Cara Submit Artikel Blog ke Bing Webmaster

Share:
Salah satu cara agar artikel cepat terindeks oleh Bing adalah dengan mendaftarkan blog ke Bing Webmaster. Selain itu dengan menambahkan blog ke webmaster tools, blog akan banyak mendapatkan keuntungan. Diantaranya adalah trafik tinggi, peringkat naik, dan banyak dikenal pengguna internet. Terlebih artikel yang disajikan berkualitas tinggi dan bermanfaat.

Bing Webmaster merupakan alat yang dapat digunakan para blogger untuk submit semua postingan dalam blog ke mesin pencari Bing. Memang selain Google, Bing menjadi salah satu mesin pencari paling populer di dunia. Dengan banyaknya pengguna Bing, mengoptimalkan trafik pada search engine menjadi sangat efektif dalam meningkatkan visitor blog.

Maka dari itu, penting bagi setiap blogger untuk daftar ke bing webmaster.  Caranya pun tidak terlalu sulit bahkan tergolong mudah. Namun memang membutuhkan sedikit waktu untuk menerapkannya. Berikut adalah tahapan submit postingan website ke Bing Webmaster Tools.

submit artikel ke bing

Baca Juga: Cara Share Artikel Blog Otomatis Ke Fanspage Facebook

1. Pertama anda harus terlebih dahulu memiliki akun Microsoft, jika anda belum memilikinya silakan daftar terlebih dahulu https://signup.live.com/signup.aspx

2. Klik link diatas dan isilah form-form pendaftaran tersebut,
  • Masukan nama depan dan nama belakang anda,
  • Tulis alamat email yang anda gunakan sekarang, misalnya akunanda@gmail.com,
  • Masukan kata sandi pada form password dan render password,
  • Pilih negara pada form Country/region,
  • Masukan tanggal lahir anda pada form Birthdays, pilih jenis kelamin pada form Gender,
  • Pilih kode negara pada Country code dan masukan nomor telpon anda,
  • Ketik kode Caphta dan terakhir klik tombol Create account.
meningkatkan kualitas seo

3. Muncul halaman baru yang memberitahukan kepada anda untuk memverifikasi akun Microsoft anda (gambar sebelah kiri), silakan anda cek email untuk verifikasi akun (gambar sebelah kanan).

trafik berkualitas dari bing

4. Setelah berhasil terdaftar pada akun Microsoft, anda akan masuk pada halaman baru, dimana halaman tersebut adalah halaman utama pada Bing Webmaster Tools. Jika belum masuk akun, silakan anda klik Sign in, maka akan otomatis langsung masuk ke Bing Webmaster.

Baca Juga: Cara Mengubah URL Post yang Sudah di Terbitkan

5. Kemudian anda diminta untuk memasukan blog atau website yang anda miliki, tulis blog anda dan klik tombol Add.

mesin telusur bing

6. Anda akan diarahkan pada form yang lebih banyak untuk melakukan submit postingan blog ke Bing, isilah semua form yang tersedia
  • Pada form Add a sitemap yang dikotakan warna biru masukan link blog anda dan tambahkan dengan link sitemap. Anda bisa menggunakan link sitemap seperti ini: bloganda.blogspot.com/sitemap.xml | bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default atau anda bisa bervariasi dengan link sitemap lainnya.
  • Pada form About Me, silakan anda isi nama anda, email, Job role (boleh kosong), dua kolom Company (lihat gambar dibawah), pilih tema atau niche pada form Industry, masukan nomor telpon, kota, provinsi, kode pos, dan negara.
  • Selanjutnya atur form Contact Preference seperti kolom yang dikotakan warna hitam (lihat gambar).
  • Setelah itu klik tombol Save
optimasi search engine dengan bing

7. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman baru untuk memasukan verifikasi kepemilikan situs. Pilih opsi kedua untuk memudahkan verifikasi blog. Copy code yang diberikan (Meta Tag) dan paste pada blog anda. Untuk memasukan kode tersebut silakan edit template blog dan taruh dibawah kode <head>, lalu save template (lihat gambar).

meningkatkan optimasi mesin pencari

8. Jika sudah berhasil memasukan kode kepemilikan website, silakan kembali ke halaman Verify ownership dan scrool kebawah lalu klik tombol Verify.

9. Terkahir anda tinggal menunggu artikel anda terindeks oleh Bing. Biasanya postingan blog tidak langsung terindeks, perlu menunggu beberapa lama sampai Bing mengindeks artikel tersebut.

Baca Juga: Cara Memasang Meta Tag Media Sosial di Blog

Itulah tutorial singkat mendaftarkan blog ke Bing Webmaster Tools. Walaupun sudah melakukan submit ke tools tersebut, tidak menentukan sedikit banyaknya trafik pada blog. Karena hal utama blog disukai mesin pencari seperti bing, google, atau yahoo adalah dengan memberikan artikel berkualitas. Tetapi setidaknya hal itu merupakan salah satu penerapan dalam mengoptimalkan search engine sebagai sumber visitor.

Memang search engine merupakan sumber dari 90% pengunjung blog atau website. Tetapi tidak ada salahnya memaksimalkan visitor blog dengan sumber trafik lainnya.

Mungkin itu saja untuk pembahasan dalam artikel ini. Jika masih ada pertanyaan seputar topik yang dibahas bisa ditanyakan lewat kolom komentar dibawah. Dan apabila ada informasi atau masukan-masukan mengenai postingan ini anda juga bisa menuliskannya dikolom komentar.

12 comments:

  1. aduh duh makasih caranya, tapi harus puny email baru buat daftarnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk harus baru gan bisa menggunakan email yang dipakai sekarang

      Delete
  2. mantap gan nambah ilmu baru nih

    ReplyDelete
  3. saya belum pernah daftar ke bing
    tapi berkat artikel ini saya akan segera mendaftar

    ReplyDelete
  4. thanks gan lumayan untuk tambahan web master tools

    ReplyDelete
  5. Sangat bermanfaat bagi saya yang masih menjadi seorang blogger pemula gan, thanks yah

    ReplyDelete
  6. Jujur aja ane pengen coba tapi masih ragu-ragu, belum paham betul. Btw makasih gan artikel nya membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja gan gk usah ragu, ikuti tutorial diatas aja gampang kok

      Delete
  7. ini baru artikel yang bermanfaat membantu sesama blogger , makasih gan

    ReplyDelete