4 Hal yang Sebenarnya Penulis Hebat Lakukan

Share:
Menjadi seorang ahli di suatu bidang tentu keinginan bagi banyak orang yang menggelutinya, termasuk seorang penulis. Memiliki banyak pembaca di blog dan buku terjual habis, menjadi bukti seberapa besar karya diakui oleh banyak orang.

Begitulah cara seorang penulis dikatakan sebagai penulis hebat. Mampu menulis dalam jumlah yang banyak dengan kualitas yang tetap terjaga. Tentu hal tersebut tidaklah mudah, dengan membaca suatu artikel tentang cara menulis yang baik tidak serta merta menjadikan tulisan anda menjadi berkualitas dan penuh makna.

Perlu pemahaman yang lebih dalam tentang cara meningkatkan kemampuan menulis ke level yang lebih tinggi. Bukan tentang teknik penulisan, tetapi mentalitas dan praktik yang paling mendasar untuk menjadi penulis yang baik.

Karena pada umumnya gaya penulisan tiap orang berbeda-beda, jadi menghakimi gaya penulisan tersebut adalah hal yang salah.

Lalu bagaimana cara mereka (penulis hebat) melakukannya?

Caranya adalah tetap dengan gaya penulisan dan ciri khasnya, tetapi berkembang dalam mental dan praktik menulis. Empat hal berikut ini akan memberikan gambaran kepada anda bagaimana seorang penulis biasa mampu berkembang menjadi seorang penulis hebat. Berikut ulasannya.

1. Menjadi Penikmat Kata-kata
membaca buku

Semua koki yang pintar memasak sebelumnya ia adalah seorang penikmat makanan. Mereka dengan mudah membeda-bedakan antara makanan tidak enak, biasa-biasa saja, dan lezat. Begitu pula seorang penulis, sebelum menjadi penulis anda perlu menjadi pembaca yang diskriminatif.

Sebelum membuat sebuah tulisan, anda harus membaca dan menghargai tulisan orang lain. Dengan begitu, anda akan mampu membedakan kualitas setiap tulisan yang dibaca.

Bagaimana seseorang mampu menjadi penikmat makanan? Dengan berlatih. Latihannya dengan mencicipi berbagai makanan.

Bagaimana seorang penulis menjadi penikmat kata-kata? Sama, melalui latihan. Latihannya dengan banyak membaca buku dan artikel.

Oleh karena itu, perbanyaklah bahan bacaan dan jadikan diri anda seorang pembaca yang rajin.

2. Nikmati Prosesnya
membuat tulisan

Dalam sebuah portal berita, biasanya terdapat seorang reporter yang mencari dan menulis berita, kemudian berita tersebut dikirim ke editor untuk diperbaiki.

Selain menjadi penulis tentang suatu pemikiran, anda juga perlu menjadi seorang editor. Setelah menulis anda perlu membaca artikel tersebut berulang-ulang.

Tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan dalam penulisan dan memperjelas maksud dari apa yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Pangkas atau singkirkan kalimat yang bertele-tele, fokus pada tujuan yang ingin disampaikan. Dengan begitu, tulisan akan lebih singkat, padat, dan menyenangkan.

Mungkin akan terasa sedikit merepotkan karena menjadi editor untuk tulisan sendiri. Tetapi apabila dapat bersifat objektif, bukan tidak mungkin tulisan akan semakin berkualitas. Berkembanglah bersama tulisan dan nikmati prosesnya.

3. Buat Tulisan yang Berkesan
penulis artikel

Tidak bisa dipungkiri bahwa media gambar dan video lebih banyak dinikmati dibandingkan media tulisan. Oleh karena itu sebagai seorang penulis, tugas anda adalah membuat sebuah karya yang menarik.

Lalu bagaimana cara membuat tulisan yang menarik?

Dalam dunia penulisan mungkin bisa disebut, anda berada dalam "bisnis pengalaman". Karena yang disajikan disini adalah sebuah naskah yang berisikan pengalaman.

Tentu dengan pengalaman saja tidak membuat tulisan tersebut menarik pembaca. Perlu formula yang dibuat sedemikian rupa sehingga karya tersebut mendapat banyak perhatian.

Caranya buat tulisan menjadi berkesan. Tulisan yang sifatnya mengajak tetapi tidak membosankan, berceramah tetapi mengasyikan, dan berargumen tetapi memuaskan.

Yang dilihat disini bukan kinerja anda menulis, tetapi bagaimana sebuah pengalaman dapat disampaikan dengan cara yang benar.

4. Terus Menulis
penulis hebat

Sebenarnya tidak banyak tips dan trik yang dapat membuat anda menjadi penulis yang baik, termasuk tulisan ini. Karena pada akhir semua akan kembali lagi pada diri sendiri. Bagaimana diri anda mengajar diri sendiri tentang menulis dengan baik melalui pengalaman dan evaluasi.

Kebanyakan praktik terbaik hanya dapat dipelajari melalui praktik yang sebenarnya. Semakin sering anda menulis, semakin cepat anda naik level. Sebaliknya, jika anda jarang menulis, anda tidak akan berkembang bahkan dapat turun kualitas anda dalam menulis.

Mulailah menulis dengan platform-platform yang mudah dijangkau. Bisa menggunakan blogger ataupun wordpress sebagai pengelola sendiri ataupun kompasiana dan medium untuk menjangkau banyak pembaca dan teman menulis.

5 comments:

  1. sehari biar cuma 500-1000rb org yang ngunjungi blog saya untuk baca tulisan2 sy alhamdulillah walau rupiah ngalirnya dikit tpi itu sudah sesuatu klau diapresiasi dan dinikmati org2 tulisan kita hehehe...tetap menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat menulis, semangat memberikan manfaat bagi banyak orang, InsyaAllah selain rupiah mengalir pahala juga mengalir gan

      Salam Blogger Indonesia, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Tulisannya inspiratif sekali. Salam kenal ya..

    ReplyDelete