Apa itu Referral di Google Analytics dan Cara Mendapatkannya

Share:
Mungkin sudah banyak blogger yang tau arti dari kata referral, terlebih yang suka bermain PTC atau Paid To Click. Namun apakah kalian pernah bertanya-tanya apa itu referral seperti yang ada di Google Analytics. Dan apakah memiliki arti dan maksud yang sama seperti referral pada umunya. Untuk itu simak artikel ini, karena artikel ini akan menjelaskannya secara rinci serta cara mendapatkannya.

Sebelum melanjutkan artikel ini, ane akan membagi artikel ini menjadi 2 topik pembahasan, yaitu:

1. Apa itu Referral di Google Analytics dan
2. Cara Mendapatkan Pengunjung dengan Sistem Referral di Google Analytics.

Berikut uraian dari kedua topik diatas, disimak ya gan.

Apa itu Referral di Google Analytic

mendapatkan banyak pengunjung dengan sistem referral
image: http://www.vicimediainc.com/

Bagi pemain PTC, memiliki banyak referral sangatlah menguntung. Kita akan mendapatkan komisi dari setiap referral yang kita miliki. Para pemain PTC biasa mengartikan referral sebagai orang yang mau diajak untuk mengikuti atau bergabung dan menjadi anggota pada suatu situs. Dan yang mengajak tersebut akan mendapatkan komisi setiap kali orang yang diajak tersebut melakukan klik pada situs yang diikutinya.

Baca Juga: Cara Mengetahui Seberapa Unik Artikel yang Kita Tulis

Lalu apa arti referral? Referral memiliki arti yang hampir sama seperti makelar. Makelar adalah orang yang bertindak sebagai penghubung antara dua orang yang berkepentingan. Sedangkan referral adalah orang yang membawa pengunjung atau pembeli menuju suatu situs tertentu. Namun sistem referral dari google analytic sedikit berbeda, kita atau situs yang kita miliki diposisikan sebagai website atau blog yang dituju.

Jadi arti kata referral seperti yang ada di google analytic adalah pengunjung yang kita dapatkan karena pengunjung tersebut melakukan klik pada website lain, dimana link yang di klik tersebut mengarah pada blog atau website yang kita miliki.

Cara Mendapatkan Pengunjung dengan Sistem Referral di Google Analytics

Walaupun memang bukan cara utama dalam mendapatkan trafik tinggi pada blog. Tetapi apabila kita dapat memanfaatkannya, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan banyak visitor. Dengan cara ini, kita tidak hanya mendapatakan trafik tinggi, kita juga bisa mendapatkan trafik berkualitas.

Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Caranya tidak terlalu sulit, kita bisa submit artikel yang kita miliki ke situs-situs agregator terbesar di Indonesia seperti Vivalog dan Liputan6. Untuk lebih jelasnya baca kedua artikel dibawah ini.

Baca Juga: Cara Dapatkan Ribuan Pengunjung dengan Submit Artikel Ke Liputan6

Baca Juga: Cara Submit Artikel Blog di Viva Log

Untuk menembus dan dapat terbit di kedua situs tersebut, anda harus membuat artikel yang berkualitas. Salah satunya gunakan judul yang menarik, buatlah judul yang membuat penasaran tetapi jangan berlebihan. Karena setiap kita mengirim artikel, hal yang dilihat pertama adalah judul. Jika judul menarik, isi artikel baru akan dilihat apakah layak atau tidaknya artikel tersebut terbit. Apabila telah berhasil diterbitkan, cobalah cek analytic, bisa dipastikan pengunjung yang didapatkan dari referral akan tinggi.

Begitulah cara mendapatkan banyak pengunjung dari sistem referral. Tetapi ingatlah ini bukan cara satu-satunya untuk mendapatkan trafik berkualitas. Masih banyak cara lain untuk mendapatkan ratusan bahkan ribuan visitor setiap harinya.

Baca Juga: 5 Sumber Traffic Berkualitas yang Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah

Itulah penjelasan sedikit mengenai referral, semoga artikel ini mampu menjawab pertanyaan teman-teman blogger yang masih bingung tentang sistem referral di google analytics. Apabila teman-teman memiliki pertanyaan seputar artikel ini, kalian bisa bertanya lewan kolom komentar dibawah. Artikel ini juga belum sempurna, jadi teman-teman juga bisa memberikan tanggapan tentang artikel ini.

3 comments:

  1. wii baru tau ada refferal di analytic google?! nicee

    ReplyDelete
  2. Berati affiliate link kita bisa di analytic juga yah, jadi gamfang deh kita menilai camfaign referal kita

    ReplyDelete