6 Daftar Menu Buah untuk Diet Sehat Setiap Hari

Share:
Cantik identik dengan seorang wanita yang memiliki tubuh langsing dan kulit yang bersinar cerah berwarna putih. Sedangkan, tampan identik dengan pria berwajah tirus dengan tubuh sixpack dan berpostur tegap.

Memiliki tubuh proporsional memang menjadi impian banyak orang. Namun untuk memiliki tubuh proporsional bukanlah perkara mudah, terlebih untuk orang-orang dengan tingkat nafsu makan yang tinggi. Banyak pula orang-orang dengan tubuh berlemak malas berolahraga. Padahal olahraga merupakan cara terbaik menjaga berat badan tetap ideal.

Selain olahraga, menurunkan berat badan juga dapat dilakukan dengan cara berdiet. Salah satu cara melakukan diet sehat adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah dipercaya memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga mengonsumsi buah merupakan pilihan tepat untuk mengurangi asupan makanan dalam tubuh.

Buah juga memberikan energi yang cukup kepada tubuh ketika tubuh mengurangi karbohidrat. Dengan begitu ketika anda memilih untuk mengonsumsi sedikit makanan pokok seperti nasi, tubuh tidak akan kehilangan energinya karena sudah tergantikan oleh asupan buah tersebut.

Lalu buah apa saja sih yang baik untuk dikonsumsi ketika sedang berdiet. Berikut daftar menu buah yang baik dikonsumsi ketika sedang diet.

Baca Juga: 7 Ketakutan Pada Makanan Ini Adalah Jenis Fobia

Buah Apel
buah apel sehat

Mengumsomsi buah apel ketika sedang diet dipercaya ampuh mengurangi nafsu makan. Hal ini dikarenakan perut akan merasa keying lebih lama. Buah apel memiliki kandungan tinggi serat yang mampu melancarkan pencernaan dan membantu mengontrol berat badan. Cara terbaik untuk menyantapnya adalah dengan tidak membuang kulitnya yang kaya serat.

Buah Plum
buah plum untuk diet sehat

Buah plum memang sangat baik untuk diet karena mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Lancarnya metabolisme dalam tubuh ini akan membuat proses pembakaran lemak serta kalori dalam tubuh akan menjadi optimal. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam buah plum juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama yang tentunya mendukung program diet yang anda lakukan.

Buah Pepaya
diet sehat dengan buah pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan kalsium, vitamin, zat besi, dan riboflavin. Pepaya juga memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Kandungan papain dalam buah pepaya juga membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi. Karena itulah buah ini sangat baik untuk diet. Selain itu, pepaya juga memang sudah banyak dianjurkan kepada orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Buah Kiwi
menurunkan berat badan dengan buah kiwi

Buah kiwi mengandung kalium dan beta karoten. Kiwi juga mengandung banyak vitamin E dan serat pangan yang efektif dalam melangsingkan tubuh yang jumlahnya lebih banyak daripada pisang yang dianggap sebagai buah paling baik untuk diet. Kandungan serat dalam kiwi juga akan melancarkan pencernaan sehingga sembelit jelas tak akan menyerang.

Buah Pisang
buah pisang sebagai asupan karbohidrat

Buah pisang termasuk buah yang sangat manis sehingga membuatnya jadi buah dengan kandungan gula tinggi yang secara otomatis juga membuatnya tinggi kalori. Pisang memiliki gula alami, bukan gula buatan dan olahan pabrik yang buruk untuk tubuh. Ditambah lagi kandungan nutrisi lain seperti kalium, serat, vitamin C dan B6 serta antioksidan yang punya sifat anti-inflamasi dalam pisang, membuatnya menjadi buah yang patut dimasukkan dalam menu diet.

Walaupun tidak banyak yang menganjurkan pisang menjadi salah satu menu diet karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Tidak ada salahnya memilih buah berwarna kuning ini sebagai pengganti asupan energi.

Buah Melon
kenyang lebih lama dengan buah melon

Buah melon bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk diet karena mengandung beberapa zat dan nutrisi yang sangat bagi tubuh untuk menurunkan berat badan. Jumlah kalori pada buah melon yang sedikit, tidak akan membuat tubuh mudah gemuk. Buah melon memiliki kadar air hingga 90% yang dapat memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag, mulas dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga: 6 Fakta Menyedihkan Ini akan Anda Sadari Ketika Menjadi Dewasa

Itulah beberapa buah yang baik dikonsumsi saat sedang berdiet. Perlu diperhatikan bahwa sebenarnya dalam menurunkan berat badan tidak harus selalu dengan cara berdiet. Menurunkan berat badan juga dapat dilakukan dengan cara olahraga secara rutin. Ingat pula bahwa diet harus tetap sehat agar tubuh anda tidak mengalami kelelahan saat menjalani kegiatan sehari-hari.

No comments