5 Sumber Traffic Berkualitas yang Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah

Share:
Dalam dunia blogging, traffic atau lalu lintas merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut jumlah pengunjung atau visitor pada suatu blog. Blogger mana yang tidak ingin blognya banyak dikunjungi warga net. Pasti semua blogger mau memiliki traffic tinggi pada blognya. Selain menguntungkan, rasa bangga pasti muncul karena tulisannya dibaca banyak orang.

Namun terkadang traffic tinggi saja tidak cukup untuk para pebisnis atau penjual produk dan jasa secara online. Dibutuhkan traffic berkualitas untuk memberikan keuntungan para pebisnis online ataupun blogger.

Ini dikarena traffic tinggi hanya jumlah pengunjungnya saja yang banyak, tetapi tidak efektif dalam penjualan. Maksudnya, apabila ada suatu website yang menjual produk, pengunjung tersebut hanya melihat saja, tanpa membeli produk yang dijual.

Sedangkan traffic berkualitas, biasanya jumlahnya tidak terlalu banyak tetapi pengunjung benar-benar tertarik membeli produk yang dijual. Para blogger pun menyukai traffic berkualias, karena dengan banyaknya klik banyak pula penghasilan yang didapatkan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan traffic berkualitas tersebut. Yuk simak artikel ini, berikut adalah 5 sumber traffic berkualitas yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

Search Engine
optimasi mesin pencari google, bing, dan yahoo

Hampir seluruh traffic didapatkan dari search engine seperti google, yahoo, dan bing. Dengan search engine setiap pengguna internet betul-betul mencari apa yang mereka butuhkan. Memang cukup sulit bagi blogger pemula untuk memenangkan kata kunci yang di incar.

Tetapi, bukan tidak mungkin bagi anda untuk memenangkan kata kunci yang anda incar. Sudah banyak tutorial tentang SEO atau sejenisnya, cukup anda pelajari dan terapkan pada blog anda.

Sebenarnya semua tutorial memiliki inti yang sama yaitu menulis, menulis, dan menulis. Tulislah banyak artikel pada blog anda dan pastikan artikel tersebut berkualitas dan dibutuhkan banyak pembaca. Jika itu berhasil anda terapkan secara konsisten pada blog anda, maka anda tidak perlu lagi bersusah payah dan mengeluarkan banyak uang untuk promosi.

Untuk para pebisnis, konten berkualitas tersebut dapat dijadikan sebagai backlink menuju produk yang anda jual. Dan bagi para blogger, artikel bermanfaat tersebut mampu memberikan banyak klik pada iklan di blog.

Baca Juga: Cara Mengetahui Seberapa Unik Artikel yang Kita Tulis

Media Sosial
trafik tinggi dari media sosial facebook, google+, dan twitter
image: https://tekno.tempo.co/

Media sosial merupakan salah satu tempat untuk mendapatkan traffic berkualitas. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat share suatu produk atau artikel ke media sosial. Misalnya di facebook, kita tidak bisa langsung share saja, karena tidak efektif. Pengguna facebook lainnya mungkin akan mengangkap artikel yang kita share hanya spam saja. Maka untuk menghindari itu, ada beberapa hal yang harus kita terapkan saat share artikel ke media sosial.

Baca Juga: Cara Memasang Tombol Share Melayang di Kiri Blog

Cobalah untuk share artikel di grup facebook sesuai tema yang dibahas. Misalnya suatu grup facebook membahas tentang destinasi wisata. Maka carilah artikel anda yang membahas tentang tempat-tempat liburan atau tips berlibur. Tambahkan deskripsi yang membuat orang penasaran dan ingin membaca. Cukup dengan hal itu saja, maka blog anda akan panen traffic berkualiatas, terlebih jika artikel tersebut viral.

Baca Juga: Cara Memasang Meta Tag Media Sosial di Blog

PPC
cara mendapatkan lalu lintas tinggi dari PPC
image: https://www.slinkywebdesign.com.au/

Salah satu program Pay Per Click (PPC) terbaik adalah Google Adwords. Layanan ini menyajikan traffic yang sangat berkualitas dan menjanjikan. Traffic inilah yang sangat efektif dan mampu mendatangkan pembeli bagi pebisnis. Ketimbang memiliki traffic yang tinggi, lebih baik mendapatkan traffic dari PPC, karena pengunjung benar-benar tertarget.

Namun sayang ini hanya direkomendasikan kepada para pebisnis yang memiliki modal cukup besar. Cara ini juga tidak memakan waktu yang lama, berbeda dengan SEO yang memakan waktu cukup lama. Tetapi untuk para blogger, lebih baik fokus pada SEO saja untuk mendapatkan traffic berkualitas.

Email
mengoptimalkan sumber pengunjung dari email
image: http://www.newbook.cloud/

Jangan remehkan email dalam mendatangkan pengunjung. Memang email tidak akan mendatangkan traffic tinggi. Tetapi email mampu mendatangkan traffic berkualitas. Ini dikarenakan jarang sekali ada pengunjung yang ingin melakukan subscribe pada suatu. Kita sesama blogger pasti tau, bagaimana sulitnya mendatangkan pengunjung dari cara ini. Tetapi apabila ada yang melakukan subscribe, itu menandakan bahwa pengunjung tersebut memang sangat membutuhkan informasi dari blog kita.

Dan untuk para penjual produk atau jasa secara online, sangat disarankan untuk membangun kerjasama dengan pemilik blog yang memiliki pembaca dari email yang banyak. Karena itu mampu mendatangkan traffic tertarget dan berkualitas. Dengan begitu, kalian para pebisnis dan blogger akan sama-sama untung dan mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Baca Juga: Linda Ikeji, Dari Aktifis Menjadi Penulis Berpenghasilan Sadis

Referral
sistem referral untuk meningkatkan jumlah visitor
image: https://www.kinesisinc.com/

Referral adalah visitor yang didapatkan karena pengunjung tersebut melakukan klik pada pada website orang lain, dimana link yang di klik tersebut mengarah pada blog kita. Cara ini sangat direkomendasikan untuk para blogger yang blognya ingin dikenal dan dibaca banyak orang. Salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung dari cara ini adalah dengan submit arikel ke Vivalog dan Liputan6.

Kedua situs tersebut merupakan situs agregator terbesar di Indonesia. Dengan mengirimkan artikel ke kedua situs tersebut, maka anda akan mendapatkan banyak pengunjung. Jika anda ingin mencoba dan mendapatkan traffic dengan cara referral silakan baca artikel berikut.

Baca Juga: Cara Dapatkan Ribuan Pengunjung dengan Submit Artikel Ke Liputan6

Baca Juga: Cara Submit Artikel Blog di Viva Log

Itulah beberapa cara mendapatkan traffic berkualitas dengan mudah. Bagi para pemilik modalyang ingin berbisnis, sangat disarankan untuk mengikuti program PPC dan optimasi search engine. Tetapi untuk para blogger lebih baik fokus pada SEO, media sosial, email, dan referral. Karena itu juga sangat efektif mendatangkan traffic berkualitas.

Mungkin itu saja untuk artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Dan jangan lupa share artikel ini, agar blog gangkutu juga bisa mendapatkan traffic yang berkualitas.

5 comments:

  1. makasih jadi tahu apa iyu backlink bro..
    mmpir juga ke www.outocar.info heheh

    ReplyDelete
  2. nice info, wajib di terapin nih, ane tinggal yang lewat email, hehe..

    ReplyDelete
  3. Info yang menarik gan, bisa buat pembelajaran

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata sumber traffic bukan dari search engine sma sochmed aja y

    ReplyDelete