Cara Menggabungkan Kumpulan File PDF Menjadi Satu

Share:
Setiap orang yang sering membuat ebook atau menggunakan ebook, tidak asing jika mendengar sebuah file dengan format 'PDF'.

Ebook sendiri merupakan buku elektronik yang berisikan informasi digital dengan wujud gambar dan teks.

PDF atau Portable Document Format adalah file yang tidak bisa di edit dengan mudah. Butuh sebuah software untuk mengedit file dengan ektensi tersebut.

Biasanya untuk mengedit file dengan format PDF, anda harus mengubahnya terlebih dahulu ke dalam format 'doc' (Microsoft Office Word). Baru setelah itu anda dapat mengubah dan mengeditnya sesuai keinginan anda.

Tapi terkadang ada sebuah file PDF yang diberikan password, sehingga orang lain tidak bisa mengubahnya.

Dalam sebuah ebook atau file dengan format PDF yang membahas suatu topik, terkadang ada materi yang tidak lengkap. Sehingga membuat anda ingin melengkapkannya dengan PDF lainnya.

Apabila hanya dua atau tiga PDF saja yang saling berhubungan, anda mungkin bisa menggabungkannya hanya dengan membuat satu folder. Tetapi apabila ada banyak materi yang saling berhubungan, pasti repot karena harus membacanya satu.

Jika anda mempunyai masalah seperti ini, ada baiknya untuk memanfaatkan sebuah software yang bernama 'PDF Redirect'. Software ini dapat menggabugkan banyak file pdf menjadi satu, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membuka satu-satu file tersebut.

Caranya pun mudah, untuk menggabungkan banyak file pdf menjadi satu, silakan ikuti tutorial berikut ini.

Cara Menggabungkan Kumpulan File PDF Menjadi Satu

1. Pertama download terlebih dahulu softwarenya, anda bisa mencarinya di google dengan keyword "PDF Redirect", setelah itu instal dan jalankan softwarenya.

Catatan: Jika software setelah diinstal tidak muncul atau membuka otomatis dan tidak ada shortcutnya di desktop anda, silakan cari dengan kata kunci "pdf rediect". Untuk lebih jelasnya lihat gambar.
software pdf

2.Untuk cara menggunakannya, carilah file pdf yang akan anda gabung menggunakan kotak folder, setelah itu folder yang dipilih akan memunculkan file ektensi pdf pada kotak file.

3. Klik file pdf lalu tekan tombol "+" untuk memasukkannya ke kotak Merge List dan aturlah posisi pdf yang anda inginkan dengan tombol arah.

4. Terakhir, ubahlah nama output file tersebut (filename) dan klik tombol Simpan.
menggabungkan kumpulan file pdf menjadi satu

Mudah bukan? File yang tadi saya gabungkan adalah beberapa tutorial SEO dan manfaat AMP yang saya dapatkan dari beberapa grup di facebook. Dengan penggabungan tersebut saya tidak repot lagi, buka tutup file yang ingin saya baca dan pelajari.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Apabila ada penjelasan yang kurag jelas, anda bisa tanyakan lewat kolom komentar dibawah.

No comments