8 Aplikasi Android untuk Menunjang Aktvitas Blogger

Share:

Pada umumya, para blogger lebih senang menggunakan PC atau Laptop untuk menjalankan aktivitasnya sebagai blogger. Namun sebagai blogger, pasti kita tidak selalu dapat berada didepan PC untuk mengamati perkembangan blog yang kita miliki. Adakala kita harus memikirkan aktivitas-aktivitas lainnya didunia nyata. Terkadang kita juga harus pergi dan tidak dapat membawa laptop karena keadaan yang tidak memungkinkan.

Dan yang mungkin kita gunakan untuk aktivitas bloggig adalah smartphone. Lantaran lebih mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil. Google pun menyadari itu, dengan meningkatnya pengguna smartphone berbasis android. Google sebagai pemilik blogger meluncurkan aplikasi blogger mobile untuk menunjang aktivitas para blogger. Dengan begitu, para blogger dapat menulis artikelnya dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu repot-repot menulis menggunakan laptop.

Namun, sebagian blogger tidak suka menulis artikel menggunakan smartphone atau HP yang ia miliki. Alasannya adalah karena kesulitan dalam menulis serta sering terjadi kesalahan dalam penulisan. Apalagi hanya menggunakan jempol saja dalam penulisannya, pasti akan sangat melelahkan.

Memang cukup banyak kekurangan ngeblog menggunakan Android. Ane pun menyarankan agan-agan semua untuk menggunakan PC dan laptop saja. Karena lebih mudah dan efisien dalam pengerjaannya.

Namun tidak ada salahnya ngeblog menggunakan android. Asalkan android tersebut digunakan hanya sebagai penunjang aktivitas ngeblog saja.Agar produktivitas dalam menulis semakin meningkat.
Dan untuk menunjang dan meningkatkan produktivitas tersebut. Berikut adalah 8 Aplikasi Android untuk Menunjang Aktvitas Blogger

BlogPost

BlogPost adalah aplikasi pertama yang harus ada di android para blogger. Aplikasi ini memungkinkan agan untuk mengakses beberapa platform sekaligus seperti wordpress, blogger, dan youtube. Denga begitu, agan dapat mengupdate serta mengelola blog agan dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghemat aplikasi yang terpasang pada android agan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memasangnya di android agan-agan blogger.

Evernote

Evernote adalah aplikasi yang dapat membantu agan dalam mencatat ide-ide yang muncul secara tiba-tiba. Dan itu sangat berfungsi disaat agan tidak dapat mengakses PC atau laptop. Dan dengan adanya evernote di android, agan dapat menyimpannya sebagai bahan untuk menulis artikel. Ini juga berfungsi ketika agan menemukan sebuah tema untuk artikel yang akan agan tulis. Agan dapat menuliskan pokok-pokok pembahasan terlebih dahulu dan kemudian mengembangkannya.

Google Reader

Google Reader berfungsi layaknya RSS Feed, yang mana agan dapat berlangganan dan mendapatkan artikel-artikel terbaru dari blog favorit agan.

Mungkin agan berpikiran aplikasi ini tidak terlalu menguntungkan bagi agan, melainkan menguntungkan untuk blog lain. Memang menguntungkan untuk blog lain, tetapi agan juga akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi ini.

Coba agan pikirkan, dengan mendapatkan artikel terbaru dari blog yang menurut agan bagus kualitasnya, berarti agan telah mendapat sumber referensi konten. Yang mana agan akan mendapatkan poin-poin penting untuk sebuah artikel. Dan kemudian agan dapat menuliskannya dengan bahasa serta opini agan sendiri. Dengan begitu agan akan membuat sebuah artikel yang berkualitas. Tapi ingat, bukan Copy Paste, melainkan sumber referensi.

Google Adsense

Google Adsense adalah situs pengiklanan terpopuler dikalangan blogger. Adsense adalah sumber penghasilan terbesar dari aktivitas blogging. Maka dari itu, aplikasi ini penting untuk memantau penghasilan yang agan peroleh. Tapi jika blog agan belum diterima adsense, lebih baik jangan diinstal terlebih dahulu.

Google Analytics

Google Analytics adalah aplikasi penting yang harus agan miliki untuk menunjang aktivitas sebagai blogger. Dengan aplikasi ini agan dapat memantau lalu lintas atau jumlah pegunjung blog agan setiap harinya. Dengan begitu, agan juga dapat menargetkan jumlah pengnjung setiap harinya demi perkembangan blog agan. 

Pocket

Pocket adalah aplikasi yang dapat menyimpan url atau alamat sebuah website. Aplikasi ini sangat berguna karena dapat membantu kita untuk membuka kembali sebuah website yang memiliki sebuah poin peting untuk dijadian artikel berkualitas. Kita juga dapat membaca banyak website untuk dijadikan sumber referensi tulisan tanpa harus mencari ulang website yang ingin kita baca.

SwiftKey Keyboard

Salah satu penyebab blogger malas menulis artikel menggunakan smartphone adalah karena sulitnya menulis. Namun dengan aplikasi ini blogger dapat meminimalisir tingkat kesulitan tersebut. Aplikasi memiliki keunggulan yaitu dapat membantu kesalahan ejaan dan kesalahan ketik. Aplikasi ini juga salah satu aplikasi terlaris didunia.


Hootsuite

Keunggualan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk mengelola beberapa akun media sosial seperti facebook, twitter, google+ dan masih bayak lagi. Yang mana hal tersebut dapat memudahkan blogger dalam mempromosikan blognya ke media sosial. Setiap ada postingan baru blogger dapat langsung membagikannya kesemua akun media sosial yang ia miliki. Dengan begitu pengunjung akan semakin meningkat.

Baca Juga:
Cara Menggabungkan File Film yang Terpisah
3 Software Encode Film dengan Keunggulannya Masing-Masing

Itulah aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang aktivitas seorang blogger untuk lebih produktif dalam menulis sebuah konten yang berkualitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk agan-agan semua, khususnya para blogger.

4 comments:

  1. wuiss mantap gan, walaupun lewat smartphone blogging tetap jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, blogging harus tetap jalan walaupun bukan didepan laptop

      Delete
  2. masih banyak aplikasi lain yang dapat menunjang aktivitas ngeblog di android, terima kasih gan atas informasinya...
    Salam www.rsilucky.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, terima kasih juga kunjungannya

      Delete