Sarapan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Share:
Sarapan berkontribusi sangat besar terhadap nutrisi tubuh terutama otak. Sarapan juga dapat memberikan energi untuk memulai aktivitas. Namun, banyak pula orang yang kerap kali melupakan sarapan. Kerja, sekolah, atau takut gemuk adalah alasan beberapa orang untuk mengabaikan sarapan. Padahal sarapan sangatlah penting bagi tubuh. Ini bukan tanpa alasan, beberapa studi penelitian mengatakan sarapan pagi dapat memberikan energi untuk memulai aktivitas, meningkatkan kosentrasi dan kinerja serta pengendalian berat badan.

Sarapan juga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan oleh Journal of Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa sarapan pagi, terutama dengan biji-bijian, sereal, susu rendah lemak dan buah,dapat mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, seseorang yang melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Ini dijelaskan dalam studi tahun 2015 yang diterbitkan oleh Public Health Nutrition, sarapan teratur berpotensi untuk mencegah diabetes tipe 2.

Penderita diabetes tidak selamanya harus memakan makanan yang hambar. Bosan rasanya jika ingin mempertahankan gula darah dengan makanan-makanan tersebut. Maka dari itu, resep-resep berikut dapat dibuat demi mengisi santapan pagi yang sehat dan juga nikmat.

Smoothie

Smoothie adalah makanan yang paling cocok masuk menu sarapan untuk penderita diabetes. Smoothie yang dibuat dengan bahan yang tepat akan memberikan banyak nutrisi tanpa mempengaruhi gula darah. Untuk membuat smoothie bagi penderita diabetes beberapa pilihan yang baik untuk bahan dasar termasuk susu bebas lemak, yogurt tanpa lemak, susu almond, atau bahkan teh hijau.

Selanjutnya, pilih buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan dan rendah glikemik, seperti stroberi, apel, blueberry, alpukat, mentimun, bayam, kangkung, dan sebagainya. Tambahkan juga dengan kacang, biji rami atau biji chia untuk meningkatkan kandungan serat yang  memberikan rasa kenyang.

Cara membuat:
Masukan ½ cangkir bayam ke dalam blender.
Tambahkan ½ cangkir berry beku seperti blueberry, raspberry, stroberi, atau campuran buah yang berbeda.
Tambahkan ½ cangkir setiap susu almond dan yogurt Yunani.
Tambahkan 2 sendok makan biji rami dan 1 sendok teh bubuk kayu manis.
Haluskan bahan beberapa menit.

Jika tidak memiliki beberapa bahan, gunakanlah salah satu bahan yang ada, itu sudah cukup memenuhi menu sarapan pagi hari.

Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan lainya yang baik untuk penderita diabetes. Nikmati oatmeal beberapa kali dalam seminggu untuk menghilangkan rasa bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja.

Oatmeal sangat mudah dibuat, tambahkan oatmeal dengan susu rendah lemak dan madu, tambahkan pula beberapa toping seperti buah apel dan stroberi untuk membuatnya lebih nikmat. Dan terkahir nikmati semangkuk kecil oatmeal tanpa harus memikirkan gula darah.

Omelet Bayam dan Tomat

Putih telur kaya akan protein dan antioksidan, protein dalam putih telur dapat memenuhi energi di pagi hari. Selain itu, putih telur juga dapat memperlambat penyerapan glukosa dan tidak akan mempengaruhi gula darah bagi penderita diabetes.

Cara membuat:
Masak beberapa bayam dan tomat dalam wajan anti lengket dengan 1 sendok makan minyak zaitun.
Masukan 2 putih telur dan satu sendok makan susu skim.
Terakhir tambahkan beberapa sayuran segar sepert kemangi dan peterseli atau beberapa sayuran favorit lainnya.

Yogurt rendah lemak

Yogurt mengandung protein, kalsium dan banyak nutrisi penting lainnya yang membuat perasaan kenyang sepanjang pagi.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Diabetologia, jurnal dari Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes, menemukan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat menurunan risiko diabetes tipe 2. Studi lainnya yang diterbitkan pada tahu 2014 dalam Journal of Research in Medical Sciences menyarankan bahwa konsumsi yogurt probiotik dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan alternatif untuk meningkatkan dislipidemia pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Semangkuk yoghurt Yunani akan membuat sarapan lebih bervariasi dan tidak membosankan. Boleh juga membuatnya lebih sehat dan lezat dengan menambahkan beberapa almond dan buah pir, apel, strawberry atau blueberry.

Kacang Almond dan Buah-buahan

Saat sedang terburu-buru dan tidak ada wktu untuk membuat menu sarapan seperti yang diatas. Kamu dapat pula menggantikannya dengan mengonsumsi kacang almond dan buah-buahan. Kacang almond meningkatkan kontrol glikemik dan lipid pada orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Menggabungkan kacang almond dengan buah yang memiliki glikemik rendah akan memberikan kekuatan antioksidan dan nutrisi penting lainnya. Beberapa buah-buahan rendah glisemik yang bisa dinikmati untuk sarapan adalah persik, apel atau jeruk.

Itulah bebarapa menu sehat sarapan untuk penderita diabetes. Jadi bagi penderita diabetes, tidak perlu risau akan makanan yang hambar demi menjaga gula darah. Resep-resep tersebut dapat digunakan sebagai variasi sarapan yang sehat dan nikmat.

Baca Juga:
Konsumsi Timun Setiap Hari agar Pipi Anda Tirus
Minum Kopi Secukupnya agar Hidup Lebih Lama

Sumber referensi:
http://www.top10homeremedies.com/

image:
http://www.top10homeremedies.com/
http://kingofwallpapers.com/yogurt.html
http://www.huffingtonpost.com/
https://dinner-democracy.com/
http://www.hotelgiraffe.com/

No comments