6 Tempat Wisata Langka yang Wajib Dikunjungi Jika Berlibur ke Siberia

Share:
Berbicara tentang liburan, sulit rasanya memilih tempat yang benar-benar ingin dikunjungi. Dalam negeri saja sudah banyak sekali tempat liburan yang bisa dikunjungi dengan mudah. Terlebih tempat-tempat wisata asik dengan biaya yang murah meriah.

Liburan untuk mendaki gunung saja sudah banyak, pantai apalagi. Sejarah? Jangan ditanya. Jadi memang sudah sepatutnya, kita berbangga dengan wisata-wisata keren yang ada di Indonesia.

Walaupun demikian, tidak ada salahnya jika anda ingin berlibur ke luar negeri. Terlebih tempat wisata tersebut langka dan belum pernah dijumpai di dalam negeri. Contohnya di Siberia, walaupun cukup jauh dari negeri sendiri, tetapi tidak ada salahnya untuk setidaknya berlibur ke Siberia sekali seumur hidup.

Karena ternyata Siberia memiliki tempat-tempat wisata langka yang mungkin belum pernah anda lihat sebelumnya. Lalu dimanakah letak dan seperti apa wisata dengan bentuk geologis yang menakjubkan tersebut? Berikut ulasannya.

Danau Baikal
danau baikal siberia
 image: https://todiscoverrussia.com/

Salah satu danau yang paling terkenal di Siberia adalah Danau Baikal. Bentuk bebatuannya yang unik serta keindahan air danaunya yang berwarna cerah membuat liburan terasa tidak membosankan. Letak Danau Baikal di selatan Siberia di Rusia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk.

Selain keindahannya, ada fakta menarik tentang danau ini yang mungkin tidak salah rasanya apabila menyebut liburan ke tempat ini sebagai wisata langka. Karena ternyata Danau Baikal merupakan danau terdalam dan tertua yang ada di muka bumi ini. Dan danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan 90% air tawar Rusia. Tidak sampai disitu, danau ini juga merupakan situs warisan dunia yang juga dikenal sebagai "Mata Biru Siberia".
.
Kawah Putorana
destinasi wisata kawah putorana

Kawah Putoran merupakan salah satu keajaiban alam di Rusia yang masuk dalam daftar Warisan Dunia Unesco. Salah satu yang menjadi daya tarik Kawah Putorana adalah bentuk geologisnya yang sangat indah. Jumlah air terjun dan danau yang ada di kawah tersebut sangat banyak.

Kawah terindah di Rusia ini terletak di wilayah Karsnoyarsk, Kawah Siberia Pusat. Mungkin Kawah Putorana merupakan destinasi wisata tersulit untuk di kunjungi saat berlibur ke Siberia. Ini dikarenakan wilayah tersebut benar-benar terisolasi. Untuk mencapai Kawah Putorana anda harus terbang ke Norilsk, kemudia dilanjutkan dengan menyewa helikopter pribadi ke Putorana.

Taman Nasional Ergaki
taman nasional ergaki
 image: http://migushin.com/

Di daerah Pegunungan Sayan bagian selatan, Siberia Barat, sebuah taman yang indah telah berdiri selama berabad-abad. Taman tersebut adalah Taman Nasional Ergaki. Pemandangannya yang alami akan membuat anda takjub saat melihatnya. Bahkan danau yang ada disana meruaakan danau yang paling tidak tercemar di planet ini.

Sulit memang menggambarkan keindahan dari taman ini, oleh karena itu, mungkin melalui foto yang diambil beberapa fotografer terampil berikut akan sedikit memberikan gambaran tentang indahnya Taman Nasional Ergaki:

Serge Larin, Alexey Skachkov, Alexander Dementyev.

Por Bajin
Situs sejarah kuno por bajin
image: http://www.disclose.tv/

Por Bajin atau yang artinya rumah tanah liat mungkin salah satu teka-teki terbesar di Siberia yang belum terpecahkan. Terletak di tengah danau kecil wilayah Tuva, Siberia, pulau ini menjadi misteri karena reruntuhan bangunannya.

Dari segi arsitekturnya menggambarkan secara nyata fitur-fitur dalam budaya tionghoa. Mulai dari istana-istana kota serta rumah penduduk yang disusun rata mencerminkan aristektur dari Dinasti Tang.

Walaupun sebenarnya Por Bajin bukan tempat wisata, tapi sejarah kuno serta misteri dari pulau tersebut mungkin setidaknya memberikan sedikit pengetahuan sejarah setelah anda berlibur di Siberia.

Pegunungan Altai
pegunungan altai
image: https://www.zennergi.be/

Sama halnya dengan Danau Baikal dan Por Bajin, Pegunung Altai ternyata memiliki teka-teki yang misterius serta keajaiban alam didalamnya. Bentuk datarannya yang unik menjadi salah satu alasan tempat tersebut menjadi destinasi wisata langka yang wajib dikunjungi. Harta karun berupa ukiran batu dari jaman prasejarah menghiasi gua-gua di Pegunungan Altai. Selain itu keberagaman hayati serta spesies-spesies langka juga banyak terdapat di wiliyah tersebut.

Mendaki gunung dan menjelajahi gua menjadi pilihan destinasi terbaik untuk para wisatawan pencinta tantangan. Berenang di sungai atau menunggangi kuda untuk menjelajahi pegunungan juga dapat dilakukan di sepanjang wilayah terssbut.

Gurun Chara
gurun chara
 image: https://www.56thparallel.com/

Gurun Chara terletak di wilayah Trans-Baikal Siberia. Letaknya 25 mil dari Gletser Kodar, tempat dimana satu-satunya tur trekking gletser di wilayah Tenggara Siberia.

Gurun ini merupakan wisata terunik di Siberia karena letaknya yang dikelilingi pegunungan salju. Dengan latar pegunungan yang ditutupi salju tersebut membuat pemandangan spektakuler disekitar wilayah Gurun Chara. Ditambah lagi dengan terdapatnya danau es yang juga mengelilingi gurun tersebut, semakin membuat liburan anda berkesan.

Baca Juga: 5 Hal yang Sebenarnya Orang Kaya Lakukan

Itulah tempat-tempat wisata langka yang wajib anda kunjungi jika ke Siberia. Beberapa tempat mungkin memang sulit di akses karena alasan wilayah yang sedikit terisolasi. Namun masih ada destinasi wisata yang bisa anda pilih untuk berlibut bersama keluarga.

No comments