5 Cara Kreatif Memanfaatkan Kopi dalam Kehidupan Sehari-hari

Share:
Meminum kopi di pagi hari sebelum memulai aktifitas merupakan kebiasaan sebagian orang. Manfaatnya yang dipercaya dapat memberikan sedikit tambahan semangat, membuat kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi.

Minuman ini bisa dikonsumsi kapan saja, pagi ataupun malam, juga bisa disajikan dalam kondisi dingin ataupun panas.

Selain manfaat kopi untuk diminum atau dikonsumsi, ternyata kopi memiliki manfaat lainnya untuk kehidupan sehari-hari. Terlebih yang dimanfaatkan tidak hanya bubuk kopinya saja melainkan sisa-sisa bubuk kopi atau kita biasa menyebutnya ampas kopi.

Tentu hal tersebut menjadi alasan buat anda untuk tidak membuang ampas kopi tersebut. Banyak hal yang bisa anda buat dan lakukan dengan bubuk kopi dan ampas kopi yang anda miliki. Berikut 5 cara kreatif memanfaatkan kopi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Obat Nyamuk

Menjadikan ampas kopi sebagai obat nyamuk merupakan cara aman dan efektif dalam mengusir nyamuk didalam rumah. Selain nyamuk, ternyata ampas kopi juga dapat mengusir serangga lainnya seperti kecoa.

Caranya adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu ampas kopi, kemudian diletakkan diatas kertas alumunium foil. Selanjutnya bakar dan taruh pada tempat yang anda inginkan.

2. Pupuk

Daripada membuang ampas kopi, lebih baik anda gunakan ampas kopi tersebut sebagai pupuk pada tanaman. Memanfaatkan ampas kopi sebagai pupuk dapat menambahkan unsur nitrogen dalam tanah. Selain itu, ampas kopi juga dapat berperan sebagai salah satu media tanaman layaknya pasir. Dimana ampas kopi mampu memperbaiki drainase, retensi air, dan aerasi dalam tanah. Tidak hanya itu, hama tanaman seperti siput dan semut juga dapat teratasi.

Untuk penerapannya pada tanaman, anda cukup menaruh ampas kopi kering diatas tanah. Bahkan anda juga dapat menggunakannnya sebagai media tanam pengganti tanah. Dengan catatan, tanaman yang anda tanam adalah jenis sayuran. Karena sayuran cocok dengan kadar pH yang dimiliki oleh ampas kopi.

3. Sampo
sampo bubuk kopi
image: https://www.bustle.com/

Percaya atau tidak kopi bisa dimanfaatkan untuk keramas pengganti sampo. Kopi mampu memperbaiki pertumbuhan rambut sekaligus mencegah kebotakan pada kepala anda. Kandungan kafein didalamnya dapat mengatasi kerontokan pada rambut dan membuatnya lebih bersinar.

Caranya mudah, anda bisa menggunakan bubuk kopi ataupun ampas kopi kering. Siram rambut anda dengan air, lalu gosok secara merata pada kulit rambut anda.

4. Bumbu

Banyak sekali muncul kreasi minuman baru yang berasal dari kopi. Tak hanya itu, kopi juga mulai menjadi campuran bahan makanan. Salah satunya digunakan sebagai bumbu yang memberikan aroma kopi pada makanan. Mulai dari bumbu pada ramen, pasta, bahkan selai untuk roti.

5. Pembersih Wastafel
pembersih wastafel
image: https://www.onegoodthingbyjillee.com/

Bubuk kopi dapat dimanfaatkan untuk pembersih wastafel. Aroma pada kopi mampu menghilangkan bau-bau tak sedap yang ditimbulkan dari sampah yang tersangkut pada wastafel tersebut.

Untuk membuat menghilangkan bau wastafel menggunakan bubuk kopi, anda terlebih dahulu harus membersihkan wastafel anda. Setelah itu siapkan bubuk kopi, garam epsom, soda kue, dan cuka. Campurkan semua bahan tersebut, kemudian bentuk seperti sabun yang berukuran kecil. Penerapannya, jatuhkan satu ke wastafel kemudian nyalakan keran air.

Baca juga: Minum Kopi Secukupnya aga Hidup Lebih Lama

Itulah beberapa manfaat kopi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan sedikit berpikir kreatif, kita mampu menikmati kopi dengan cara lain, selain diminum. Mulai dari dimanfaatkan sebagai obat nyamuk, pupuk, bahkan penghilang bau wastafel.

Apabila anda mempunyai cara kreatif lainnya dalam memanfaatkan kopi, jangan ragu-ragu untuk berbagi pada saya dan pembaca blog ini dengan cara menulisnya di kolom komentar.

No comments