Selain di Pulau Komodo, Ini 7 Tempat dengan Keajaiban Airnya yang Berwarna Pink

Share:
Sebagai pecinta travelling, harusnya kita bangga menjadi warga negara Indonesia. Dengan banyaknya tempat yang menyediakan keindahan alam, kita tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri dan menghabiskan uang banyak untuk travelling. Cukup dengan menyesuaikan kantong, kita bisa memilih tempat liburan yang ingin kita datangi.

Salah satu tempat yang menyediakan keindahan alam luar biasa adalah Pantai Merah Muda di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Seperti namanya, Pantai Merah Muda memiliki keindahan alam berupa pasirnya yang berwarna pink. Dari pasir tersebutlah, membuat air di pantai tersebut seperti berwarna pink. Masyarakat sebenarnya lebih sering menyebutnya sebagai pantai merah, namun wisatawan lebih memilih menyebutnya sebagai Pink Beach.

Dan perlu anda ketahui, ternyata keindahan alam tersebut tidak hanya terjadi di Pantai Merah Muda di Pulau Komoda. Masih ada beberapa tempat dengan keajaiban airnya yang berwarna pink.

 image: https://travels101.com/

Lalu dimana sajakah tempat-tempat tersebut. Berikut 7 Tempat dengan Keajaiban Airnya yang Berwarna Pink

Baca Juga: Kamu Bukan Berbeda, Kamu Istimewa

Kolam Garam Cargill di San Francisco

http://postlicious-id.blogspot.co.id/

Selama 150 tahun lamanya, kolam dengan luas lebih dari 15 ribu hektar tersebut menjadi salah satu industri utama di San Francisco. Tidak hanya berwarna pink, kolam tersebut memiliki beragam warna tergantung tingkat atau kandungan garamnya. Jika dilihat dari ketinggian seperti didalam pesawat, pemandangan warna kolam tersebut akan sangat terlihat.

Pemandangan tersebut adalah hasil dari mikroorganisme sejenis alga yang biasa disebut Dunaliella. Yang menyebabkannya berwarna merah muda adalah karena kandungan garamnya yang tinggi, apabila kandungan garamnya rendah warna ganggang yang tumbuh adalah hijau. Selain menciptakan warna yang indah, ganggang-ganggang tersebut ternyata juga berperan terhadap kualitas garam yang dihasilkan.

Pasir Pantai Pink di Bahama

image: http://www.placestoseeinyourlifetime.com/

Layaknya Pantai Merah Muda di Pulau Komodo, pantai yang terletak di Pulau Harbour Bahama ini juga memiliki pasir yang berwarna pink. Pasir Pantai Pink membentang sejauh 3 mil di Pulau Harbour, Bahama. Perubahan air menjadi pink sangat terlihat ketika pasir pantai di sapu ombak.

Pemandangan tersebut dikarenakan di dalam pasir terdapat banyak organisme bersel satu yang biasa disebut foraminifera. Foraminifera hidup di terumbu karang dan menyebabkan terumbu karang tersebut memiliki beragam warna termasuk pink. Sementara foraminifera yang mati akan terbawa ke pantai dan tercampur dengan pasir. Foraminifera yang mati dan tercampur dengan pasir itulah yang menyebabkan pasir pantai disana menjadi berwarna pink.

Baca Juga: Cara Mencegah Pencurian Artikel di Blog

Danau Hillier di Australia

image: http://www.independent.ie/

Danau Hillier adalah salah satu danau terbaik di Australia dengan keajaiban airnya yang berwarna pink. Karena jika cari informasi mengenai danau-danau di Australia, ternyata cukup banyak pula yang berwarna pink. Danau tersebut terletak di Pulau Middle, Australia Barat.

Layaknya Kolam Garam Cargill, Danau Hillier juga disebabkan karena Dunaliela salina. Ganggang yang menyukai air dengan kadar garam tinggi tersebut menyebabkan air menjadi terlihat berwarna pink. Selain itu, sejumlah mikroba sejenis extremophile membuat warna air menjadi tak biasa.

Danau Retba di Senegal

image: http://www.lakeretba.com/

Danau Retba yang terletak di Senegal adalah salah satu danau yang menyerupai laut mati. Mengapa demikian, ini dikarenakan Danau Retba memiliki air asin dengan kandungan garam yang cukup tinggi. Penyebabnya sama, yaitu Dunaliella yang bercampur mineral dan terkena sinar matahari. Diwaktu tertentu danau tersebut dapat berubah warna menjadi merah.

Baca Juga: Minum Kopi Secukupnya agar Hidup Lebih Lama

Danau Masazirgol di Azerbaijan

image: https://findery.com/

Danau Masazirgol adalah danau pink lainnya yang terletak di Kota Suburban, Azerbaijan. Danau ini berwarna pink karena kandungan garamnya yang cukup tinggi. Danau ini memberikan penduduk setempat cukup penghasilan karena memanen garam dari air dan tanah sekitarnya. Namun, ada cukup banyak endapan belerang di danau ini, yang berakibat pada bau telur busuk yang menyengat.

Danau Dusty Rose di Kanada

image: http://travel.spotcoolstuff.com/

Danau Dusty Rose terletak di British Colombia, Kanada. Berbeda dari danau-danau sebelumnya, danau ini merupakan danau yang tidak memiliki ganggang dan tidak terdapat kandungan garamnya. Belum ada yang benar-benar tau apa penyebab dan bagaimana danau tersebut dapat berwarna pink. Tetapi yang pasti, danau tersebut mampu menarik pengunjung yang banyak setiap tahunnya, walaupun akses menuju lokasi cukup sulit dan terpencil.

Baca Juga: Foto Langka Ini Diambil Sehari Sebelum Kapal Titanic Berlayar

Danau Salina de Torrevieja di Spanyol


image: http://blog.marinareservation.com/

Danau Salina de Torrevieja merupakan salah satu danau yang paling indah di dunia. Danau ini biasa digunakan sebagai tempat penghasil garam dan memancing. Lokasinya yang terletak di Laut Mediterania membuat banyak pengunjung yang datang setiap saat di sepanjang tahunnya. Kandungan garam pada danau ini tidak terlalu tinggi sehingga banyak pengunjung yang mandi ataupun hanya berendam di danau ini.

Baca Juga: Cara Memperkecil Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Itulah beberapa tempat dengan keajaiban airnya yang berwana pink atau merah muda. Sebenarnya alasan mengenai airnya yang berwarna pink dapat dijelaskan dengan mudah. Misalnya kandungan garam yang tinggi ataupun terdapat ganggang Dunaliela. Namun, keunikan warna itulah yang menjadi alasan mengapa keindahannya disebut sebagai kejaiaban.

No comments