5 Hal Ini Legal Dilakukan Apabila Anda Mengunjungi Negara yang Tepat

Share:
Berbeda negara, berbeda pula peraturannya.

Ada hal yang boleh dilakukan di negara satu, tetapi tidak boleh dilakukan di negara dua.

Itu adalah sebuah hal yang wajar.

Kita mengenal yang namanya norma sosial dan norma hukum. Dimana norma sosial adalah kebiasaan umum menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu. Sedangkan norma hukum berarti aturan sosial yang dibuat oleh lembaga pemerintah.

Artinya apa?

Hidup terkadang harus dibatasi...

...untuk apa? Tentu, demi kebaikan bersama.

Demi menciptakan kondisi yang tentram bagi semua rakyat, peraturan memang perlu dibuat disuatu negara. Karena norma saja itu tidak cukup untuk memanusiakan semua masyarakatnya.

Untuk itu sebagai warga negara yang baik, patutlah kita menjaga ketertiban dengan tidak melanggar peraturan-peraturan yang telah dibuat.

Walaupun demikian, masih banyak pula orang yang menginginkan kebebasan. Maksudnya, mereka menganggap apa yang mereka lakukan masih dalam konteks yang wajar. Padahal, hal yang mereka lakukan sudah melanggar norma-norma sosial.

Misalnya seperti ini....

... di Indonesia, kaum hawa lebih dianjurkan menggunakan rok panjang yang menutupi sampai mata kaki.

Berbeda dengan di Jepang, wanitanya boleh menggunakan rok pendek.

Dan apabila seorang wanita yang berada di Indonesia mengikuti gaya hidup wanita di Jepang, yaitu dengan menggunakan rok pendek. Maka, kita sebagai masyarakat Indonesia akan menganggap hal itu adalah sebuah kesalahan.

Jadi, memang semua tindakan-tindakan itu ada batasnya dan kita tidak boleh melewati batas tersebut.

Tetapi jika anda menginginkan kebebasan dan melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan di Indonesia, anda harus mengunjungi negara yang melegalkannya.

Karena ternyata, ada beberapa negara yang menganggap tindakan-tindakan "aneh" atau tidak diperbolehkan dibanyak negara masih dikategorikan wajar bahkan legal.

Lalu tindakan-tindakan apa saja dan negara mana yang melegalkannya, berikut pembahasannya.

1. Mengendarai Tank - Inggris
mengendarai tank
image: http://www.telegraph.co.uk/

Di Inggris anda boleh mengendarai tank di jalan. Sebenarnya hal tersebut tidak hanya di legalkan di Inggris. Amerika Serikat pun ada tempat yang menginzinkan warga negaranya untuk mengendarai tank.

Hal ini terjadi di Inggris, seorang ayah mengantarkan anaknya ke sekolah. Sepulang sekolah pun ia juga menjemputnya dengan tank tersebut.

2. Menjual Ginjal - Iran
menjual ginjal di iran
image: https://www.theguardian.com/

Hal aneh lainnya yang dilegalkan adalah menjual ginjal. Hal tersebut terjadi di Iran, beberapa orang yang ingin menjual ginjalnya dapat memanfaatkan dinding-dinding sebagai info menjual ginjal. Adapun yang biasa dilampirkan dalam pesan dinding tersebut adalah kesehatan ginjal mereka, golongan darah, dan nomor telpon yang bisa dihubungi.

Anehnya lagi, ada persaingan disana. Itu menandakan penjualan terhadap organ tersebut cukup tinggi.

Baca Juga: Selain di Pulau Komodo, Ini 7 Tempat dengan Keajaiban Airnya yang Berwarna Pink

3. Menikah dengan Hewan - India
menikahi anjing di india
image: http://patahabarikamili.blogspot.co.id/

Di India, anda bisa bebas memilih hewan apa yang ingin anda nikahi. Dan yang paling populer disana adalah menikahi anjing.

Hal ini benar terjadi pada seorang pria di New Delhi. Ini menceritakan tentang kisahnya dulu ketika ia sering menyiksa anjing. Dan ia kemudian mendapatkan sebuah kutukan berupa penyakit atas kekejamannya tersebut. Seorang peramal mengatakan untuk menghilangkan kutukannya ia harus menikahi anjing.

Akhirnya ia pun menikah dengan hewan tersebut. Bahkan keluarganya ikut membantu memilih mempelai wanitanya.

Walapun masyarakatnya mewajarkan hal tersebut dengan alasan yang sebenarnya aneh (kutukan), tapi hal itu sebenarnya tidak sah secara hukum.

4. Mencuri Karya Seni - Belanda
pengambilan karya seni di belanda
image: http://www.fenimoreartmuseum.org/

Di Belanda sebuah karya seni yang bahkan harganya tak ternilai pun bisa anda curi. Bukan mengajarkan melakukan kejahatan dan tindakan kriminal.

Tetapi memang di Belanda, apabila ada sebuah karya seni yang dicuri dan polisi tidak menemukannnya hingga kurun waktu 20 tahun. Maka karya seni tersebut sudah bisa menjadi milik anda secara legal.

Anda tidak perlu menjualnya ke pasar gelap, karena setelah waktu yang lama itu (20 tahun), karya tersebut benar-benar menjadi milik anda.

Baca Juga: 6 Gedung Pencakar Langit Ini Kosong dan Terbengkalai

5. Berjalan dengan Tidak Menggunakan Pakaian - Spanyol
pantai di spanyol
image: http://www.readersride.com/

Di Spayol terdapat banyak pantai yang melegalkan wisatawannya untuk tidak menggunakan pakaian. Tidak ada teguran dari wisatawan lain bahkan polisi untuk mengingatkan hal tersebut.

Jangankan di pantainya, berjalan pun anda boleh melakukan hal tersebut. Mungkin tidak banyak yang tau, tetapi tidak berpakaian di tempat umum dilegalkan disana.

Bahkan hal tersebut pun tercantum sebagai salah satu hak asasi manusia disana. Sempat ada upaya untuk mengubah peraturan tersebut, sayangnya upaya tersebut gagal.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Mau Balikan Sama Mantan

Walaupun hal-hal tersebut boleh dilakukan di berbagai negara yang melegalkannya. Tetapi sudah sepatutnya kita mengingat bahwa adalah ada hal yang bisa dilakukan dan ada hal yang harus dilakukan.

Maksudnya, sebelum melakukan apapun, tanyakan dulu pada diri sendiri. Apakah hal yang bisa kita lakukan ini, harus dilakukan?

Karena pada dasarnya, makna bisa dan harus itu berbeda.

No comments