5 Makanan Ini Mampu Mengatasi Depresi

Share:
Depresi merupakan suatu keadaan dimana anda merasa tertekan secara berlebihan. Ini bisa dikarenakan harga diri anda yang terluka, hidup yang sulit, atau juga merasa dirugikan.

Sebenarnya depresi adalah gangguan mood yang umum dan sering terjadi. Namun gangguan ini bisa serius apabila gejala yang timbul mempengaruhi aktivitas anda. Susah tidur, napsu makan meningkat atau menurun, dan malas bekerja mungkin menjadi gejala dari gangguan mood tersebut.

Jika anda sudah mengalami depresi, bukan hanya anda yang dirugikan, teman-teman dan keluarga pun akan ikut merasakannya. Maka dari itu, perlu bagi anda untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi depresi adalah terapi, meditasi, latihan fisik atau olahraga dan diet.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Rendah Diri

Selain itu, depresi juga dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan. Banyak makanan yang sudah terbukti secara ilmiah mampu mengatasi depresi. Makanan dengan kandungan triptofan, vitamin b dan vitamin d, serta asam lemak omega-3 dipercaya memiliki dampak langsung terhadap mood anda.

Lalu apa saja makanan tersebut, berikut adalah makanan yang dapat meningkatkan antidepresan dalam tubuh anda dan mampu mencegah depresi dalam jangka waktu yang lama.

Teh Hijau
image: http://www.lifehack.org/

Mengonsumsi teh hijau dipercaya mampu menurunkan depresi secara signifikan. Ini dikaitkan karena dalam teh hijau mengandung asam amino dan antioksidan yang tinggi.

Pada tahun 2009 sebuah studi yang di publikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa kebiasaan mengonsumsi teh hijau mampu menurunkan gejala depresi.

Selain itu, studi yang dipublikasikan oleh Public Health Nutrition pada tahun 2014 menunjukan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau sampai empat kali dalam sehari mampu mengurangi gejala depresi dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi satu cangkir sehari.

Jadi jika anda mengalami depresi, anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi teh hijau 3-4 cangkir sehari untuk mengembalikan mood anda.

Baca Juga: Hindari Makanan Ini di Malam Hari agar Pipi Tidak Bengkak di Pagi Hari

Kacang Almond
image: https://authoritynutrition.com/

Makanan selanjutnya yang mampu mengatasi depresi adalah kacang almond. Fakta menunjukan magnesium yang renda dalam tubuh mempengaruhi depresi dan gangguan mood lainnya. Dan pada kacang almond terdapat kandungan magnesium yang tinggi.

Sebuah studi yag diterbitkan oleh Medical Hypotheses mengatakan bahwa makanan kaya magnesium dapat membantu mengobati gejala depresi.

Maka dari itu, ngemil 20-30 kacang almond sehari dapat mempengaruhi perubahan postif pada mood anda.

Asparagus
image: http://www.oahufresh.com/

Sayuran hijau seperti asparagus ternyata juga dapat mengurangi depresi. Aspargus mengadung vitamin B, asam folat, dan triptofa yang mampu mengatasi gejala-gejala depresi.

Sebuah studi pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology mengatakan asam folfat dan vitamin B12 penting untuk pengobatan depresi.

Selain itu, pada tahun 2009sebuah studi yang dipublikasikan oleh World Journal of Biological Psychiatry menyatakan bahwa triptofan mampu memberikan sinyal dan mengaktifkan hormon serotin pada otak. Yang mana hormon serotin mampu memberikan rasa nyaman dan bahagia.

Coklat Hitam
image: http://food.ndtv.com/

Coklat hitam mampu mengaktifkan hormon serotin dalam tubuh. Kadar serotin tersebut jumlahnya mampu menyamai dengan antidepresan. Sehinggan gejala-gejala depresi dapat teratasi dengan mengonsumsi coklat hitam.

Beberapa studi mengatakan mengonsumsi 50 gram coklat hitam dalam tiga hari mampu menrunkan tingkat kegelisahan, stress, depresi.

Untuk membantu mengatasi depresi, anda dapat mengonsumsi setidaknya 1-2 ons coklat hitam setiap harinya.

Salmon
image: https://www.organicfacts.net/

Ikan salmon dipercaya mampu mengatasi masalah-masalah gangguan mood seseorang. Ini bukan tanpa alasan, kandungan asam lemak omega-3 pada salmon mampu melawan depresi.

Selain karena tertekan, orang yang mengalami depresi biasanya kekurangan asam lemak omega-3. Maka dari itu salmon penting anda masukan pada daftar menu sajian anda.

Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada salmon adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Yang mana keduanya berperan penting dalam fungsi saraf dan pengaturan suasana hati.


Itulah 5 makanan yang mampu mengatasi masalah mood anda. Apabila anda sudah mengalami depresi, lebih baik konsumsilah makanan-makanan tersebut. Dengan begitu, masalah depresi anda dapat teratasi dengan cepat dan tidak akan merugikan orang lain termasuk diri anda sendiri.

2 comments:

  1. kalo lagi patah hati bisa gak yaa :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa gan untuk ningkatin moodnya, tapi sakitnya tetep wkwkwk

      Delete