Inilah 6 Penyebab Kalian Malas Belajar

Share:
Kalian Malas Belajar ??


Anak-anak pada umumnya memiliki semangat yang sangat luar biasa. Tetapi mengapa kita masih pada malas belajar ??? Hmmmmm

Mungkin ini bisa menjawabnya….

Terkadang kita gak sadar kalo kita malas belajar. Terkadang kita juga sadar bukan karena diri sendiri, tetapi karena oranglain, yaa kan ?. Jika kalian pernah, itu bukan kalian yang tiba-tiba rajin belajar. Tetapi kalian sedang iri dan bertanya-tanya, “kok dia bisa yaa rajin gitu ?”.

Nah tulisan ini bakalan ngasih tau ke kalian, mengapa kalian malas belajar.
anak malas belajar

1.      Terlalu Capek

Nahhh jika kalian adalah anak yang produktif tentu saja kalian akan banyak sekali aktivitas. Mulai dari sibuk di ekskul kalian sampe sibuk ngurusin hidup orang di SosMed. Sebenarnya menjadi pelajar yang memiliki banyak aktivitas itu baik. Tetapi ingat !! Tugas kalian adalah belajar, jadi kalian harus dapat membagi waktu hidup kalian untuk belajar.

*Tetapi mengapa ya ? Banyak anak yang tidak memiliki aktivitas juga tetap malas belajar ??

2.      Terlalu Banyak PR

Nahhh jika kalian adalah anak yang sangat takut kepada Guru, kalian akan sangat memperdulikan tugas yang diberikan. Tetapi terkadang, kalian akan sangat peduli kepada tugas itu, jika keesokan harinya akan dikumpul, iyaaaakaaannn ??.

Memiliki PR yang banyak sebenarnya adalah salah satu pengaruh anak malas belajar. Guru berfikir dengan memberikan tugas yang banyak anak-anak akan TERPAKSA belajar. Padahal faktanya anak-anak jika memiliki PR yang banyak akan memilih 2 opsi untuk mengerjakannya. Pertama, bertanya pada Google dan langsung menyalinnya. Kedua,bertanya pada kawan dan langsung menyalinnya juga.

Apa itu yang dinamakan belajar ??

*Tetapi mengapa ya ? Walau tugas yang diberikan sedikit, tetapi anak masih melilih 2 opsi tersebut ?

3.      Kurang minat kepada suatu pelajaran

Nahhh jika kalian adalah anak merasa semangat kalian naik turun, mungkin ini sebabnya. Ketidaksukaan anak kepada suatu pelajar itu merupakan hal dasar yang membuat anak malas belajar. Ketidaksukaan itu dapat disebabkan karena, materi yang terlalu sulit, materi yang terlalu membosankan, guru yang terlalu sangar sehingga kalian akan sangat malas ketika belajar. Setiap anak memiliki bidangnya masing-masing. Kalian pasti paham sekali pelajaran apa yang kalian sangat minati.

*Tetapi mengapa ya ? Banyak pelajar yang masih bingung, apa pelajaran yang mereka minati ?

4.      Lingkungan

Nahhh jika kalian adalah anak yang mudah berpengaruh terhadap orang lain, lingkungan adalah penyebab utama buat kalian. Lingkungan buruk, akan membuat anak menjadi buruk. Berteman dengan orang yang malas belajar, akan membuat kalian malas belajar. Berteman dengan orang yang berpacaran, kalian juga akan berusaha mencari pacar (padahal gak ada yang mau L). Berteman dengan orang yang sangat memperdulikan suatu organisasi, akan membuat kalian juga seperti itu. Jika dirumah tidak ada yang mengingatkan belajar, tentu saja anak tidak akan belajar.

*Mengingatkann !!! Bukan memaksa yaa Gaiss.

5.      HandPhone

Nahhh jika kalian adalah anak yang kepo. HP adalah pengaruh utama kalian menjadi malas belajar. HP akan membuat kalian lupa dengan waktu. Bermain HP 8 jam akan terasa 8 menit. Bahkan faktanya, anak akan lebih cepat ngantuk ketika belajar daripada bermain HP, padahal bermain HP lebih banyak menggunakan otot-otot kalian untuk berkerja.

* Tetapi Mengapa ya ? Padahal Orangtua membelikan HP untuk sarana kalian belajar…

6.      Memiliki masalah pribadi

Nahhh jika kalian adalah anak yang sangat memperdulikan Mood kalian. Memiliki masalah pribadi akan sangat menggangu kalian dalam belajar. Masalah dengan orangtua, teman bahkan guru akan membuat kalian sangat merasa resah. Pada dasarnya semua orang memiliki masalah dalam hidupnya, jangan karena semua masalah tersebut, lalu membuat kalian kehilangan masa depan kalian. “Kalian harus percaya badai pasti berlalu. Hadapi dan selesaikan, jangan pernah lari dari masalah tersebut.”

*Masalah adalah hujan. Bukannya kita butuh masalah untuk melihat Pelangi…


Nahhh itu dia beberapa alasan mengapa kalian menjadi malas belajar. Sebenernya semuanya bisa kita lewati jika ada motivasi dari diri sendiri untuk belajar.

Kekuatan terbesar ada dari dalam diri kita sendiri.

*Artikel selanjutnya akan membahas cara menangani agar kita tidak malas belajar.

Tengyuuu Gais.

3 comments: