6 Tempat dengan Keanehan Geologisnya Ini Akan Membuat Anda Takjub

Share:
Banyak sekali tempat di dunia ini dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Mulai dari keindahan alam bawah laut hingga pemandangan luar biasa dari atas gunung. Semua itu tersebar di seluruh dunia, tergantung dimana letaknya.

Misalnya di Indonesia, seperti yang kita ketahui Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan. Maka yang menjadi daya tariknya adalah pantai, pegunungan dan keindahan alam bawah lautnya. Adapula beberapa tempat di penjuru dunia dengan keindahan alamnya berdasarkan letak geologisnya. 

Geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang ada dipermukaan bumi. Beberapa tempat memang memiliki keindahan karena bentuk batuannya. Seperti tempat-tempat berikut ini yang memiliki keindahan karena susunan ataupun bentuk batuannya yang tak biasa.

Tempat-tempat tersebut mungkin belum banyak diketahui orang karena kurang mendapat perhatian. Tetapi apabila anda mengetahuinya, mungkin anda akan sangat takjub dengan pemandangannya. Lalu dimana sajakah tempat-tempat tersebut. Berikut adalah 6 tempat dengan keanehan geologis yang mungkin akan membuat anda takjub.

Baca Juga: Cara Melindungi Konten Blog dengan Memasang DMCA

Gunung Thor

image: http://izismile.com/

Walaupun masih banyak gunung-gunung tertinggi yang melebihi gunung ini, tetapi puncak Gunung Thor masih menjadi pilihan para penantang ketinggian. Yang membuatnya aneh adalah puncaknya berbeda dari puncak gunung lainnya. Terlebih tebingnya vertikal, padahal umumnya tebing gunung adalah miring atau mengkerucut sampai keatas. Namanya unik pula, yaitu diambil dari nama dewa guntur, Thor.

Gunung Thor terletak di Taman Nasional Auyuittuq, Pulau Baffin Kanada. Tinggi tebing vertikalnya mencapai 1250 meter atau sekitar 4101 kaki. Mungkin alasan mengapa dinamakan Gunung Thor adalah karena suasana pegunungan menyerupai film Thor yang dirilis tahun 1965. Keadaan puncaknya yang tak biasa memang menjadi daya tarik bagi para pendaki gunung. Walaupun letaknya didaerah yang terpencil, apabila kita berhasil kesana pasti puas rasanya menikmati keindahan gunung tersebut.

Cerobong Asap Peri

image: https://pennstatermag.com/

Cerobong Asap Peri atau biasa disebut "Fairy Chimneys" merupakan bukti keindahan bebatuan yang terbentuk dari kekuatan vulkanisme dan tangan manusia. Fairy Chimney terbentuk dari letusan gunung berapi ribuan tahun lalu yang berbentuk kerucut. Struktur yang berlubang dikarenakan terjadinya erosi yang menyebabkan beberapa struktur bebatuan menjadi lunak.

Fairy Chimneys terletak di daerah Kapadokia tepatnya di Provinsi Nevsehir, Turki. Di Kapadokia memang menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer. Bahkan UNESCO mengakuinya karena Kapdokia memiliki kondisi geologi dan sejarah yang unik. Dan yang menjadi daya tariknya adalah Cerobong Asap Peri yang banyak orang mengatakan bak di Negeri Dongeng.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Mampu Mengatasi Depresi

The Three Sisters (Legenda Tiga Saudara Perempuan)

image: https://www.viator.com/

The Three Sisters adalah tiga buah hamparan batu pasir yang menjulang tinggi yang terbentuk akibat erosi tanah. Keindahan alam tersebut sering dikaitkan dengan mitos masyarakat daerah tersebut. Dikatakan ada tiga saudara perempuan yang bernama Meehni, Wimlah, dan Gunnedoo.

Suatu ketika ayah mereka yang bernama Tyawan pergi berburu dan tak sengaja Meenhi menjatuhkan batu kedalam jurang. Dimana jurang tersebut adalah tempat tertidurnya mahkluk jahat yang bernama Bunyip. Bunyip marah dan mengejar ketiga gadis tersebut. Tyawan yang ingin menolong mereka merubah mereka menjadi tiga pilar batu tersebut. Demi menyelamatkan dirinya juga ia menyihir dirinya menjadi burung. Sayangnya tongkat sihirnya jatuh  ke dasar lembah dan saat itu pula mereka tidak dapat merubah wujudnya.

The Three Sisters terletak di kawasan taman nasional Blue Mountains, Australia. Legenda tiga saudara tersebutlah yang menjadikan daya tarik para pelancong untuk berkunjung sekaligus berfoto disana. Sebenarnya ada beberapa versi mengenai legenda tersebut, tetapi intinya sama yaitu menceritakan tiga gadis yang di sihir menjadi pilar batu.

Baca Juga: Foto Langka Ini Diambil Sehari Sebelum Kapal Titanic Berlayar

Gunung Roraima

image: http://www.hike-venezuela.com/

Berada di puncak Gunung Roraima bak berada diatas sebuah meja yang sangat besar dan luas. Mengapa demikian, ini dikarenakan gunung tersebut memiliki puncak yang datar dan bersih dari tanaman menjalar. Sama halnya dengan Gunung Thor, Gunung Roraima memiliki tebing yang vertikal dengan ketinggian mencapai 400 meter atau 1300 kaki.

Gunung Roraima terletak di perbatasan antara tiga negara yaitu Venezuela dengan pemilik teritorial terluas, Brazil, dan Guyana. Gunung tersebut sering disebut sebagai dunia yang hilang dari zaman purba. Bagi tanaman sangat sulit untuk tumbuh disana. Layaknya menganut hukum rimba, yang kuat yang menang. Jika kita kesana, kita mungkin hanya akan melihat tumbuhan karnivora seperti kantong semar dan spesies sundew (tanaman berduri mirip kaktus).

Baca Juga: 8 Aplikasi Android untuk Menunjang Aktvitas Blogger

Hutan Shilin

image: https://www.flickr.com/photos/shanidov/4978818809/

Hutan sangat identik dengan tumbuhan dan hewan yang berada didalamnya. Tetapi bagaimana jika yang disebut hutan adalah kumpulan bebatuan yang menjulang tinggi, apakah masih bisa disebut hutan? Inilah yang terjadi pada Hutan Shilin yang terletak di Shilin Yi Provinsi Yunnan, China. Dengan koleksi bebatuan seperti stalagmit yang mencapai 500 kilometer persegi dan diperkirakan berusia hampir 300 juta tahun. Hutan ini memiliki daya tarik wisataman yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Biasanya tempat-tempat yang aneh dikaitkan dengan beberapa mitos atau cerita rakyat setempat. Begitu pula dengan Hutan Shilin, ada yang mengatakan mitos yang paling menonjol adalah kisah Ashima. Seorang gadis cantik yang terkena hukuman menjadi batu karena cinta terlarang.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Rendah Diri

Lembah Kering McMurdo di Antartika


image: http://www.wikiwand.com/

Apa yang anda pikirkan jika ditanya tentang Antartika? Pasti banyak orang akan mengatakan daerah yang dikelilingi dengan salju dan es. Tetapi bagaimana jika ada daerah kering bersih dari es dan salju, mungkin anda ingin mengunjunginya. Itulah yang terjadi pada Lembah Kering McMurdo yang terletak di sebelah barat McMurdo Sound di Victoria Land, Anatrtika.

Kondisi tak ber-es dan tak bersalju dikarenakan angin katabatic yang berhembus di lembah tersebut. Angin katabatic ialah angin yang membawa udara dengan kepadatan yang tinggi dari ketinggian yang tinggi juga, lalu menuruni lereng dengan kecepatan mencapai 320 kilometer per jam. Selain itu, pegunungan yang mengelilinginya pun cukup tinggi sehingga mencegah masuknya es dari glasier di sekitarnya.

Baca Juga: Tutorial Lengkap Menggambar Bunga Mawar

Itulah tempat-tempat dengan keanehan bentuk bumi yang mungkin akan membuat anda takjub. Memang beberapa tempat tersebut mengaitkan keanehannya dengan beberapa mitos atau cerita rakyat setempat. Tetapi sebenarnya keanehan bentuk dan susunan batuannya tetap bisa dijelaskan. Misalnya erosi ataupun kekuatan vulkanik yang memang mempengaruhi struktur batuannya. Walaupun demikian, keanehan itu tetap menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi dan mengabadikan momen indah di tempat-tempat tersebut.

3 comments: