5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Pemula

Share:
Untuk menjadi seorang pengusaha sukses bukanlah suatu hal yang mudah. Kejelihan dalam melihat peluang dan menjadikan kegagalan menjadi pelajaran yang penting merupakan salah satu cara meraih kesuksesan.

Banyak bidang bisnis yang dapat dipilih, mulai dari kuliner, jasa, bisnis rumahan, bisnis kecil-kecilan bahkan bisnis tanpa modal.

Jika anda bingung untuk memilih bisnis yang ingin dijalankan, lebih baik pilihlah apa yang menjadi kegemaran anda. Selain itu pikirkan juga tentang keterampilan, karena hal itu dapat membantu perkembangan bisnis anda. Alasan itu juga menjadi penting karena anda tidak akan merasa bosan saat menjalankan bisnis tersebut.

Menjadi pengusaha sukses bukan tentang bidang apa yang anda jalani, melainkan apa yang harus dilakukan pada saat memulai perjalanan tersebut. Singkatnya, anda harus tau hal pertama yang dilakukan kemudian perlahan-lahan mencoba berkembang dan terus berkembang menjadi lebih pesat.

Sebagai seorang pebisnis pemula yang merintis usaha mulai dari nol. Segala hal yang akan anda lakukan haruslah sudah terkonsep. Mencatat kegiatan bisnis, meramalkan perkembangan, dan mengevaluasi kesalahan adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan.

Namun terkadang muncul batu sandungan kecil yang dapat menghancurkan segala yang sudah anda mulai. Oleh karena itu, janganlah meremehkan kesalahan kecil apapun dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut kesalahan-kesalahan yang harus dihindari pebisnis pemula diawal merintis usaha.

1. Mencoba Mempelajari Segala Sesuatu dengan Cepat
bisnis kuliner

Menjadi seorang profesional disuatu bidang adalah keinginan banyak orang. Entah itu anda adalah seorang blogger, desainer, ataupun fotografer.

Keinginan untuk berkembang sangat pesat diawal merintis usaha menjadi salah bagi anda. Selalu berkreasi menciptakan hal baru setiap malam, melakukan penelitian setelah penelitian yang panjang,  hanya akan membuat anda kelelahan dan kemudian berhenti.

Meskipun keinginan untuk meraih kesuksesan sangat tinggi, anda juga perlu mementingkan kesehatan anda. Tidak perlu mempelajari segala hal dengan cepat. Lakukanlah dengan perlahan-lahan tetapi terkonsep.

Ingatlah bahwa kura-kura yang akan memenangkan perlombaan pada akhirnya.

2. Promosi Media Sosial yang Berlebihan
promosi media sosial

Dalam membangun suatu bisnis, penting bagi anda untuk mengenali kehadiran media sosial. Masalah yang dihadapi adalah seorang pengusaha terkadang mencoba untuk menguasai semua platform media sosial sekaligus.

Hal itu merupakan suatu hal yang salah. Mengapa? Karena berbeda media sosial berbeda pula cara kerjanya.

Misalnya untuk segi visual atau gambar, anda dapat memanfaatkan instagram. Apabila anda memposting 3-5 kali sehari, tetapi kualitas visual yang disajikan tidak atau kurang bagus, anda hanya akan kehilangan minat audiens. Namun untuk twitter itu masih terbilang wajar.

Atau facebook dan whatsapp. Apabila anda memposting berlebihan, anda hanya akan dikenali sebagai tukang spam atau spammer.

Oleh karena itu, fokuslah pada satu media sosial terlebih dahulu. Ada baiknya untuk memulai dari facebook, setelah memiliki nama dari platform tersebut. Baru berkembang ke platform media sosial lainnya.

3. Tidak Konsisten
merintis usaha dari nol

Kesalahan terbesar saat memulai bisnis adalah tidak konsisten. Biasanya hal tersebut terjadi karena anda telah membuat 2 kesalahan diatas.

Di dunia online misalnya anda mengelola blog, anda perlu memposting artikel dengan jadwal yang jelas. Secara berkala dengan jarak waktu yang tidak terlalu jauh. Lebih baik memposting 1 artikel setiap 2 hari sekali, daripada memposting 10 artikel dalam 1 hari tetapi kembali memposting artikel di bulan depan. Hal itu dapat menghilangkan pembaca setia blog anda.

Jika anda seorang pedagang, janganlah ganti produk dagang anda diawal memulai bisnis. Apabila anda menjual tas, tidak lama berselang mengganti menjual baju. Pelanggan tas anda akan hilang dan anda harus mencari pelanggan baru untuk penjualan baju anda.

4. Terlalu Berpatokan dengan Bisnis Orang lain
pengusaha sukses

Belajar dari pengalaman orang lain merupakan cara yang tepat untuk membuat bisnis anda menjadi lebih baik. Namun terkadang apa yang mereka lakukan, belum tentu cocok dengan anda.

Mereka memiliki cara tersendiri untuk mengatasi masalah mereka dan mungkin anda juga.

Misalnya dalam dunia blogging, ada yang nyaman menggunakan blogger ada pula yang menggunakan wordpress.

Ada yang ingin memulai bisnis bersama orang lain ada pula yang ingin memulai bisnis sendiri.

Meskipun demikian, pilihlah sesuatu yang paling membuat anda nyaman. Karena satu-satunya cara untuk mengetahui mana yang paling cocok dengan anda adalah dengan mencobanya sendiri.

5. Tidak Memiliki Visi Misi yang Jelas
cara memulai bisnis

Pertanyaan paling penting yang perlu anda tanyakan pada diri sendiri sebagai pebisnis adalah Mengapa.

Mengapa anda melakukan ini?

Apa tujuan bisnis anda?

Mungkin pertanyaan tersebut sepele, tetapi percaya atau tidak hal tersebutlah yang membuat anda semangat dalam menjalankan bisnis.

Misalnya tuliskan tujuan yang ingin dicapai dalam beberapa waktu kedepan.

Jangka pendek: Apa yang ingin dicapai 6 bulan pertama.

Jangka Panjang: Apa yang harus diraih setelah 2 tahun berjalannya bisnis tersebut.

Ini akan sangat membantu dalam memvisualisasi bisnis kedepannya.

Karena apabila anda tidak memiliki hal tersebut, visi dan misi yang anda miliki tidak jelas. Anda hanya akan diam dan bingung apa yang harus dilakukan setelah mulai berbisnis.

Baca juga: 5 Hal yang Sebenarnya Orang Kaya Lakukan

Itulah beberapa hal yang harus anda hindari ketika baru memulai bisnis. Tidak melangkah terlalu jauh, tetapi melangkah perlahan-lahan dan meraih kesuksesan.

Apabila anda memiliki pengalaman-pengalaman penting selama proses anda belajar berbisnis. Jangan ragu-ragu untuk berbagi kepada saya dan pembaca blog saya melalui kolom komentar dibawah.

1 comment:

  1. terimakasih gan infonya, cocok buat saya yang masih dibilang ingin menjajaki dunia bisnis

    ReplyDelete