7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Malas Belajar pada Diri Sendiri

Share:
Kewajiban utama seorang pelajar adalah belajar. Aneh rasanya apabila masih banyak pelajar yang tidak memiliki semangat tinggi untuk menuntut ilmu. Padahal ilmu tersebut akan sangat bermanfaat untuk masa depannya kelak. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain.

Artikel sebelumnya telah memaparkan penyebab kalian malas belajar. Ada masalah pasti ada solusi maka dari itu simak artikel berikut, agar kalian dapat mengetahui cara menanganinya jika kalian malas belajar.

Kekuatan terbesar ada dalam diri kalian. Untuk menimbulkan semangat belajar, kalian butuh beberapa faktor-faktor ini yang pada dasarnya bisa kalian atasi sendiri.
mengatasi malas belajar

1. Membuat Jadwal Belajar

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan muncul sifat malas adalah tidak memiliki planning atau rencana. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membuat jadwal belajar. Jadwal belajar akan membuat kalian mengingat waktu. Jadwal belajar dapat berupa apapun, mulai dari menulis pada dinding kamar, hingga membuat pengingat dengan alarm pada HP. Belajar tidak perlu lama, yang penting efektif. Dengan mengosongkan waktu selama 15-20 menit untuk belajar, akan sangat baik dalam menghilangkan kebiasaan malas kalian.

2. Membuat Target Belajar

Terkadang hal ini yang sering dilupakan oleh para pelajar. Mereka telah meluangkan waktu mereka beberapa menit, tetapi tidak mendapatkan apapun. Dengan memiliki target belajar, kalian akan lebih terarah dalam belajar. Misal, dalam senin dan selasa kalian akan belajar dan memahami tentang Logaritma. Dengan begitu belajar kalian akan efektif.

3. Mulai dengan Pelajaran yang Kalian Sukai

Pelajar yang malas belajar biasanya karena mereka tidak menyukai beberapa pelajaran. Maka dari itu hal ini penting untuk menumbuhkan semangat belajar kalian. Pelajarilah hal yang kalian sukai terlebih dahulu. Misal, kalian suka dengan matematika, maka mulailah dengan belajar matematika setiap harinya, nahhh dengan rutinitas tersebut, lama-kelamaan kalian akan merasa bosan dengan satu mata pelajar, dan kalian akan mulai mecoba memperlajari mata pelajaran lain.

4. Membuat Cara Belajar Versi Kalian Sendiri

Karena yang paling tau diri kalian adalah diri kalian sendiri. Maka buatlah belajar dengan cara atau versi kalian sendiri. Ada beberapa pilihan di bawah ini, yang jika kalian menjawab dapa membuat cara belajar versi kalian sendiri:
Buku atau Laptop
Rumah atau Café
Sendiri atau Ramai
Memahami materi atau langsung membaca soal
Buang HP sejenak atau HP tetap ditangan
Nahhh jawab yaa di kolom komentar.

5. Mencari Panutan atau Idola

Semua orang pasti memiliki panutan atau idola, mulai dari orangtua kalian sendiri hingga artis-artis korea yang kalian tidak tau darimana asalnya. Panutan atau idola kalian akan menjadi contoh bagi kalian, maka dari itu carilah panutan atau idola kalian dalam pendidikan. Dengan adanya panutan atau idola kalian akan menjadi semangat untuk seperti mereka.

*Jerome Polin dan Leonardo Edwin mungkin bisa menjadi Panutan atau Idola kalian…

Atau jika kalian ingin menjadi dokter sekaligus penulis, kalian dapat menjadikan Ibnu Sina sebagai panutan kalian.

6. Membuat Suasana

Mungkin ini yang harus benar-benar kalian pahami. Membuat suasana adalah hal yang penting untuk menangani malas belajar kalian. Mulai dengan membuat suasana ambisius pada kamar kalian (membuat tulisan cita-cita kalian dengan besar di dinding kamar) atau berkunjung ke toko buku terdekat, hingga berkumpul dengan teman-teman yang memiliki tinggat semangat yang tinggi adalah beberapa cara untuk membuat suasana agar kalian terpacu untuk terus belajar.

7. Jangan Menunda-nunda

Jika kalian telah menyusun konsep belajar yang begitu baik. Maka jangan berfikir panjang lagi, kalian harus langsung memulainya. Kebiasaan orang adalah menunda-nunda sehingga mereka tidak mendapatkan hasil karena mereka tidak pernah memulainya. Hindari kata-kata “NANTI” , satu kata ini sangat berpengaruh untuk kalian dalam berproses. Lakukan hal yang telah kalian rencanakan dan jangan menunda-nunda.

Nahhhh itu tadi beberapa cara untuk menangani jika kalian malas belajar. Jika hal-hal di atas kalian lakukan maka kalian akan dapat meningkatkan semangat belajar kalian. Ingatlah bahwa semangat belajar bisa datang darimana saja, tak terkecuali diri kalian sendiri.

“Jangan malas belajar Gaiss, Kalian harus ingat, ada Orangtua yang harus kalian Banggain”

*Tungguin Artikel selanjutnya…..

Tengyuuu Gais.

No comments