patung tersebut. Didalam lubang tersebut terdapat video yang menunjukkan Vaclav Klaus (mantan Presiden Republik Ceko dan Milan Knizak (Seniman yang berasal dari Republik Ceko) sedang makan bersama dan saling berhadapan.

Mungkin sebagai orang awam kita tidak mengetahui maksud dari monumen tersebut dibuat. Tapi ternyata monumen tersebut memiliki arti yaitu sebagai kritik terhadap politik di Republik Ceko.

3. Jeju Loveland

Jika di Surabaya terdapat Taman Apsari yng berfungsi untuk memperindah kota serta sebagai sarana edukasi masyarakat karena terdapat monumen didalamnya. Maka di Korea Selatan tepatnya di Pulau Jeju juga memiliki taman dengan sarana edukasi didalamnya. Taman tersebut adalah Jeju Loveland, yang mana taman tersebut adalah sebagai edukasi dalam hal tabu yaitu seksualitas. Jika anda tidak menyukai hal tabu seperti itu, ada baiknya jangan pernah berkunjung ke taman tersebut. Karena di Jeju Loveland, kita dengan mudahnya melihat patung-patung entah itu manusia dengan manusia atau hewan dengan hewan sedang dalam posisi berhubungan intim.

Jeju Loveland dibuka pada tahun 2004 dengan koleksinya mencapai 140 patung. Taman tersebut berukuran dua kali lapangan sepak bola dan dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mengelilingi taman tersebut. Patung-patung tersebut dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa dari Universitas Hongik Seoul dengan maksud menghilangkan hal tabu seputar seks dan sebagai sarana edukasi. Karena itu pula tempat tersebut menjadi salah satu tempat bulan madu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri.

2. Die Badende

Die Badende atau sering disebuat juga The Bather adalah sebuah monumen berbentuk patung wanita dengan panjang 67 kaki atau sekitar 20 meter dan berat lebih dari 2 ton. Patung ini terletak di Danau Alster, Hamburg, Jerman. Patung tersebut diposisikan seperti sedang mandi dengan hanya kepala dan lutut yang terlihat didarat sementara bagian tubuh lainnya berada dalam air.

Banyak wisatawan berkunjung untuk melihat patung tersebut dengan menggunakan perahu sebelum patung tersebut diangkat dengan derek besar. Wisatawan berbondong-bondong menyewa perahu untuk melihat lebih dekat patung tersebut. Yang sangat populer dan banyak disukai wisatawan adalah ketika perahu melewati diantara lutut patung tersebut.

Die Badende dibuat oleh seorang seniman asal Jerman bernama Oliver Voss. Awalnya patung tersebut diciptakan untuk sebuah iklan produk kecantikan dan iklannya pun terbukti sukses. Die Badende tidak selalu berada didalam danau, adakala patug tersebut diangkat dengan menggunakan derek besar lalu ditutupi dengan handuk. Dan dikala itu pula banyak wisatawan yang datang untuk melihat proses pengangkatan patung tersebut dari danau.

1. Shit Fountain

Berawal dari ketidak beruntunganya, seorang seniman asal Chicago bernama Jerzy Kenar yang selalu menginjak kotoran anjing saat ia keluar rumah. Memutuskan untuk menciptakan sebuah karya berupa monumen dengan bentuk kotoran anjing bernama Shit Fountain. Monumen ini berfungsi sebagai pengingat setiap pemilik anjing untuk lebih memerhatikan lingkungan dengan tidak membiarkan anjingnya membuang kotoran dijalan.

Keunikan monumen ini cukup banyak menarik pengunjung, banyak pengunjug yang berfoto dengan gaya berjongkok seperti sedang buang air besar. Menurut Jerzy Kenar, setelah patung ini buat, pemilik anjing di sekitarnya menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga:
Cara Submit Artikel Blog di Viva Log
7 Makanan Aneh Ini Adalah Kuliner Asli Indonesia

Itulah 7 Monumen Paling Unik dan Aneh yang Pernah Dibuat di Dunia. Diluar keunikan dan keanehannya, monumen-monumen tersebut memiliki nilai dan sejarahnya masing-masing. Walaupun sebagai orang awan kita tidak mengerti maksud pembuatan monumen-monumen tersebut. Kita harus tetap menghargai sang pembuat dan karya-karya yang diciptakannya.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini keteman-teman kalian. Dan jika kalian menemukan monumen unik dan aneh lainnya bisa kalian tambahkan dengan komen dibawah ini. Untuk mendapatkan artikel-artikel terbaru dari Gangkutu, kalian bisa like fanspage Gangkutu atau subscribe blog ini.

No comments